Cara Membuat Conical Gradient di Illustrator seperti di Corel Draw

conical gradient

Para pengguna corel draw pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur conical gradent, fitur ini memungkinkan pengguna membuat gradien atau gradasi warna memutar seperti bagian bawah wajan, panci atau teflon. Sayangnya fitur ini tidak tersedia di Illustrator sehingga pengguna harus mencari cara lain untuk membuatnya. Tapi untungnya ada 2 cara yang bisa kita lakukan dalam membuat Conical Gradient di Illustrator. Cara yang pertama cocok untuk semua versi illustrator dan cara yang kedua hanya bisa dilakukan oleh Illustrator cs 6 ke atas.


Langsung saja cara yang pertama:


1. Buatlah persegi panjang, lalu isi dengan fill linear gradient, pastikan orientasi gradiennya horisontal atau dengan angle 0 derajat, seperti gambar dibawah ini. Objek ini nantinya digunakan untuk mengisi conical gradien.



2. Buatlah bentuk shape terserah, bisa lingkaran, oval, kotak, segitiga, dll. Lalu isi dengan radial gradient. Pada tutorial ini saya membuat kotak dengan radial gradien hitam putih. Lihat gambar dibawah.

langkah 2

3. Pilih kotak bergradien radial tadi lalu klik menu Object > Expand...
Pada bagian Expand, centang fill. Pada bagian Expand Gradient To pilih Gradient Mesh lalu klik ok. Lihat gambar berikut.

4. Klik objek tadi lalu klik kanan > ungroup atau menggunakan shortcut CTRL+SHIFT+G, lalu klik kanan lagi > release clipping mask. Maka objek kotak akan terpisah dengan radial gradien yang telah ter expand tadi.

step 4

5. Kamu bisa menghapus kotaknya bila mengganggu. Selanjutnya seleksi kedua objek tadi (lingkaran dan persegi panjang berisi linear garient), pastikan lingkaran berada dibawah persegi panjang. Lalu pilih menu Object > Envelope Distort > Make with Top Object. Akhirnya jadilah conical gradient.

conical gradient illustrator

Cara yang kedua:

(Khusus untuk Illustrator cs6 ke atas.)

1. Buat lingkaran sempurna dengan radius terserah dalam contoh yang saya dibawah, saya mengisi kotak W(width) dan H(height) dengan nilai 500px.

lingkaran

2. Jika sudah, sekarang tinggal tambahkan stroke dengan ukuran yang sama dengan kotak W dan H tadi yaitu 500px.

stroke

3. Nah bedanya di illustrator cs 6 kita bisa menambahkan gradien pada stroke.Langsung saja aktifkan palet stroke (x) lalu pilih gradien fill (>). Pada menu gradien pilih tipe radial dan stroke pilih kotak yang ditengah (Apply gradient along stroke) seperti gambar dibawah.

gradien

Selesai deh, gampangkan. Hanya butuh beberapa menit kita bisa membuat conical gradien cantik yang tidak kalah dengan corel draw. Happy Design!

0 Response to "Cara Membuat Conical Gradient di Illustrator seperti di Corel Draw"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel