Adsense

5 Cara Mencari Uang di Dunia Blockchain

blockchain

Dunia blockchain merupakan industri yang sedang berkembang pesat akhir-akhir ini. Teknologi yang disebut crypto ini mengutamakan desentralisasi yang mengabaikan pihak ke-3 dalam transaksi. Banyak diluar sana developer yang membuat proyek-proyek blockchain yang diharapkan kelak menjadi teknologi dimasa depan dengan adopsi yang masif. Tak hanya itu banyak milioner dan bilioner baru yang lahir dari dunia crypto. Mereka adalah para holder sejati yang tidak goyah akan market crash maupun berita FUD. Misalnya jika kalian hold 1 koin BTC saja pada tahun 2010 yang harganya cuma 1 dollar (Rp 10.000). Tahun ini koin itu bisa untuk beli mobil fortuner.

Tapi itu hanyalah keberuntungan bagi mereka yang beriman di dunia crypto dan tahu fundamental dari koin yang mereka Hodl. Ini adalah salah satu cara untuk mencari uang di Dunia Blockchain, dibawah ini beberapa cara lain yang bisa kamu implementasikan untuk mendapatkan untung dan rezeki melimpah dari teknologi masa depan ini.


Hodl

Hodl merupakan kata slang dari hold yang berarti menahan untuk menjual koin. Holder senantiasa membeli koin yang dipercaya tidak perduli market crash. Justru saat itulah para hodler memborong koin favorit mereka untuk panen di masa depan.

Seorang holder sejati tidak takut beli dipucuk (harga tertinggi) dan menjadi sangkuter (aset minus). Karena diatas langit masih ada langit, di crypto tidak mengenal harga tertinggi karena selalu ada bullrun yang lebih tinggi dimasa depan yang bisa menjemput bahkan menggandakannya ratusan persen.

Salah satu event paling ditunggu-tunggu para hodler crypto adalah halving bitcoin, karena setelah halving selalu terjadi kenaikan harga yang masif dengan pergerakan harga parabolik. Event ini terjadi 4 tahun sekali dan tak hanya bitcoin, tapi semua koin terutama alt coin (coin selain bitcoin) ikut naik bahkan ribuan persen.

Hodler disebut juga investor long term (jangka panjang), biasanya menjual setelah beberapa tahun atau dijadikan aset permanen yang menghasilkan uang dengan staking.

btc pump


Mining/Staking

Sebenarnya 2 istilah ini berbeda namun memiliki makna yang sama, yakni menghasilkan koin baru. Mining disebut juga kegiatan menambang koin. Namun tidak semua koin bisa dimining, hanya koin dengan konsensus Proof of Work yang bisa di mining, contohnya BTC, ETH, DOGE, ZEC, RVN. Bagi kamu yang ingin mining RVN silahkan baca Cara Mining Koin RVN di 2Minners

Sedangkan kegiatan staking adalah pembiaran koin kita diwallet untuk minting token baru. Staking hanya bisa dilakukan untuk koin Proof Of Stake, seperti ADA, SOL, ALGO, CELO, XTZ. Profit dari staking umumnya berkisar 5-10 % per tahun tergantung staking pool dan koinnya. Staking hanya cocok bagi mereka yang punya modal besar, modal kecil keuntungan sangat kecil. Saya sarankan staking koin Cardano (ADA) karena dijamin aman dan tanpa resko, berikut tutorialnya Cara Staking Cardano di Wallet Yoroi.

Trading

Trading merupakan kegiatan jual beli jangka pendek. Pada market crypto trading biasa dilakukan di excahange, seperti di Indodax. Trading jangka pendek sangat beresiko karena market crypto merupakan market paling volatile dari semua market di planet Bumi. Harga bisa naik dan turun tajam dalam seketika.

Umumnya trader lebih memilih trading spot, karena dinilai lebih aman dibanding dengan leverage atau futures. Tapi tentunya keuntungan di spot lebih rendah dan terbebas dari likuidasi, sedangkan futures jika harga tidak sesuai prediksi maka saldo bisa jadi 0. Ada juga teknik arbitrase, yang melakukan kegiatan jual beli selisih harga antar exchange.

Jika kalian ingin trading crypto silahkan daftar ke Indodax atau Pintu.

Main Game

Tidak seperti game pada umumnya, game crypto bisa menghasilkan uang. Caranya adalah dengan memainkan mengumpulkan koin  game itu dan selanjutnya ditukarkan diexchange. Namun untuk main game Play to Earn di crypto kalian harus punya modal, berupa token NFT untuk main game-nya. Game tersebut adalah Axie Infinity, Decentraland, The Sandbox, Illuvium, Star attlas dll, kalian bisa cek disini

Tapi mungkin bagi kalian yang berkantong tipis terhalang dengan harga NFT yang mahal. Untuk itu saya sarankan bagi yang pemula, carilah proyek game baru misalnya adazoo.

Fliping NFT

NFT adalah market yang paling ngetren saat ini. Karena setiap token adalah unik dan memiliki harga berbeda atau sering disebut non-fungible. NFT token bisa berupa karya seni, lukisan, musik, kartu nft atau mewakli benda berharga lainnya di dunia nyata. Bahkan 1 item NFT bisa bernilai milyaran rupiah seperti di postingan ini Gambar NFT Termahal di Dunia yang Harganya tidak Masuk Akal

Untuk mendapatkan keuntungan dari nft kalian bisa melakukan aktifitas fliping atau jual beli. Caranya cukup sederhana kita membeli NFT yang komunitasnya ramai dan memilih NFT yang level keunikannya (rarity) tinggi lalu menjualnya lagi dengan harga yang lebih mahal.

Demikian beberapa cara mencari uang di dunia Blockchain semoga bermanfaat dan membantu memajukan ekonomi kita semua.

0 Response to "5 Cara Mencari Uang di Dunia Blockchain"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel