Trik Memenangkan Kontes 99designs Dengan Mudah dan Cepat

99designs

Siapa tidak kenal 99designs, situs pencari dolar favorit para desainer grafis Indonesia. Baik desainer pemula ataupun yang sudah sarjana berkumpul menjadi satu untuk memperebutkan hadiah yang menggiurkan. Mengingat dollar yang semakin naik, tentunya sangat menguntungkan bermain kontes untuk menambah uang jajan atau menopang finansial anda. Bahkan dollar sempa tembus sampai 14 ribu, jadi misal kamu ikut kontes dengan hadiah $190 dan menang. Jika dirupiahkan kamu akan mendapatkan 2.714.285 hampir 3 juta, benar-benar angka yang menggiurkan untuk mempertebal kantong.

Tapi sekarang 99designs semakin mengedepankan kualitas para desainernya, terbukti dengan dibaginya strata desainer menjadi 3 level, yakni entry, mid, dan top level. Jika kamu pertama mendaftar kamu akan mendapat level entry yang dibatasi 10 kontes per bulan. Jadi kamu harus memanfaat slot kontes tersebut dengan maksimal supaya tidak mengunggu satu bulan lagi. Sedangkan mid level hanya untuk yang sudah profesional, yang tahu attude, prinsip desain, dan portofolio yang cukup. Yang paling tinggi adalah Top Level, Top Level biasanya yang desainnya diatas rata-rata, sangat professional dan dapat dipercaya. Mereka dapat mengikuti kontes khusus top level yang hadiahnya diatas $1000.

Tapi yang terpenting bukanlah latar belakang orangnya dalam dunia nyata, tetapi karya desainnya. Entah tukang becak, bakul tempe, pengemis, atau mahasiswa/wi semua memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan hadiah. Karena pilihan tergantung kepada CH atau Contest Holder. Walaupun desainnya terlihat kurang bermutu, kalau CH-nya suka, tidak menampik kemungkinan desain tersebut akan dipilih. Jadi kita hanya bisa pasrah dan melakukan yang terbaik untuk CH.

Karena saya pernah bergelut dalam dunia kontes 99d, berikut akan saya share trik jitu untuk memenangkan kontes, yang wajib kalian coba bagi kalian yang sudah berulangkali dirundung galau akibat CH yang memberikan harapan palsu alias PHP.

1. Mengikuti kontes yang guaranteed

Kontes yang guaranteed berarti memberikan jaminan bahwa CH akan memilih desain yang ada dan tidak akan di refund atau batal memberikan hadiah. Jika CH tidak memilih desain apapun dalam guaranteed kontes, maka kontes akan terkunci dan hadiah akan dibagi-bagi ke partisipan dalam waktu 60 hari. Lumayan kan walaupun tidak dipilih kita tetap kecipratan rejeki walau tidak seberapa, tergantung banyaknya orang yang ikut. Apalagi jika sudah final round tapi CH kabur, maka nominal dollar yang didapatkan akan semakin banyak karena hanya dibagi dengan orang yang ikut final saja biasanya maksimal 6 orang yang ikut final.

Berdasarkan pengalaman, saya pernah mendapatkan $100 dari kontes yang ditinggal pemiliknya hingga locked dan karena tidak ada yang dipilih maka hadiah dibagi dengan 4 orang yang masuk final. Dengan total hadiah $400 dibagi 4 maka setiap orang mendapatkan $100 termasuk saya, hehehe. Benar benar tidak ada ruginya ikut kontes yang guaranteed.

2. Sesuaikan dengan gaya desain kita

Sebelum mengikuti kontes sempatkan membaca brief, terutama bagian style dan reference, apakah desain yang dicari CH sama dengan gaya desain kita atau tidak. Misalnya kamu mahir dengan gaya desain retro, simple, atau luxury ikutilah kontes yang sesuai. Desainer professional biasanya tidak pilih-pilih dan bisa menguasai semua gaya. Tapi untuk desain pemula cocok untuk mempertimbangkan hal ini supaya dapat mendekati apa yang diinginkan CH. Bila tidak mempunyai gaya apapun, ya abaikan saja trik yang kedua ini. Yang penting baca brief dan cari referensi di google, bisa dibilang ngontes sambil belajar.

3. Buat desain yang beda

Desain yang beda dapat menarik perhatian CH yang melihatnya. Tapi pastikan desainnya masih mengandung unsur yang ada di dalam brief. Cara ini cocok diaplikasikan untuk kontes yang baru berumur 1 hari, dengan entry yang bervariasi dan belum ada yang dibintang 5. Cara ini sekaligus akan menyenangkan CH karena memiliki lebih banyak variasi untuk dilihat. Bila tidak dipilih cukup di withdraw saja atau masukkan ke portofolio bila menurutmu desainnya bagus.

4. Submit lebih dari satu entry

Jika kamu memiliki ide yang banyak, jangan ragu untuk mensubmitnya semua ke dalam kontes, barangkali ide yang menurutmu buruk akan mendapatkan feedback positif dari CH untuk dikembangkan. Pastikan idenya berbeda-beda dan tidak terlalu banyak biar tidak dianggap nyampah. Trik ini mungkin butuh kerja keras yang lebih, dan cocok dilakukan untuk akun yang berupa team work. Saran saya cukup berikan desain mentahnya saja, yang penting konsepnya terlihat jelas. Baru setelah CH tertarik dan memberikan feedback baru kamu kembangkan desainnya.

5. Perhatikan timing yang tepat

Timing yang dimaksud adalah waktu yang tepat untuk masuk dalam suatu kontes. Jika kotes baru mulai dan desain masih antara 0-5, kamu lebih baik submit desain saat itu juga. Konon beberapa CH lebih menghargai desain yang lebih awal masuk dari pada di menit-menit terakhir. Tapi adakalanya juga kita harus masuk dalam kontes yang hampir usai, terutama bila semua entry sudah dirate namun masih rendah dan belum ada yang bintang 5. Dalam kondisi ini CH masih galau karena belum ada desain yang bagus menurutnya. 

Saat menit-menit terakhir, saatnya kamu keluarkan jurus jitu, yakni membuat desain berdasarkan desain yang ratenya paling tinggi dengan improvisasi dan lebih membuatnya trendy tapi jangan dicopy desainnya secara total karena rawan di report. Setelah itu tampilkan dalam mockup, supaya terlihat profesional dan lebih terlihat menjajikan di mata CH. Banyak mockup free yang bisa kamu download secara gratis di internet yang biasanya berupa file psd.

6. Cobalah dan terus mencoba

Perhatikanlah etika seorang ilmuwan yang terus bereksperimen untuk menemukan penemuannya. Kita ambil contoh umum yaitu Thomas Alfa Edison yang sudah ribuan kali gagal namun akhirnya menemukan lampu bohlamnya. Atau beberapa ilmuwan lain yang merelakan teorinya gagal dan tergantikan oleh teori baru. Semuanya harus dengan perjuangan untuk meraih kesuksesan. Sebaiknnya tidak usah mengejar materi dulu, yang peting belajar dan mengembangkan kemampuannya. Siapa tahu suatu saat kamu menjadi top level karena seseorang staf mengetahui portofoliomu yang amazing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel