Cara Membuat Banner di Adobe Illustrator dengan Benar

Bagi desainer pemula, software Adobe Illustrator merupakan momok menakutkan saat melakukan pekerjaan desain grafis. Bagaimana tidak, mayoritas orang Indonesia bahkan percetakan di Indonesia, menggunakan Corel Draw sebagai basis software desain grafis yang mudah cepat dan efisien. Umumnya mereka menganggap Corel lebih mudah dari pada AI, pengerjaannya juga cepat, banyak shortcut-shortcutnya. Padahal kenyataannya bukanlah demikian, itu semua hanya anggapan saja. Bagi orang yang terbiasa menggunakan corel tentunya akan kesulitan saat menggunakan AI, begitu juga sebaliknya. Untuk itu, alangkah baiknya kita membuka pikiran kita dan mulai membiasakan diri dengan Software Adobe Illustrator.

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan cara membuat desain banner dengan AI. Karena saya sudah bosan menggunakan Corel, terlalu sering digunakan di tempat kerja saya, tepatnya di Angkasa Digital Printing Madiun. Tidak ada desainer disana yang menggunakan AI untuk membuat banner, entah karena skillnya kurang atau karena komputernya belum terinstal Illustrator. Semoga saja tutorial kali ini bisa membantu sobat yang ingin membuat desain banner menggunakan Illustrator hingga siap cetak.


Pada tutorial kali ini saya menggunakan Illustrator CS6, jadi mungkin ada perbedaan sedikit dengan versi sebelumnya, tapi secara garis besar sih overall sama. Cukup ikuti saja tahapan dibawah ini.

  1. Langsung saja cara yang pertama, Buka AI lalu Pilih File > New, Masukkan Nama di Kolom Name, Lalu masukkan ukuran lebar di kolom Width dan tinggi di kolom Height jangan lupa ubah Unit ke Centimeter. Lihat gambar dibawah ini, saya namai banner ini Warung Gembel dengan lebar 250 dan tinggi 100.
  2. Media Gambar alias Artboard sudah jadi, sekarang kita tinggal membuat desainnya, tapi sebelumnya saya sarankan merubah workspacenya menjadi typography supaya lebih enak dipandang karena sidebar dan top bar kelihatan. Bisa melalui Window > Workspace > Typography 
  3. Disini saya akan membuat judul bannernya dulu sebagai focal point, atau emphasis. Pilih Text Tool atau cukup tekan (T) di keyboard. Kamu juga bisa mewarnainya dengan mengklik salah satu kotak swatches di sidebar.
  4. Selanjutnya kalian bisa improvisasi sendiri, dengan tool-tool yang ada. Berikut ini beberapa postingan saya sebelumnya yang mungkin berguna dalam pembuatan banner: Cara Embed / Menggabungkan Gambar di AI Seperti Corel | Cara Zoom In dan Zoom Out Aplikasi Adobe Photoshop / Illustrator | Cara PowerClip seperti Corel Draw di Illustrator | Cara Membuat Glowing Neon Text di Ilustrator Cara Membuat Conical Gradient di Illustrator seperti di Corel Draw 
  5. Sehingga banner saya jadi seperti ini. 
  6. Selanjutnya untuk banner kita harus memberikan lebihan garis outline dengan jarak 2 cm sebanyak 2x. Bagian ini nanti digunakan untuk finishing banner. Caranya ikuti langkah ini. Klik garis terluar banner dengan select tool, lalu pilih menu Object > Path > Offset Path dan isi kolom Offset 2 cm. Centang Preview untuk melihat hasilnya secara langsung.
  7. Lakukan langkah no. 5 pada outline yang dihasilkan pada offset path di langkah no. 5. sehingga kamu memiliki 2 offset path 2cm. Jangan lupa beri outline 1pt dan hilangkan fill-nya.
  8. Jika langkah no. 6 sudah kamu lakukan sekarang tinggal kita sesuaikan ukuran artboard seukuran lebihannya tadi. Caranya klik artboard tool lalu tarik setiap pojok ke pojok terluar hingga menghasilkan ukuran yang sama.
  9. Selesai deh, sekarang tinggal kita eksport ke tiff, jangan jpg ya, soalnya tiff lebih bagus warnanya dari jpg bila dicetak. Cara Eksport tiffnya pilih File > Export Pilih format tiff, centang Use Artboard, isi Range: 1 dan klik save. Lalu ikuti setingan dibawah ini,
  10. Tinggal bawa file tiff itu ke operator mesin biar dicetak banner.
  11. Tambahan, mengapa resolusi hanya 72 dpi?, karena banner berukuran besar dan kebanyakan dilihat dari kejauhan sehingga cukup menggunakan screen resolution hasilnya sudah bagus dan tidak pecah. Sekaligus juga mencegah tiff ukuran gajah.
Demikian tutorial Membuat banner, semoga berguna bagi kalian yang ingin cetak banner. Salam desain.

0 Response to "Cara Membuat Banner di Adobe Illustrator dengan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel