Cara Membuat Editable PDF Supaya Client Bisa Edit Sendiri

Mungkin kalian pernah, saat membuatkan desain client ingin file ready print yang bisa diedit. Tentunya kalian butuh file yang ready print sekaligus bisa client update sendiri biar tidak merepotkan kalian lagi di masa mendatang. Itu berarti kamu berada di postingan yang tepat. Kali ini akan saya jelaskan bagaimana cara membuat editable pdf, file yang biasanya digunakan untuk desain yang butuh pembaharuan konten di masa mendatang. Kelebihan file pdf ini bisa ready print dan vector based, jadi kita tidak akan kehilangan kualitas ketika dicetak.


Sebagai seorang desainer, saya sendiri pun pernah mengalami masalah ini, ketika klien ingin editable pdf, solusinya saya cari di internet dan kemudian saya kembangkan sendiri sehingga menghasilkan hasil yang maksimal, dan akhirnya klien tidak ngomel lagi.
Caranya cukup mudah, sebelumnya kalian persiapkan dulu softwarenya yaitu, adobe illustrator dan adobe acrobat pro. Illustrator berguna untuk menghaspus elemen tidak penting pada desain, sedangkan adobe acrobat untuk menambahkan fitur editable text pada desain.

Langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membuat editable pdf.

1. Pertama-tama buka projek desainmu yang sudah jadi dengan adobe illustrator, catat font, ukuran, warna pada elemen yang ingin kamu ubah.

adobe illustrator
Screenshot 0.1
Seperti pada Screenshot 0.1, saya mempunyai desain kartu nama dan saya akan membuat editable bagian Nama, Designation, Telp dan Email. Sehingga saya lihat dulu nama dan ukuran font pada tool bar bagian atas (Jika kalian menggunakan mode workspace Typography). Pastikan kedua desain sisi, berada pada artboard terpisah yang nantinya artboard tersebut akan menjadi page di pdf.

2. Export hasil kerjamu tadi ke pdf, dengan cara File > Save As > PDF dan pastikan pilih opsi All, seperti gambar dibawah ini.

creenshot
Screenshot 0.2
3. Lalu akan muncul jendela baru yang berisi setingan pdf yang akan kamu export, cukup sesuaikan setinggannya dengan screenshot dibawah ini. Adobe PDF Preset diubah ke High Quality Print dan pada Option, berikan centang saja di Optimize for Fast Web View.

screenshot ai
screenshot 0.3

4.  Setelah itu buka file pdf tadi ke adobe acrobat pro bebas versinya, untuk tutorial ini saya menggunakan adobe acrobat x. Langsung saja untuk membuat form dulu, caranya klik menu tools > forms > create.

create tools
Screenshot 0.4
Jika ada popup windows, klik next, next saja...

5. Lalu akan muncul menu baru di sidebar, Klik Add New Field > Text Field > arahkan mouse ke arah teks yang ingin dibuat editable.

adobe acrobay x
screenshot 0.5
6. Nah disini tinggal kamu sesuaikan posisi ukuran text fieldnya biar sesuai desain. Kamu bisa menamai teks area tersebut dengan fitur Field Name atau klik All Property untuk menemukan pengaturan lainnya.

Screenshot 0.6
7. Selain itu hal palling penting pada pembuatan editable text adalah pemilihan jenis dan ukuran font agar sesuai dengan desain asli. Pada jendela Text Field Property, di Appearance tab terdapat setingan font, kamu bisa pilih font dan ukuran yang kamu ingat-ingat sebelumnya.


8. Jika kamu sudah utak atik text field dan propertinya, langsung saja save dan buka lagi pdfnya di Adobe illustrator untuk menghapus text yang ditimpa editable text tadi. Saat buka pdf pilih salah satu page yang mengandung editable text field, lalu klik File > Save (ctrl+s) jangan save as.

Baca juga Cara Embed Gambar di Adobe Illustrator

0 Response to "Cara Membuat Editable PDF Supaya Client Bisa Edit Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel