Adsense

Apa itu Metamask dan Bagaimana Cara Menggunakannnya

metamask

Di dunia yang serba digital ini, teknologi semakin berkembang. Terutama yang sedang naik daun hari ini adalah teknologi blockchain yang digadang-gadang sebagai keajaiban matematika seperti keajaiban internet puluhan tahun silam. Dengan teknologi blockchain ini memampukan semua orang dan bebas manipulasi dari pihak ketiga. Bukan hanya untuk cryptocurrency namun teknologi ini juga bisa digunakan diseluruh aspek kehidupan manusia. Seperti baru-baru ini datangnya NFT membuat semua orang bisa membuat asset digital dan menjualnya. Selain itu Decentralized Finance atau DEFI digadang-gadang bakal mengubah tatanan dunia tentang transaksi keuangan baik itu pinjaman, tabungan, kredit dan keperluan keuangan lainnya.
Semua itu peer-to-peer, tanpa pihak ketiga dan diatur oleh sistem blockchain.

Dalam dunia internet, Crypto sudah digunakan secara luas, banyak token dan koin dengan berbagai fungsi masing-masing. Untuk memudahkan transaksi itu kita butuh dompet, dompet yang menempel di browser sebagai add on. Salah satu dari dompet/wallet itu adalah Metamask dengan ikon rubahnya yang keren...

Apa itu metamask

Metamask adalah wallet Crypto yang bisa di instal di browser, seperti Firefox, Chrome dan Edge. Dengan Metamask kalian bisa menghubungkannya dengan website aplikasi crypto yang tersedia, seperti game, nft, exchange dll. Jadi tidak perlu mengisi biodata saat daftar, cukup punya metamask kalian tinggal mengubungkan dan menggunakan langsung layanan website tersebut. Ini adalah gerbang yang mengubungkan kita dengan semua aplikasi blockchain. 
Metamask bisa dijadikan wallet beberapa token terutama Etherium (ETH), bisa dikustomisasi bila ingin menggunakan token lain.

Cara Membuat Wallet Metamask:

1. Pertama Download Metamask di website resminya disini.
2. Instal di browser kalian.
3. Setelah instalasi selesai akan muncul Welcome to Metamask, langsung saja klik Get Started.
4. Nanti kalian bakal disodorkan oleh 2 pilihan:
- No, I already have a Secret Recovery Phrase (jika kamu ingin impor walet)
atau
- Yes, let’s get set up! (jika kalian ingin buat wallet baru).
Pilih yang opsi ke 2 ya...
5. Lalu akan ada pertanyaan lagi, mereka minta ijin untuk merekam data klik untuk pengembangan metamask. Tapi tenang saja mereka tidak akan mencuri pasword atau menjual data kalian. Langsung saja klik I Agree.
6. Berikutnya kalian disuruh buat pasword, terserah kalian minimal 8 karakter. lalu centang I have read and agree to the Terms of Use
7. Lalu kalian bakal disuguhi video penjelasan singkat tentang keamanan wallet. Inilah tahap terpenting dari semua tahap pembuatan wallet. Karena blockchain itu desentral tidak ada pihak ketiga yang memegang kendali akun kalian jadi kalian yang harus mengamankannya sendiri secara total. Pengamanan ini disebut recovery phrase berisi urutan kata kunci. Kalian harus menyimpannya secara aman dan jangan sampai lupa. Bisa ditulis di kertas dan disimpan dalam laci, buku, brankas atau dikubur dalam tanah, dll. Jangan sampai orang lain mengetahui kata kunci ini karena bisa dicuri waletmu. Kalau sudah paham klik Next.
8. Inilah yang ditunggu tunggu, klik ikon gembok dengan teks "Click here to reveal secret words". Barisan kata kunci akan muncul, dan kalian harus catat itu secara urut lalu simpan di tempat yang aman. Lalu klik Next.
9. Masukkan Secret Pharase tadi sesuai urutan dengan cara klik tiap kata. 
10. Selamat dompetmu sudah berhasil dibuat. Klik All Done.

Berikut ini animasi interaktif cara membuat wallet di metamask:

Cara Menggunakan Metamask

Bayangkan metamask seperti dompet asli di dunia nyata yang anda bawa kemana-mana. Metamask adalah dompet dunia maya. Browser adalah adalah celana anda tempat menaruh dompet. Di dunia maya itu banyak website dengan fungsi masing-masing. Tapi umumnya website itu butuh data-data kita untuk daftar seperti nama, email, alamat. dll. Di website yang telah menggunakan teknologi blockhain hal ini tidak perlu, kalian hanya butuh dompet berisi uang sudah bisa bertransaksi disana. Tidak usah rempong daftar tinggal connectkan dengan wallet selesai.

Cara mengkonekkan website blockchain dengan walletpun sangat mudah, cari website dengan layanan ini. misalnya kalian ingin menjual dan beli NFT di Opensea.io atau beli properti virtual di decentraland.org. disitu akan ada opsi konek ke metamask. Tinggal kalian klik Next dan Connect. Selesai.


Di Metamask kalian bisa membeli mengirim dan menukar ETH dengan koin lainnya, melalui tombol Buy, Send, Swap. Tapi jangan lupa setiap transaksi dengan ETH ada gas fee yang lumayan, namun semoga ETH 2.0 akan mengatasi masalah ini. Oiya untuk opsi log out di metamask tidak ada tapi kalian pencet saja tombol Lock dan unlock dengan pasword kalian.

Demikian yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat,

0 Response to "Apa itu Metamask dan Bagaimana Cara Menggunakannnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel