Adsense

Proses Pembentukan Harga Pada Market Indodax

cara kerja market

Indodax adalah market atau bursa crypto terbesar di Indonesia yang berisi jutaan trader yang tersebar hingga ke pelosok negeri. Setiap hari banyak sekali transaksi yang terjadi disini. Konon transaksi disini pernah menyamai volume perdagangan bursa efek Indonesia disaat btc pump beberapa bulan yang lalu. 
Setiap market pasti disitu ada harga, mungkin kalian bingung bagaimana pembentukan harga pada market Indodax. Apakah harga digerakkan oleh orang tertentu, bandar atau Indodax sendiri. 

Pada dasarnya pembentukan harga itu sama seperti kita dipasar. Asalkan ada penjual dan pembeli yang bertransaksi disitulah harga terbentuk. Tapi mungkin agak bingung yang versi pasar digital yang serba otomatis, dengan angka-angka yang bertebaran dimana-mana.

Terutama para trader pemula kalian harus tahu mekanisme market trading, supaya analisa kalian semakin presisi dan profitable. 

Untuk mengetahui mekanismenya kalian harus menguasai dulu panel panel yang berkontribusi pada pembentukan harga di Indodax.

Silahkan pilih dulu salah satu market, pada tutorial ini saya pilih Titan. Atau bisa klik link ini untuk langsung melihat marketnya.

Pengenalan Panel

Panel yang harus kamu perhatikan:

1 | Panel Order Beli dan Jual

panel indodax
Panel ini berfungsi untuk kamu yang ingin melakukan penjualan dan pembelian suatu market.

Ada 2 tipe order:
  1. Limit: Untuk melakukan transaksi pembelian dibawah harga market/penjualan diatas harga market. Transaksi akan tereksekusi setelah harga market sesuai orderanmu. (biaya gratis)
  2. Market/Instant: Untuk melakukan pembelian/penjualan langsung sesuai harga market. (biaya 0,3%).

2 | Panel Market Jual dan Beli

panel market order

Panel ini adalah tempat bersemayam pending order dari yang orang-orang pasang order dari jenis Limit order.

Panel Market Jual: Berisi pending order Jual yang diurutkan dari harga yang mendekati harga pasar dan semakin kebawah semakin menjauh/semakin mahal.
Panel Market Beli: Berisi pending Beli yang diurutkan dari harga yang mendekati harga pasar dan semakin kebawah semakin menjauh/semakin murah.

3 | Panel Aktivitas Market

 
panel aktivitas market

Jika kalian scroll kebawah lagi, sibawah riwayat transaksi akan ada tabel aktivitas market. Ini adalah daftar transaksi terakhir pada market Titan. Hasil dari orang-orang yang membeli di harga market/instant order.

Proses Pembentukan Harga

Seperti definisi pasar, Indodax berfungsi untuk mempertemukan penjual dan pembeli. Disaat terjadi transaksi disitulah harga pada saat itu.
Pada indodax sendiri riwayat transaksi itu terdaftar pada panel Aktifivitas Market. Perhatikan riwayat transaksi terbaru atau baris paling atas sendiri, disitulah harga pada saat itu.

Daftar pada Aktivitas market berasal dari data tabel market jual dan beli. Jika trader membeli secara instan maka yang tereksekusi adalah harga pada market jual (pertemuan antar pembeli dan penjual). Jika trader menjual secara instan maka yang tereksekusi adalah harga pada market beli. Itulah sebabnya panel order beli berada diatas tabel market jual dan panel order jual diatas tabel market beli.

Berikut ini contoh proses pembentukan harga:

Misal ada gadis sebut saja Mawar, sedang beli Titan secara instan dengan jumlah Rp 842.186 pada saat itu sesuai daftar tabel diatas, maka yang tereksekusi adalah tabel dibawahnya/market jual. Jumlah pembelian tersebut akan mengeksekusi 3 baris yakni pada harga 131.238, 131.276, 131.231 (lihat kolom harga).

Mengapa demikian? karena di harga 131.238 hanya tersedia 1,73142064 Titan atau setara 227.228 rupiah (lihat kolom Titan dan IDR) sehingga kurang memenuhi pembelian Mawar yang berjumlah 842.186 rupiah tadi. Karena kurang, maka transaksi akan dilanjutkan pada baris dibawahnya yakni di harga 131.276 yang berjumlah 248.506 rupiah. Ternyata masih kurang lagi, maka transaksi dibawahnya tereksekusi di harga 131.321 dengan jumlah 366.452 rupiah.

Harga Terbentuk

227.228 + 248.506 + 366.452 = 842.186

Sekarang transaksi Mawar sudah selesai dan akan muncul pada tabel Aktivitas Market.

Transaksi Mawar tadi otomatis merubah harga market Titan menjadi 131.321 yang sebelumnya 131.238. Alhasil, terjadi kenaikan harga Titan.

Kini tabel market jual, list di harga 131.321 tinggal 10.000 rupiah (852.186 - 842.186).

Pump & Dump & Tembok

Semakin besar Mawar membeli Titan maka akan semakin besar kenaikan harga market. Fenomena ini disebut juga pump.

Semakin besar Mawar menjual Titan makan akan semakin besar penurunan harga market.
Fenomena ini disebut dump.

Namun fenomena pump and dump akan sulit dilakukan tatkala ada orang yang memasang order limit besar di suatu harga. Inilah disebut tembok. Order besar ditandai dengan highlight kuning. Butuh cukong atau para milyarder yang punya cukup dana untuk bisa buy instan dan menembus tembok.

Simpel kan pembentukan harga pada market, semoga kalian lebih paham cara kerja market dan selalu profit.

0 Response to "Proses Pembentukan Harga Pada Market Indodax"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel