Pengalaman Mendapatkan 300+ juta dari 99designs

99designs

Ini adalah pengalman saya mulai tahun 2013 sampai 2016 ngontes di 99designs. Suatu situs dimana desainer berlomba-lomba mendapatkan hadiah dari desain yang mereka ajukan ke client yang mengadakan kontes. Ada ratusan kontes disni dan jutaan desainer dari seluruh dunia tanpa kenal latar belakang, pendidikan, dan rupa. Kebetulan saya termasuk diantaranya. Saya memulai debut di 99designs sejak Oktober 2013, saya selalu mengikuti kontes logo dan saat itu desain saya sangat buruk dan selalu dieliminasi oleh Contest Holder (Pemegang Kontes).

Bulan-demi bulan berlalu, sembari kuliah, saya sempatkan submit satu sampai 2 desain per hari tapi belum ada satupun desain saya yang memenangkan kontes, saya hampir putus asa, namun saat itu saya bertekad tidak akan berhenti sebelum dapat memenangkan satu kontes. Hadiahnya sangat bervariasi saat itu mulai dari $200 sampai $450 dimana saat itu $1 = 13rb-an. Cukup menggiurkan bagi kaum gembel seperti saya yang hanya seorang anak tukang tambal ban. Saat itu saya mengandalkan laptop core i5 yang ditinggal kakak saya yang sedang beradu nasib di Jakarta. Perjuangan saat itu sangat terasa karena saya tidak mempunyai mouse, hanya mengandalkan touchpad kecil yang selalu memanaskan ujung jari telunjuk saya.

Setelah bergulat selama berhari-hari, berminggu-minggu, dan berbulan-bulan, tak terasa akhirnya pecah telor juga. Pada bulan April 2014 untuk pertama kalinya saya memenangkan kontes dengan hadiah $300 (ulala). Sebenarnya kemenangan ini tidak akan berhasil bila salah satu finalis tidak di suspend oleh 99design, sehingga finalisnya tinggal aku saja, maka tiada pilihan lain bagi CH selain memilih desain saya (hehehe). Benar-benar bejo, saat itu saya memenangkan kontes logo untuk law firm di Kanada yang bisa kamu lihat disini.

Saat itu saya tidak punya rekening bank apalagi paypal, saya langsung begegas ke bank BNI, untuk membuat rekening sekaligus mengaktifkan sms banking untuk beli VCN untuk verifikasi Paypal. Saya langsung transfer uang ke paypal saya lalu di withdraw lagi ke rekening bni saya. Setelah landing, uang itu saya gunakan untuk membuat meja komputer, monitor, mouse, keyboard dan kursi putar. Komputer pentium 4 bekas yang dibeli kakak saya saya bongkar dari dus dan pasang dalam meja komputer sehigga jadilah ruang kerja online pertama saya.

Karena ketagihan, saya melanjutkan ngontes di 99designs. Entah apa yang membuat tiap bulan selalu menang, mungkin lebih confident akibat kemenangan yang pertama. Kabar baiknya lagi saya mendapatkan sertifikasi Web Template sehingga saya boleh mengikuti kontes logo&hosted website yang hadiahnya besar-besar tapi pesertanya sedikit. Mulai dari itu, tiap bulan saya bisa mendapatkan 5-20 juta hanya dengan duduk manis di depan komputer. Wajar, karena hadiah kontes pada kategori itu bernilai 5-10 jutaan. Gaji saya kala itu melebihi umr di kota dan melebihi gaji kakak-kakak saya yang di Jakarta, benar-benar menjadi jutawan dadakan.

Satu tahun saya bisa mendapatkan sekitar 200 juta. Akhirnya ortu saya langsung menutup usaha, dan berencana membongkar rumah gembelnya untuk diganti dengan rumah baru. Rumah itu menjadi saksi bisu penderitaan keluarga kami yang hidup serba kekurangan dan selalu diabaikan oleh tetangga sekitar. Walau demikian orang tua saya yang seorang tambal ban dan penjual tepo tahu mampu menyekolahkan 4 anaknya termasuk saya sampai jenjang smk. Sebagai anak terakhir akhirnya saya mencoba memberikan secerca kebahagiaan untuk orang tua saya tercinta dengan membangun rumah standar yang lebih layak untuk dihuni.

rumah gembel

Jika ditotal biaya pembangunan rumah itu bisa sampai 200 juta, dan untungnya saya selalu menang kontes sehingga rumah ini bisa berdiri dan dibangun sampai tuntas. Selain rumah, sisa-sisa rejeki juga saya donasikan kepada kedua kakak saya untuk biaya menikah. Lalu saya membuka usaha pakan ternak yang masih berdiri sampai sekarang, walau masih sedikit produknya dan sepi peminat, semoga kelak menjadi usaha yang maju.

Demikian pengalaman yang bisa saya sharingkan, semoga saja bermanfaat bagi kita semua dan semakin memacu kita untuk pantang menyerah mencari uang sebanyak-banyaknya karena hidup hanya sekali...

Baca juga Trik Memenangkan Kontes 99designs Dengan Cepat dan Mudah

0 Response to "Pengalaman Mendapatkan 300+ juta dari 99designs"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel