Adsense

Crypto Alternatif Bitcoin untuk Investasi Jangka Panjang

btc

Sebagian besar orang yang baru terjerumus ke dunia crypto hanya mengenal Bitcoin. Padahal Bitcoin (BTC) hanya salah satu dari ribuan koin lain di belantara cryptocurrency. Banyak koin-koin lain yang juga berpotensi naik seperti BTC karena semua sama sama menggunakan teknologi blockchain. Teknologi blockchain digadang-gadang bisa mengatasi ketidak adilan akibat kepercayaan pada suatu pihak tertentu. Bayangkan uang anda dipercayakan pada pihak ke3 (misal bank) dan bank itu juga mencetak uang terus sehingga nilai uang itu turun. Secara tidak sadar anda dirugikan oleh bank. 

Kelebihan Blockchain

Teknologi blockchain itu terbuka dan tanpa pihak ke 3. Semua orang bisa berpartisipasi sebagai pemroses transfer itu (disebut minner/stacker). Tak ada lagi yang mempercayakan pada satu pihak melainkan dipercayakan pada semua orang yang memegang koin itu. Jadi bila ada salah satu pihak curang maka yang orang-orang lain tidak akan memvalidasi transaksinya. Hal ini juga sebenarnya sesuai dengan azaz demokrasi "dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat" mungkin blockhain-lah penyempurna cita-cita ini. Sains pun juga mengajarkan demikian, untuk tidak percaya pada siapapun. Karena semua butuh bukti yang valid.

Dunia blockchain tidak hanya untuk dunia keuangan saja bahkan mulai dikembangkan di seluruh aspek kehidupan. Maka dari itu banyak developer berlomba lomba untuk membuat gebrakan blockhain baru yang lebih hebat dari Bitcoin.

Teknologi-teknologi inilah yang di pelajari oleh investor apakah worth untuk masa depan atau tidak. Ibaratnya didalam saham adalah fundamental, di crypto, teknologi menjadi fundamental itu sendiri.

Kekurangan BTC

Bitcoin sendiri semakin menurun dominasi pasarnya, mengindikasikan bakal tergesernya tahta sebagai raja crypto di masa depan. Apalagi fakta transaksi bitcoin itu mengkonsumsi daya listrik yang sangat tinggi dan lambat dalam memproses transaksinya. Ingat, semakin boros listrik untuk mining semakin cepat bumi kiamat akibat pemanasan global (pengingkatan CO2).

Koin Bagus Selain BTC

Untuk itu akan saya beberkan beberapa koin/token yang punya kelebihan dibanding Bitcoin yang bisa menggantikan tahta BTC pada beberapa tahun mendatang.


Etherium (ETH)

Etherium merupakan jaringan blockhain yang lebih canggih dari bitcoin. Karena selain fitur desentralisasi mereka mempunyai fitur lain yaitu fitur Smart Contract. Etherium memungkinkan developer membuat protokol transaksi sendiri pada aplikasinya yang disebut Daaps. Kelebihan lain dari ETH adalah proses transaksinya yang tidak butuh mining, tapi stacking. Proses ini tidak membutuhkan listrik yang besar, seseorang hanya perlu menahan saldonya di wallet dan membiarkannya menyala 24 jam nonstop. Bisa jadi ETH akan menggantikan posisi BTC sebagai raja kripto karena ETH lebih ramah lingkungan dan canggih.

Binance (BNB)

Binance merupakan salah satu blockhain yang didasarkan pada Exchange Binance. Fungsi utamanya adalah mendukung dan memudahkan proses trading dan transaksi crypto di exchange binance. Apalagi BNB juga kerap mengadakan aksi burn crypto yang membuat harganya semakin melejit tak terkendali. Karena ini merupakan excahnge crypto terbesar di asia, banyak investor percaya perkembangan masa depan BNB akan cerah seiring banyaknya trader crypto.

Polkadot (DOT)

Polkadot didirikan oleh CO Founder Etherium, bernama Gavin Wood. Polkadot Atau DOT berfungsi sebagai framework penghubung antar jaringan blockchain. Mereka menyebutnya multi chain network, memungkinkan semua blockchain bisa saling berinteraksi. Kelebihan lainnya adalah skala yang besar, lebih efisien, bebas aturan, blockhain yang bebas diupgrade tanpa hardfork. Hingga kini Polkadot masih menjadi Top Ten Marketcap Crypto terbesar.

Cardano (ADA)

Seperti DOT, ADA juga dibuat oleh mantan developer Etherium. Keunggulan ADA antar lain Menggunakan progaming language yang canggih, Didukung dan selalu diawasi oleh ilmuwan komputer dunia. Cardano juga diklaim mampu mengatasi masalah Scalabilitas, Interoperabilitas, dan sustainability. 

Polygon (Matic)

Matic digadang-gadang bakal menjadi blockchain internetnya Etherium. Yang mampu menghubungkan Etherium dengan semua blockhain. Sekaligus juga mengatasi masalah gas fee yang besar, pengalaman pengguna yang buruk dan throughput transaksi rendah. Polygon menyediakan framework bagi para developer yang ingin membuat blockhain yang compatible dengan Etherium. 

Internet Computer (ICP)

Internet computer atau disebut Dfinity merupakan token Layer 1 Blockchain berupa public network yang menawarkan pengembangan tak terbatas untuk smartcontract. Pengembang bisa membuat hampir semua aplikasi DAPPS, membuat sosial media blockchain, hingga DeFi. Semuanya bekerja pada kecepatan internet, yang sangat cepat. serta mengurangi biaya lebih efisien.

Wozx

Koin ini mungkin tidak terkenal bahkan bisa disebut koin micin karena tmarket cap kecil dan juga teknologi yang kurang mumpuni. Namun Wozx adalah token energy pertama di Dunia, yang membuat orang yang memiliki token ini dapat menghemat energy tanpa merubah gaya hidupnya. Wozx ditemukan oleh Co Founder Apple, Wozniak. Wozx bisa menjadi solusi untuk mengatasi perubahan iklim yang menjadi masalah utama dunia saat ini.

0 Response to "Crypto Alternatif Bitcoin untuk Investasi Jangka Panjang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel