Iklan

Cara Mendapatkan KTP / ID Card Investor Bursa Efek Indonesia

Menjadi Investor merupakan kebanggaan tersendiri bagi kita orang awam yang tidak tahu seluk beluk investasi saham di bursa efek. Orang lain mungkin mengira kita orang kaya, karna investasi saham. Padahal cuma kelihatan kartunya bukan jumlah saldonya berapa, hehehe. Bisa saja punya saldo kecil ataupun saldo besar. Faktanya investor hanyalah orang biasa seperti kita, semua orang bisa saja jadi investor saham, mulai dari tukang becak, pengamen, pelajar, mahasiswa, babu, pekerja swasta, hingga pengangguran mungkin saja ternyata punya investasi di bursa efek. Bukan untuk gaya, tapi memang mereka sudah merencanakan masa depan mereka, berharap dengan menabung saham mereka dapatkan hasil tabungan yang berkali-kali lipat dari tabungan biasa.

Ada banyak cara untuk menjadi salah satu investor pasar modal, bisa dari daftar reksadana, beli saham di bank atau sekuritas lain. Setiap orang yang invest pasti mendapatkan SID (Single Investor Identification), suatu nomor identitas tunggal seperti nomor NIK di KTP yang mendata jutaan investor di pasar modal Indonesia. Jika kamu daftar di bank kamu akan mendapatkan langsung fisik kartu ini sedangkan bagi kalian yang mendaftar via online, harus mencetaknya sendiri di situs ksei.co.id.

Bagi kalian yang ingin memiliki kartu ini tidak usah bingung, dan tidak usah takut gak punya uang. Kalian bisa kok investasi saham dan terdaftar di Pasar Modal, hanya bermodalkan uang 10.000 rupiah. Investasi ini namanya reksadana, jika beli saham langsung kamu harus bermodal jutaan rupiah, tapi melalui reksadana kamu bisa beli semurah nasi goreng, hehehe. Mengapa bisa murah karena kita tidak membeli saham secara langsung, tapi dibelikan oleh manager investasi yang disebut produk reksadana. Jadi manager investasi mengelola dana dari investor dan ditempatkan di instrumen, instrumen tertentu seperti pasar uang, obligasi, dan saham.

Jika kamu ingin mendaftar, saya rekomendasikan pakai aplikasi Bibit, sejak artikel ini ditulis saya sudah 5 bulan invest reksadana di aplikasi ini. Aplikasi ini ada robot investasi yang akan menghitung dan mensimulasikan hasil investasimu di masa depan ditambah lagi ada cashback 50.000,-.

Langsung saja yuk daftar di bibit, simak di postingan ini >> Cara Mendaftar Investasi Reksadana di Aplikasi Bibit dan Dapat Cashback 50.000

Cara Mendapatkan SID

Untuk mendapatkan SID kamu harus investasi dulu minimal 10.000, di salah satu produk reksadana di aplikasi bibit. Tunggu sampai unit reksadana masuk, jika sudah silahkan cek di situs http://akses.ksei.co.id/. Situs KSEI adalah Kustodian Sentral Efek Indonesia, pusat database investor Indonesia. Jika kamu belum punya akun, daftar dulu pakai email yang kamu gunakan saat daftar aplikasi bibit. Verifikasi email dan silahkan login, maka akan terlihat SID-mu seperti screenshot dibawah ini (lihat yang di kotak merah):

KSEI

Untuk melihat template ID Card yang siap dicetak, silahkan klik ikon grigi dibawah nomor SID, kamu akan dibawa ke menu setting tentang saya, disitu ada gambar kartu ksei seperti dibawah ini:
Mudah kan mendapat kaan kartu ini, tapi kamu ingin kartu fisik harus pergi ke percetakan dulu untuk mencetaknya menjadi id card. 
Semoga postingan ini berguna bagi kalian investor millenial.

0 Response to "Cara Mendapatkan KTP / ID Card Investor Bursa Efek Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel