Iklan

Cara Mengganti Warna Background di Adobe Illustrator

cara mengubah background ai

Background merupakan latar belakang suatu gambar yang menjadi objek utama. Dalam software raster image sperti paint, photosop atau software editing gambar lainnya kita dapat dengan mudah memberi background pada gambar baik dengan cara menghapus atau menempatkannya dibawah layer dari objek utama.  Tapi kita bingung bagaimana cara mengaplikasikannya dengan software yang juga berfungsi untuk editing gambar yang bernama Adobe Illustrator alias AI. Karena kita disini hanya disediakan kanvas putih tanpa bisa diganti warna, bahkan tidak ada menu yang berkaitan dengan pengubahan background. 

Ini bukan masalah softwarenya, tapi kitanya yang belum tahu sistem dari software editing gambar Adobe Illustrator ini. Yang perlu kamu tahu adalah bahwa software ini merupakan software editing gambar berbasis vektor bukannya berbasis pixel seperti photoshop. atau software editing foto lainnya. Apa itu vektor? Vektor merupakan kurva atau lengkungan suatu garis. Jadi Gambar vektor itu gambar yang berdasarkan gabungan 1 atau beberapa kurva, kelengkungannya ditentukan oleh handel pada titik diantara garis kurva yang bisa diatur panjangnya oleh pengguna.

Jadi kalian tidak bisa serta merta langsung mememberi background pada kanvas, tetapi ada step-step yang kaliian lakukan. Berikut stepnya.

1. Buka AI kalian.

2. Buat objek kotak yang sesuai dengan ukuran artboard. Caranya pilih rectangle tool atau tekan m pada keyboard,

3. Pastikan aktifkan smart guides, silahkan cek kalau smart guide sudah tercentang di menu View. Supaya pointernya bisa nempel di setiap pojok arboard.

4. Langsung saja dengan Rectangle tool, kalian klik dari pojok kiri atas artboard (pastikan muncul tulisan intersect di garis smart guide) klik dan tahan sampai pojok kanan bawah. Sehingga gambar perseginya pas dengan ukuran artboard.

5. Jika tidak ingin ribet silahkan buat kotaknya melebihi ukuran arboard, karena nantinya gambar akan terpotong bagian arboard saja.

6. Silahkan mewarnai kotaknya dengan memilih warna pada kotak Fill (klik dua kali kotak tersebut untuk memilih warna).

7. Kalian juga bisa membuat warna gradasi dengan melihat postingan ini. Cara Membuat Conical Gradient di Illustrator.

8. Jika kalian ingin mengsave gambar tersebut kalian tinggal pilih export pilih extensi JPG. lalu centang use arboard dan isi nomor 1. Gambar akan terpotong sesuai ukuran wilayah arboard.

Selesai deh, mudah kan selamat mencoba.

Baca juga Cara Membuat Banner di Adobe Illustrator dengan Benar

0 Response to "Cara Mengganti Warna Background di Adobe Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel