Cara Mengirim Paket Lewat JNE Bagi Pemula

Siapa tidak kenal JNE, suatu wahana expedisi yang sudah melalang buana sejak puluhan tahun. Hingga sekarang kualitas JNE untuk mengirimkan barang sudah tidak diragukan lagi, terbukti dengan maraknya pedagang online yang menggunakan jasa ini. Kecepatan pengirimannya pun cukup dan dapat disesuaikan dengan paket dan kebutuhan anda. Ada JNE Oke, JNE Yes, dan Jne Reguler, yang paling murah Oke dan yang paling cepat JNE Yes tentunya dengan ongkos yang lebih mahal.

Nah, bagi kamu yang pertamakali mengirim barang lewat JNE tidak usah ragu dan grogi lagi, akan saya share cara mengirim paket lewat JNE berdasarkan pengalaman saya dulu. Bila anda adalah penjual online yang baru mengirim, mungkin tips ini dapat membantu anda mendapatkan gambaran sebelum mengirim paket.

1. Hal yang pertama harus anda perhatikan sebelum mengirim paket adalah alamat pastikan alamat yang anda dapatkan dari si penerima adalah asli bukan alamat palsu. Bisa kamu cek di google maps untuk memastikan kebenarannya.

2. Setelah alamat pengirimnya benar, kamu tinggal prepare buat packagingnya. Lihat dulu wujud paket yang akan anda kirim, apakah barang pecah belah, atau barang biasa. Jika barang pecah belah, saya rekomendasikan untuk melakukan packing kayu dan didalamnya diberi gabus atau bubble warp supaya tidak pecah saat dibanting pegawainya. Untuk barang biasa cukup packing kardus, atau plastik biasa untuk paket berupa pakaian atau kain.

Bila menggunakan kardus kamu bisa menggunakan kardus bekas lalu dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk persegi yang rapat lalu tinggal dimasukkan barangnya dan disolasi sampai tertutup solasi sepenuhnya. Pastikan lakban berwarna coklat yang biasa digunakan untuk paket lalu tempelkan alamat menggunakan selotip bening diluar paket supaya terlihat. Jika kamu tidak punya, cukup kirim berupa kardus saja, biasanya tellernya otomatis akan mensolasinya sampai rapat sekalian berikan kertas berisi alamat penerima supaya disolasi sekalian.

3. Bila sudah siap dan packaging selesai, silahkan pergi ke kantor cabang jne terdekat. Setelah sampai disana biasanya kamu akan disapa oleh satpam yang menjaga pintu, dan biasanya akan diberikan nomor antrian atau kamu bisa ambil sendiri di dekat pintu. Duduk dan tunggu sampai nomor antrianmu dipanggil. Setelah dipanggil silahkan pergi ke teller yang memanggilmu. Berikan paketnya. kamu akan ditanyai alamat penerimanya bila paket belum tercantum pengirim.

Jika sudah tercantum kamu tunggu saja dan lihatlah teller sedang menginput entry alamat dengan jari jemarinya yang lincah mengetik tuts keyboard. Kamu juga akan ditanyai isi paket, apakah makanan, minuman, barang, atau bom. Paket juga akan ditimbang oleh si tellernya yang cantik. Setelah itu mereka juga akan menanyakan atas nama siapa pengirimnya. Jika kamu toko online sebutkan saja nama tokomu, kalau bukan ya sebutkan namamu saja.

4. Jika semua kuitansi sudah dibuat, kamu akan diminta tanda tangan. Tapi, sebelumnya kamu harus cek dulu kecocokan alamat di kwitansi dengan alamat penerima paketmu. Karena terkadang mereka salah ketik, dan bisa membuat paketmu nyasar. Jika sudah benar silahkan tanda tangan, biasanya 4 kali buat lembaran jne dan lembaran yang akan kamu bawa. Lembaran ini penting karena berisi nomor resi paket dan keterangan lain yang bisa menjadi bukti kepada si penerima, jadi jangan dibuang dan bawalah pulang. Setelah itu bayar tagihan yang disebutkan teller. Berikan uangnya. Ucapkan terimakasih dan pulanglah dengan gembira karena kamu telah berhasil mengirim paket pertamamu.

Akhirnya pantau terus paketmu dengan nomor resi yang diberikan biasanya lokasi nomor resi berada dibawah barcode. Cek di websitenya jne.co.id. Selesai deh kamu tinggal santai menanti kirimanmu tiba. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel