Adsense

Cara Memodifikasi Bentuk Huruf di Adobe Illustrator

Kegiatan mengetik tentunya menghasilkan output berupa huruf-huruf. Di komputer ketika mengetik sesuatu di microsoft word kita harus memilih berbagai bentuk huruf yang cocok dengan keinginan kita. Sebagian besar orang mungkin bingung karena banyak sekali pilihan huruf. Bahkan di belantara internet masih banyak font-font bertebaran yang bisa di donwload dan di instal sesuka hati.

Biasanya desainer yang hafal nama setiap font, terutama saat membuat banner, mungkin mereka menggunakan salah satu font di postingan ini Kumpulan Font Keren yang Wajib dimiliki Seorang Desainer Grafis. Setiap desainer memiliki font andalan masing-masing, sehingga mereka bisa memilih font dengan cepat sesuai dengan mod desain itu sendiri.

Tapi jika masalahnya adalah tidak ada font yang tepat, dari pada membuang-buang waktu yang lama untuk mencari font yang cocok lebih baik membuat sendiri dari font yang tersedia. Cara ini dijamin lebih menghemat waktu dibanding mencari yang belum tentu ketemu.

Kali ini saya akan membeberkan cara memodifikasi font, bagi para pengguna Adobe Illustrator. Cara mudah dan tepat untuk kalian para desainer grafis, supaya bisa lebih handal dalam utak-atik software ini.

Cara Memodifikasi Bentuk Huruf

1. Pertama kalian harus mengetik suatu kata di AI. Gunakan Text Tool atau dengan menekan T pada Keyboard.
text tool

2. Setelah itu kalian pilih menu Object > Expand untuk mengconvert tulisan itu menjadi path yang bisa diedit. Centang Object dan Fill lalu klik Ok.
sxpand

3. Sekarang kita tinggal mengedit path-nya menggunakan Pen Tool. Tekan P untuk mengaktifkannya. Tekan  dan tahan CTRL untuk memilih point yang akan diedit, lalu baru dimainkan kurvanya dengan Pen Tool. Kalau bingung silahkan kesini Cara Menggunakan Pen Tool di AI. Atau menggunakan tool tool editor path lainnya untuk memodifnya. Bisa juga merge dengan rectangle, triangle, dll. Atau kalian ingin membuat textnya melengkung, bisa cek Cara Membuat Text Melengkung di AI

Jadi itulah kuncinya untuk mengedit font hanya butuh kita convert to curve dalam ai disebut expand.

0 Response to "Cara Memodifikasi Bentuk Huruf di Adobe Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel