Iklan

Cara Jitu Menjadi Kaya Raya dengan Gaji UMR

kaya raya

Sebagian besar manusia pasti menginginkan kesejahteraan dalam hidup, salah satu cara untuk memperoleh kesejahteraan itu adalah dengan bekerja. Dengan bekerja kita akan mendapatkan gaji entah sesuai dengan Upah Minimum Regional (UMR) atau dibawahnya. Tapi yang akan saya bahas hari ini hanya yang punya gaji UMR atau UMP (Upah Minimum Pegawai), bagi yang belum punya gaji dibawah UMR mungkin bisa mengikuti teknik yang akan saya bagikan ini namun kalian harus mengorbankan kesenangan lebih besar. Untuk itu saya harapkan kalian tingkatkan pendapatan hingga mendapatkan gaji UMR.


Apa itu Uang dan Cara Kerjanya

Sejak jaman dahulu kala mungkin sebelum masehi manusia sudah mengenal yang namanya tukar-menukar yaitu barter. Tentunya barang yang saling ditukarkan memiliki nilai yang sama dan harus tercapai kesepakatan diantara kedua belah pihak. Tapi karena metode ini sangat merepotkan, untuk itulah diciptakan suatu alat penukaran yang memiliki kesepakatan lebih luas, yakni benda yang bernama uang. Seluruh masyarakat di seluruh dunia sepakat bahwa uang itu bernilai walau pun hanya terbuat dari secarik kertas dan logam biasa.

Cara kerja uang itu sangat simpel kok, kita hanya menukarkan uang kita dengan barang yang memiliki nilai yang sama. Semakin bernilai benda yang harus dibeli semakin besar juga uang yang harus dikeluarkan. Begitu juga sebaliknya semakin banyak uang kita semakin banyak barang yang bisa kita tukarkan. 

Dengan fakta ini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa untuk mendapatkan lebih banyak uang kita harus meningkatkan nilai kita (untuk pekerja) atau meningkatkan nilai barang kita (bagi penjual).

Nilai diri kita yang bisa kita tingkatkan bukanlah gaya kemewahan kita, kalau itu namanya harga diri, hehehe. Melainkan kelebihan kita atau skill kita yang bernilai bagi orang lain. Semakin banyak skill kita atau semakin profesional kita maka potensi uang yang bisa kita dapatkan akan semakin banyak.


Pengelolaan Uang

Bagi kalian yang punya gaji UMR tentunya awal bulan menjadi hari yang menyenangkan, karena saat itulah gaji kita terima. Namun sayangnya banyak orang yang tidak kuat menahan nafsu untuk membelanjakannya (biasanya nyopi kalo anak jaman sekarang). Atau bahkan setiap bulan habis hanya untuk gaya hidupnya yang kurang efisien dan boros. Sehingga tiada uang yang tersisa, setiap bulan habis, begitu seterusnya.
Ada lagi yang lebih parah, yaitu gaji sudah naik tapi gaya hidupnya juga dinaikkan dengan membeli barang-barang mewah, mahal, supaya terlihat lebih kaya.

Hal itu sah-sah saja, itu terserah Anda. Tapi kalau kalian ingin kaya beneran alias bukan casingnya saja, sebaiknya segera tinggalkan mindset itu.

Orang miskin adalah orang yang takut terlihat miskin sedangkan orang kaya adalah orang yang tidak takut terlihat miskin.

Kata-kata diatas memang benar, dan mungkin itulah yang saat ini terjadi pada diri kalian, lebih mementingkan luarnya daripada dalamnya.

Banyak orang di luar sana yang terlihat berpenampilan biasa saja tapi memiliki tabungan atau aset milyaran. Karena mereka bisa mengelola uang dengan sangat baik.

Pengelolaan uang yang baik akan membantu kalian memperoleh peningkatan kesejahteraan tidak peduli seberapa kecil pendapatanmu saat ini.

Jadi kalian harus mampu membagi finansial kalian dalam tiga kategori:

  1. Dana Tabungan : Dana untuk keperluan tambahan atau keperluan darurat.
  2. Dana Kebutuhan Sehari-hari : Dana untuk makan setiap hari/bulanan.
  3. Dana Investasi : Dana untuk masa depan yang terus meningkat/ dama untuk pensiun. Dana yang akan membuat kalian kaya raya di masa depan, akan dibahas pada bagian bawah.
Dengan membaginya menjadi kategori diatas, bisa dipastikan kalian akan bisa sejahtera dan tidak akan kekurangan apalagi ngutang. Asalkan kalian tau diri, mengurangi pengeluaran seefisien mungkin, dan gaya hidup hemat.


Investasi

Investasi itu apa sih? Sederhananya adalah kita menukarkan uang kita dengan objek yang nilainya terus meningkat di masa depan. Investasi merupakan kebalikan dari kredit, kalau kredit anda nyicil terus tapi semakin buntung, karena harga barang yang dicicil naik plus harga barang yang anda cicil akan berangsur-angsur menurun. Otomatis anda mengurangi nilai uang anda dimasa depan. Untuk itulah investasi sangat penting untuk menumbuhkan uang.

Ada banyak jenis instrumen investasi, yaitu:
  1. Reksadana
  2. Saham
  3. Emas
  4. Bitcoin
  5. Tanah
  6. Property
Jadi dengan menukarkan uang kita dengan objek diatas uang kita akan bertumbuh seiring bertumbuhnya instrumen-instrumen investasi tersebut.
Seberapa persen tingkat pertumbuhan investasi tergantung objek investasi yang kalian pilih, semakin besar peningkatan nilai semakin besar pula resikonya seperti misalnya saham.

Bagi kalian yang ingin berinvestasi reksadana kalian bisa daftar di Bibit, melalu postingan saya sebelumnya Cara Mendaftar Aplikasi Reksadana Bibit dan dapat Cashback 50%.

Tapi yang harus diperhatikan dalam investasi adalah kesabaran, karena dana ini untuk masa depan, sebaiknya tidak anda ambil keuntungannya tapi biarkan saja biar menggunung lebih cepat.

Oke, begitu saja tips dari saya, semoga bermanfaat.


0 Response to "Cara Jitu Menjadi Kaya Raya dengan Gaji UMR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel