Adsense

Pengalaman WA di Hack oleh Penipu Pinjol Ilegal

pinjol ilegal

Ini adalah pengalaman pahit yang saya alami sebagai pengguna whatsapp. Pengalaman yang pasti membuat semua orang meragukan keamanan whatsapp. Beginilah tragedi pembajakan akun whatsapp menerpaku di pagi buta.

Sebenarnya sebelumnya saya sudah stress gara-gara gara hp saya banyak iklan-iklan popup. Setiap pagi saat unlock screen langsung muncul popup unlock screen versi iklan, tapi saya tidak terkecoh, langsung saja saya tekan tombol kotak (recent) untuk melenyapkan tampilan ini. Sebenarnya saya sudah tahu aplikasi apa saja yang memunculkan iklan ini. 

Aplikasi Malware

Aplikasi mencurigakan itu bernama Calendar, 2 App Setting, dan System Service Tool setiap hari pagi saya uninstal supaya tidak muncul iklan lainnya.

Anehnya walaupun saya uninstal di hari sebelumnya, aplikasi ini muncul lagi setiap pagi dan menampilkan iklan saat tersambung ke internet. Terkadang google play and protect juga memperingatkan aktivitas aplikasi bernama com.inactive langsung saya uninstal juga. Tapi tetap saja iklan muncul di hari berikutnya. Pengalaman yang benar-benar menjengkelkan.

Saya tanya teman saya berinisial A yang cukup pintar di dunia IT, karena beliau adalah programmer. Beliau bersabda bahwa HP yang saya gunakan telah disusupi malware root kit dan menyarankan supaya saya flash hpnya. Tapi kala itu saya skeptis dan enggan melakukan hal itu, karena banyak aplikasi dan data yang hilang jika dilakukan flash. Saya coba melakukan eksperimen ini itu namun hasilnya nihil. Akhirnya insiden pembajakan whatsapp terjadi.

Nomor itu adalah nomor penting yang menghubungkan pelanggan dengan masvian.com, kamu bisa cek nomornya di menu jasa.

Tragedi Pembajakan

Saat itu di pagi hari mendapati notifikasi bahwa anda sudah tidak masuk akun whatsapp lagi. Setelah saya coba login ternyata nomor wa saya diblokir pihak whatsapp. Hatiku bingung diiringi otakku yang gundah gulana. 

Mengaktifkan WA

Saya coba mengaktifkan no. Whatsapp lagi dengan cara mehubungi dukungan dan saya lampirkan screenshot disertai permohonan untuk mengaktifkan akun.

Tidak sampai 24 jam tepatnya jam 4 sore wa saya sudah bisa diakses lagi dengan normal. Ini benar benar menggembirakan, tidak ada tanda-tanda aktivitas mencurigakan di wa saya saat saya buka. Saya sempat yakin bahwa ini tidak berhubungan dengan malware yang menjangkit hp saya.

Diblokir lagi

Namun pada pukul 19.00 kegembiraan itu sirna digantikan oleh rasa takut yang mencekam. Tiba tiba no. hp saya ditelpon langsung (via pulsa) oleh seorang tak dikenal. Dengan nada tinggi dia menyuruh saya membuka whatsapp, setelah saya coba buka, waduh ternyata wa saya di retas lagi.

Kejadian membingungkan

Saya langsung berkata jujur bahwa saya tidak bisa membuka whatsapp namun si penelpon tidak percaya, dan memaksa saya untuk membuka whatsapp. Orang ini keras kepala bahkan berkata, kurang lebih begini "eh gak punya paket ya loe buka wanya... buka...! Begoo!" diteruskan dengan kata kata yang menuduh saya renternir/debt collector dan bakal menculik saya "dasar debt colector, gw udah tau foto lu, gue culik lu..." ujarnya. Sayapun terdiam membisu tidak bisa berkata apapun "woi masih hidup gak lo... kok diem aja" lanjutnya. Karena tak tahan akhirnya saya tutup telponya.

Mengaktifkan WA lagi

Akhirnya saya yakin bahwa wa saya dimanfaatkan oleh debt collector pinjol alias pinjaman online. Saya utarakan itu dalam laporan saya kepada pihak whatsapp. Tak lama kemudian jam 11 malam saya dapat email bahwa akun wa saya sudah dibatalkan pemblokirannya dan akhirnya bisa login kembali dengan lancar. Tapi pada saat itu saya menemukan bahwa terdapat ratusan chat yang isinya caci maki dan kebingunan tentang tagihan pinjol yang ditujukan kepada saya seolah-olah saya penjahat apalagi foto profil saya masih aktif. Langsung saja saya hapus PP saya dan saya terangkan kepada para korban bahwa saya adalah korban hacker.

Isi Pesan Pinjol

Saya coba bertanya kepada salah satu orang di chat apa isi dari chat saya seblumnya, karena setelah saya buka percakapan sebelumnya sudah hilang. Ternyata isinya seperti ini.
penipu pinjol

Ternyata isinya masalah pinjol kredit emas yang jatuh tempo, mereka menggunakan karakter aneh guna menyamarkan dari filter pemblokiran. Hmm, ternyata licik juga ulah pelaku. Menggunakan wa orang untuk ngirim chat penipuan. Di akhir chat terdapat link yang mengarah ke aplikasi pinjol (kata korban). Dalam aplikasi itu isinya tagihan dan alamat pembayaran ke rekening virtual account.

Flash HP

Akhirnya berkat kejadian kemarin saya yakin bahwa wa kemungkinan besar WA saya bisa diakses akibat HP Android saya terinfeksi malware. Pada hari itu juga saya flash sendiri HP saya dengan bantuan tutorial yang disediakan oleh mbah google. Walau sudah tidak ori lagi bahkan merk hp sudah berubah yang penting hp sudah bersih dari virus dan malware yang menjengkelkan itu.

Tidak Bisa Verifikasi WA

Setelah di flash saya yakin bisa menginstal WA dengan aman dan lancar. Tapi saya menemukan kendala lain, yakni susahnya verifikasi padahal kode verifikasi itu sudah dimasukkan dengan benar. Isinya hanya disuruh menunggu kode berikutnya lagi dan lagi. Bahkan gagal menelpon nomor saya.


Apakah ini tanda-tanda dibajak lagi? who knows...

Di blokir lagi 

Disaat menunggu timer kode verifikasi berikutnya usai, kala itu tepatnya jam 4 sore, saya ditelpon orang gak dikenal again. Saya terima dengan lapang dada, namun tidak seperti orang sebelumnya, orang ini lebih lembut dan mau mendengarkan pengakuan saya kalau wa saya sedang ada masalah. Katanya dia punya hutang 2 jt di pinjol itu padahal blum hutang. Sayapun menyarankan untuk mengabaikannya sekaligus meminta maaf akan kebingungan ini.

Saya coba buka wa, tampilannya beda, kembali ke awal daftar.
Ternyata dugaanku benar para hacker masih bisa mengakses akun wa saya dan menggunakannya untuk mengirim bom chat lagi. Membuat WA saya diblokri lagi, huh.

di banned wa

Saya pun kirim permohonan ke support lagi dan menjelaskan bahwa hp saya sudah saya flash dan memohon supaya diaktifkan kembali dari pemblokiran permanen ini. 

Akhir Tragedi

Tak berapa lama malam hari sudah diaktifkan lagi dan langsung bisa masuk dengan lancar. Langsung saja saya ganti kode Pin 2 Step Verification (sebelumnya sudah aktif namun tetap dihack) untuk jaga-jaga. 
Eh ternyata benar, setelah saya flash dan login wa jadi lancar dan hingga sekarang masih aman dan hanya ada beberapa chat dari orang yang bingung tentang tagihan pinjol mereka.

Sistem Penipuan pinjol

Dari beberapa pengakuan dari para korban akhirnya saya menyimpulkan begini kemungkinan mekanisme penipuan pinjol kurang ajar itu. Kesimpulan itu saya bagikan di status saya dan beginilah screenshotnya.
sistem penipuan pinjol

Bahkan ada testimoni korban yang mengaku sudah transferr 2 jt dan baru ingat setelah saya beri tahu.

Pelaku ini sangat licik sekali, menggunakan wa orang lain untuk ngirim pesan kejahatan yang merugikan orang lain. Mereka telah melakukan kegiatan kriminal dan harus segera ditangkap dan dipenjara. Saya yakin sudah banyak orang yang tertipu dan membayar terus tagihan fiktif ini hingga stress.

Penipu memanfaatkan ketakutan orang yang bila kena BI Checking, peraturan bank yang mengharuskan orang memiliki riwayat transaksi bersih supaya bisa hutang bank. Padahal mereka tidak resmi alias illegal jadi gak akan kerekam oleh Bi Checking. Atau korban mengira bahwa aplikasi tersebut melakukan pinjaman atas nama dia tanpa sepengetahuan dia. Padahal untuk melakukan pinjaman gak hanya butuh no. HP tapi juga KTP, KK, Akte nikah, Akte lahir, dll.

Jadi bagi kamu yang menerima chat wa seperti itu tapi gak merasa hutang di pinjol tersebut, mending abaikan saja.

Demikian cerita dari saya, pengalaman pahit saat menggunakan wa. Mungkin nama baik saya akan tercoreng, tapi kebenaran tetaplah menang. Semoga polisi siber segera mengusut tuntas segala kejahatan kirminal ini. Karena saya yakin sudah banyak korbannya.

Ilmu Tambahan - Investasi -

Saya sarankan kamu untuk berhenti melakukan kebiasaan berhutang dan tanamkan mindset investasi. Investasi adalah kebalikan dari hutang, jika terus mencicil hutang pendapatan kita akan terus minus. Sebaliknya jika kita mencicil investasi maka kekayaan kita akan bertambah.
Jangan takut investasi dan jangan sampai tertipu investasi bodong. Carilah investasi yang resmi OJK dan pelajarilah resikonya.

Berikut ini beberapa artikel dari masvian yang bisa kalian baca untuk belajar investasi:


Selamat belajar berinvestasi, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengalaman WA di Hack oleh Penipu Pinjol Ilegal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel