Adsense

Strategi Cut Loss Crypto yang Nyangkut

cut loss crypto

Akhir akhir ini dunia digemparkan dengan hebohnya pergerakan harga Bitcoin yang sedang longsor. Anjloknya harga BTC memicu hancurnya berbagai pasar crypto, seperti Alt coin, Defi, Koin micin dsb. Banyak orang kaya di dunia menjadi gembel akibat tragedi ini.

Sebelumnya pump BTC sempat menyentuh level 900 jtan, Namun entah kenapa hingga postingan ini dibuat harga bitcoin terus turun hingga ke level 500 jtan. Walaupun ada berita bagus tentang dilegalkannya transaksi btc di El Salvador, hanya memberikan efek micro pump yang tak berarti.

Hal ini membuat semua orang yang memiliki aset crypto baik trader maupun investor menjadi was-was akan tren bearish yang tak pernah usai ini. Tak jarang mereka mencoba melancarkan aksi CL alias Cut Loss, diselingi rasa menyesal dan takut harga bakal naik lagi.

Tragedi ini menyadarkan kita akan besarnya resiko investasi di Crypto Currency. Bahkan para financial advisor menyarankan untuk hanya menggunakan uang sampah saat membeli crypto. Hindari uang panas, uang arisan, uang pinjol, karena dapat berdampak pada psikologis kita. Selalu dekatkan diri pada Yang Maha Kuasa, jauhkan senjata tajam, racun, tali rafia di saat momen-momen mencekam seperti saat ini.

Oke, jika CL satu-satunya jalan yang kalian inginkan saat ini. Berikut saya bagikan tips untuk CL supaya lebih maksimal dan aman. 

Saya bukanlah financial advisor, jadi saya tidak bertanggunjawab akan kemungkinan kerugian setelah mengaplikasikan tips ini. Semua keputusan ada di tangan kalian.


CL Sekarang

Tidak ada yang tahu pasti arah harga suatu market. Semua hanya mengandalkan teori probabilitas yang selalu ada peluang salah. Hingga sekarangpun tidak ada satupun orang didunia ini yang tahu pergerakan harga suatu market. Dengan alasan ini, kita bisa mengambil keputusan seperti orang buta, tak usah melihat chart. Jika asset anda turun lebih dari 50% segera CL. Strategi ini mungkin masuk akal mengingat range pergerakan harga crypto bisa turun sampai 90% dan naik ribuan %. Setelah CL segera pindah ke stable coin. Beberapa coin yang termasuk stable coin adalah USDT, IDK, dan DAI.

Walaupun stable coin kamu bisa dapet keuntungan darinya, terutama di Exchange Indodax. Karena jenis stable coin ini terutama yang volumenya kecil sperti DAI, gampang sekali kena pump dan dump. Nah kamu bisa memanfaatkan ini dengan memasang harga agak tinggi maksimal 50% dari harga normal. Ketika kena pump otomatis harga akan kembali dan ordermu akan tereksekusi dan kamu dapatkan untung.

Nunggu Koreksi

Strategi yang kedua ini mengharuskan kamu untuk belajar analisa teknikal. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan adalah tren, momentum, chart pattern. JIka suatu saat market mengalami dump yang dalam, jangan langsung cl, tapi tunggu hingga market mantul keesokan harinya. Kita menunggu koreksi dari dump ini, koreksi yang dimaksud adalah kenaikan sementara dari downtren. Contohnya adalah pada saat dump besar-besaran kemarin, terlihat terbentuknya pattern head & shoulder sebelum market soor dalem.

head & shoulder BTC

Head & shoulder adalah pertanda pembalikan tren. Jika dana anda pada saat itu baru nyangkut di setelah head, silahkan tunggu right shoulder baru cl. Namun jika nyangkut setelah right sholder kalian harus menunggu lagi hingga market rebound, bila ada bila tidak ada koreksi sebaiknya cl segera sebelum soor lebih dalam lagi.

Averaging

Averaging lebih mirip dengan strategi DCA atau Dollar Cost Averaging. Dimana kita tetap beli koin yang nyakut secara berkala dikala market sedang downtren. Strategi ini tentunya hanya berfungsi bagi mereka yang punya pendapatan diluar crypto untuk diinvestasikan. Dengan membeli secara berkala baik itu seminggu sekali atau sebulan sekali, otomatis prosentasi loss kita semakin berkurang terhadap jumlah modal kita. Dan disaat market mulai uptren, modalmu sudah kembali malah dapat untung berkali-kali lipat. Disitulah saat yang tepat untuk cl, jika beruntung malah tp berlipat-lipat. Cara ini diperuntukan bagi mereka yang sabar karena butuh waktu bertahun-tahun bagi crypto untuk rebound. Yah anggap saja investasi/nabung crypto.

Kesimpulan:

Cut loss mungkin suatu penyesalan yang menyakitkan. Silahkan pikirkan kembali, apakah dana yang nyangkut itu dana penting yang akan digunakan dalam waktu dekat. Ataukah dana sampah yang bisa kalian simpan selamanya. Jika itu dana sampah, silahkan relakan dan tunggu next halving di tahun 2024. Crypto akan naik lagi dan kalian pasti cuan berkali-kali lipat. Tidak usah takut karena berbagai negara di dunia saat ini sedang mengadopsi teknologi blockhain yang adalah tulang punggung crypto. Jadi bersabarlah...

Baca juga Cara Mencari Koin Micin untuk Investasi Jangka Panjang

0 Response to "Strategi Cut Loss Crypto yang Nyangkut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel