Kumpulan Font Keren yang Wajib Dimiliki Seorang Desainer Grafis

font keren

Font merupakan elemen yang vital dalam desain untuk memberikan informasi yang tidak bisa digambarkan dalam grafis. Walaupun di windows dan apple sudah banyak font default yang bisa digunakan. Tapi bagi seorang desainer grafis tentunya font tersebut sangat kurang, banyak diantaranya mendownload dari situs yang menyediakan font secara gratis. Dengan banyak pilihan, desainer bisa lebih leluasa dalam mengekspresikan karya desainnya, sehingga tidak stuck ke font itu-itu aja.

Ada banyak font tapi tentu ada beberapa yang menjadi favorit kalian, tapi jika kalian sedang mencari referensi untuk font yang keren dan laris manis di pasar desain grafis. Berikut akan saya sodorkan beberapa font yang menurut saya laris manis dipasaran baik dalam maupun luar negeri. Mungkin bisa meningkatkan kepuasan klienmu, hehehe.

1 | Trajan

Trajan merupakan raja dari semua serif font, terbukti dengan banyaknya logo-logo di dunia yang menggunakan font ini, terutama perusahaan yang bersifat formal, seperti universitas, lawyer, real estate, bank dan lain-lain. Memang font ini berbeda dari serif font yang lainnya, karena setiap orang yang memandangnya akan muncul perasaan kepercayaan, berkesan elegan, berwibawa, dan seperti mempunyai otoritas tinggi. Mungkin disebabkan karena formatnya yang Small Caps huruf yang berdasarkan huruf kapital semua Title case dibedakan melalui ukuran font.

2 | Harabara

Hara bara juga salah satu font yang sempat populer di kalangan desainer grafis, banyak klien yang langsung memilih font ini. Mungkin karena terkesan halus dan berbeda dari sans serif yang biasanya berekor dan kotak di ujungnya. Biasanya perusahaan di bidang lingkungan yang memilih font ini, walau terkadang ada juga perusahaan makanan yang menggunakannya. Terlebih font ini gratis, dan mudah didapatkan di internet, membuat semua orang dapat menggunakannya secara bebas.

3 | Etnocentric

Seperti namanya font ini cukup nyentrik dan tajam di ujung-ujungnya. Font ini juga terkesan lebar dan berat namun juga futuristik. Banyak desainer yang membuat logo wordmark berdasarkan font ini, biasanya font dimainkan dan dibuat bersambung antar huruf. Perusahaan di bidang barang-barang keras, seperti mesin, otomotif dan perbengkelan sering menggunakan font ini sebagai logo.

4 | Satisfaction

Font ini juga sudah pasaran, beberapa provider kontes sudah melarang desainer menggunakan font ini karena sudah terlalu mainstream. Tindakan ini memicu desainer untuk enggan berkreatifitas dengan font ini. Tapi nyatanya banyak klien yang memburu logo dengan font satisfaction, terutama logo yang bersifat personal, santai dan berkelas seperti real estate, lawyer, penulis, dll.

5 | Helvetica

Font ini merupakan font dasar yang sudah lazim digunakan jika klien membutuhkan desain biasa dengan font sans serif biasa, helvetica jawabannya. Setiap lekukan font helvetica sangat harmonis dan modern namun tetap netral tidak terlalu mengada-ngada serta kerning yang sempurna.

6 | Euro Caps

Seperti etnocentric, font ini juga sering digunakan oleh pabrik-pabik alat-alat berat, pertambangan maupun usaha dibidang benda keras lainnya. Biasanya digunakan untuk tagline logo, karena kesannya yang kaku, kuat dan tetap berkelas.

7 | Euro Technic Extended

Biasanya font ini sangat pas dipadukan dengan euro caps, karena font ini lebih tebal, lebih kuat dan kokoh. Perusahaan tambang minyak, batu bara, pelabuhan, produsen mesin dan alat berat sangat cocok bila menggunakan font Euro Technic. 

8 | Space Age

Space age merupakan font gaya super extended, yang paling populer. Kesannya gepeng, tapi sangat futuristik beda dari font biasanya. Bagian ujung yang rounded dan kelengkungan yang sempurna memberikan kesan halus yang sangat kuat. Cocok untuk digunakan dalam desain tentang astronomi dan teknologi masa depan. Misalnya untuk logo perusahaan, penerbangan, elektronik, dan gadget. 

9 | Montserrat

Seperti helvetica, tapi font ini umumnya digunakan oleh website-website berkelas yang mewah. Walaupun sans serif kesan elegan tetap terasa saat membaca menggunakan font ini. Lekukan-lekukan yang sempurna membuatnya mudah dibaca dan tidak pedih dimata.

10 | Bebas Neue

Font bebas ini biasanya digunakan untuk perusahaan bergaya retro, seperti bar. kafe, dan pengrajin, beberapa juga digunakan dalam tema western. Tipenya condensed, namun tetap kuat dan rapi.

11 | Bank Gothic

Gaya font ini juga mengusung gaya Small Caps seperti font Trajan, hanya saja ini yang paling maskulin dan tajam dibandingkan font-font teknikal lainnya. Sebagian besar gayanya didominasi oleh kotak dengan sudut agak yang halus dan juga agak sedikit extended. Sehingga cocok digunakan untuk desain yang ingin mengkomunikasikan kesan kuat dan elegan. 

0 Response to "Kumpulan Font Keren yang Wajib Dimiliki Seorang Desainer Grafis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel