Iklan

Cara Membuat Teks Melengkung di Illustrator

teks melengkung illustrator

Teks melengkung merupakan salah satu teknik desain tipografi yang harus dikuasai oleh seorang desainer grafis. Tentunya desainer yang profesional harus bisa mengaplikasikannya melalui software digital seperti adobe Illustrator yang satu ini. Jika sebelumnya kalian pengguna corel draw yang sudah dimanjakan oleh tool-toolnya yang mudah dan cepat. Kini kalian dihadapkan dengan software yang lebih canggih yang lebih banyak digunakan oleh desainer-desainer kelas  dunia. Sebenarnya tidak sulit untuk membuat teks melengkung, hanya saja kalian harus terbiasa dengan sistem baru di software ini.

Yang saya maksudkan teks melengkung dalam postingan ini adalah seperti teks yang hurufnya berjajar ke arah tertentu tanpa mengubah bentuk aslinya. Contohnya adalah seperti teks yang mengikuti lengkungan garis, seperti yang bisa kita lihat pada logo logo sekolah atau emblem dan sebagainya. Jadi bukan bentuk  hurufnya yang melengkung seperti fitur wrap ya... tapi lebih ke penataan teks dan huruf itu sendiri.

Yaw dah sekarang langsung kita pelajari caranya membuat teks secara melengkung degan adobe illustrator.

1. Buka Adobe Illustrator.

2. Buat path, atau shape terserah bisa menggunakan pen tool, pencil, rectangle tool, elipse dll. 

3. Tekan dan tahan text tool (ikon T pada toolbox sebelah kiri) maka muncullah menu tambahan cari dan pilih 'Type on  Path Tool'.

4. Dengan "Type on Path Tool" Arahkan kursor pada path atau garis atau pinggir objek yang kamu buat hingga muncul garis tegak lurus dengan path yang berkedip-kedip.

5. Sekarang tinggal kamu ketik saja teks sesukamu, maka akan mengikuti path dengan sendirinya. Jangan lupa atur ukuran font supaya tidak terlihat kecil, atau pengaturan teks lainnya yang bisa kamu temukan di menu character di menu atas.

6. Atur juga model dan format Type on Path Tool, dengan cara meng klik 2 kali pada ikon 'T' yang tadi. Akan muncul window Type on Path Options

7, Disitu kamu bisa  mengatur 

Effect (efek penataan huruf): Rainbow, Skew, 3D Ribbon, Stair Step, Gravity. 

Align to path (mengatur posisi lengkungan terhadap path): Ascender, Descender, Center, Baseline.

Spacing: angka -36-36

Jika ingin flip atau mencerminkan teks bisa centang "flip" kalau ingin melihat hasil bisa centang "preview"

Tekan ok jika sudah

Demikian tutorial kali ini semoga bermanfaat.


Baca juga Cara Mengganti Background di Illustrator

0 Response to "Cara Membuat Teks Melengkung di Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel