Cara Embed / Menggabungkan Gambar di AI Seperti Corel

Bagi yang sudah terbiasa dengan corel draw, mungkin hal ini sudah tidak menjadi masalah yang berarti karena otomatis corel akan menggabungkan file gambar kedalam cdr. Tapi, masalah serius muncul ketika kita beralih menggunakan ilustrator. Kalian pasti bingung tiba tiba file AI yang dibuka di komputer lain tidak berisi gambar yang kalian masukkan dalam AI. Kemanakah gambar itu? gambar itu akan missing karena Adobe Illustrator hanya nge-link gambar sesuai path drive gambar yang kamu masukkan tidak mengembed seperti file corel. Sehingga kita dapati file cdr besar namun file ai lebih kecil, karena kedua file sistem ini memang berbeda.

Embed image memang penting jika file desain kita memiliki mobilitas tinggi, misalnya akan digunakan di komputer lain, atau untuk presentasi ke klien, atau untuk dikirim ke printingan.

Lalu apakah file AI bisa embed gambar seperti corel? tentunya bisa, fitur embed tersembunyi di fitur link. Untuk itu akan saya jelaskan cara embednya, hanya butuh beberapa step mudah. 

1. Pertama buka file AI kalian yang berisi gambar.

file gambar ai

2. Setelah itu arahkan kursor ke menu window, klik > pilih submenu links supaya jendela links muncul (ditandai dengan tanda centang).

links ai

3. Jendela Links akan muncul, dan disitu akan terlihat penampakan file gambar yang dilink. 

links window ai

4. Untuk meng-embed-nya, cukup klik gambar yang akan di embed, lalu ekspan tombol menu kecil di pojok kanan atas window link. Akan muncul tombol embed image yang harus kamu klik.
embed image ai

5. Misi selsai, gambar yang telah terembed ditandai sebuah ikon kotak di sebelah kanan gambar.

Sekarang tinggal kamu save lalu buka file di komputer lain dan lihat apa yang terjadi. Demikian tutorial singkat ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua.

0 Response to "Cara Embed / Menggabungkan Gambar di AI Seperti Corel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel