Kumpulan Kata-Kata Bijak dari Para Ilmuwan yang Menginspirasi

stepehn hawking kata bijak

Banyak dari kita memperoleh kata-kata bijak dari orang-orang yang agamis, otoritas, orang kaya, atau seseorang mentor yang dianggap bijak dalam melakukan segala hal. Jarang bagi kita mencari kata-kata bijak dari seorang profesor, dokter atau orang yang kerjanya meneliti. Padahal pekerjaan mereka bisa dibilang lebih mulia dari semua profesi, mereka menemukan sesuatu yang memudahkan pekerjaan kita, menemukan obat dan vaksin yang menyelamatkan banyak jiwa, membantu kita memahami fenomena alam dan bagaimana cara kerja alam semesta. Merekalah yang membangun peradaban kita menjadi lebih maju dari spesies hewan lainnya di planet Bumi. Untuk itu kita wajib menghormati para ilmuwan jika kita tidak sempat meneliti dan melakukan riset yang bermanfaat.

Dari tahun ke tahun banyak ilmuwan bermunculan, mulai dari jaman sebelum masehi, banyak tokoh terkenal seperti Plato, Aristoteles, Archimedes dan pada jaman masehi banyak orang mengukir sejarah dengan gebrakan teori-teori yang mengubah dunia seperti Galileo Galilei, Issac Newton, Einstein, Freyman dan Charles Darwin. Serta para ilmuwan modern yang terkenal seperti Carl Sagan, Stephen Hawking, Brian Greene, Neil D'Tyson, Richard Dawkins dll. Mereka adalah Saintis yang memiliki pandangan dunia berdasarkan sains, apa adanya dan tidak mengada-ngada. Karena dalam sains bukti dan teori adalah hal yang terpenting dalam memahami dunia.

Bila kamu ingin tahu apa saja sih kata-kata bijak para ilmuwan ini. Yuk langsung saja simak beberapa Quote dari para ilmuwan terkenal dibawah ini:

1. Richard Feynman

Jauh lebih menarik hidup dalam ketidaktahuan daripada memiliki jawaban yang mungkin salah.
Agama adalah budaya iman, sains adalah budaya keraguan.
Saya lebih suka memiliki pertanyaan yang tidak bisa dijawab daripada jawaban yang tidak bisa dipertanyakan.
Saya cukup pintar untuk tahu bahwa saya bodoh
Tidak ada yang tahu apa arti hidup ini, dan itu tidak masalah. Jelajahi dunia. Hampir semuanya benar-benar menarik jika Anda menelitinya lebih dalam.

 2. Daniel J. Boorstin

Rintangan terbesar bagi penemuan bukanlah ketidaktahuan, tapi ilusi pengetahuan.
Pendidikan adalah mempelajari apa yang Anda bahkan tidak tahu Anda tidak tahu. 
Merdeka berarti kesempatan untuk menjadi apa yang tidak pernah kita pikirkan.

 3. Carl Sagan

Nitrogen dalam DNA kita, kalsium di gigi kita, zat besi dalam darah kita, karbon di dalam daging kita dibuat di dalam interior bintang-bintang yang runtuh. Kita terbuat dari materi bintang.
Di suatu tempat, sesuatu yang luar biasa menunggu untuk diketahui.
Klaim luar biasa membutuhkan bukti luar biasa pula. 
Siapa yang lebih rendah hati? Ilmuwan yang memandang alam semesta dengan pikiran terbuka dan menerima apa pun yang diajarkan alam semesta kepadanya, atau seseorang yang mengatakan segala sesuatu dalam buku ini harus dianggap sebagai kebenaran literal dan tidak peduli dengan kesalahan semua manusia yang terlibat? 
Kosmos ada di dalam diri kita. Kita terbuat dari materi bintang. Kita adalah jalan bagi alam semesta untuk mengenali dirinya sendiri.
Saya tidak ingin percaya. Saya ingin tahu.
Sains lebih banyak ke cara berpikir daripada isi pengetahuannya. 

 4. Richard Dawkins

Kita akan mati, dan itu membuat kita yang beruntung. Kebanyakan orang tidak akan pernah mati karena mereka tidak akan pernah dilahirkan.
Agama adalah tentang mengubah kepercayaan yang tidak teruji menjadi kebenaran yang tak tergoyahkan melalui kekuatan institusi dan berjalannya waktu.
Ada puisi nyata di dunia nyata. Sains adalah puisi realitas.
Saya menentang agama karena mengajarkan kita untuk puas dengan tidak memahami dunia.
Seleksi alam tidak akan menghilangkan kebodohan dari generasi mendatang.
Biologi adalah studi tentang hal-hal rumit yang memiliki penampilan yang telah dirancang dengan suatu tujuan. 
Teori evolusi melalui seleksi alam kumulatif adalah satu-satunya teori yang pada prinsipnya mampu menjelaskan keberadaan kompleksitas yang terorganisir.

5. Neil d'Tyson

Hal baik tentang sains adalah sains tetap benar, tidak peduli apakah Anda memercayainya atau tidak.
Kita semua terhubung, satu sama lain, secara biologis. Terhubung ke bumi, secara kimiawi dan ke seluruh alam semesta secara atomik.
Banyak orang merasa kecil, karena mereka kecil dan Semesta besar, tetapi saya merasa besar, karena atom saya berasal dari bintang-bintang itu. 

6. Lawrence M Kraus

Tujuan pendidikan bukan untuk membuktikan ketidaktahuan tetapi untuk mengatasinya
Lupakan Yesus, bintang-bintang telah mati sehingga Anda bisa dilahirkan.
Kenyataan tidak membuat kita merasa nyaman.
Kita harus memberikan makna alam semesta dalam arti hidup kita sendiri. Jadi saya pikir sains tidak harus menghalangi pemenuhan spiritual.
Ilusi tujuan dan desain mungkin adalah ilusi paling luas tentang alam yang harus dihadapi sains setiap hari. 

7. Stephen Hawking

Kita berada dalam bahaya yang menghancurkan diri kita sendiri oleh keserakahan dan kebodohan kita. Kita tidak bisa tetap melihat ke dalam diri kita sendiri di planet kecil yang semakin tercemar dan penuh sesak.
Kita hanyalah keturunan monyet cerdas di sebuah planet kecil pada sebuah bintang yang sangat biasa. Tapi kita bisa mengerti Semesta. Itulah membuat kita menjadi sesuatu yang sangat istimewa.
Kecerdasan adalah kemampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan.
Lihatlah bintang-bintang dan jangan ke bawah kaki Anda. Cobalah untuk memahami apa yang Anda lihat, dan bertanya-tanya tentang apa yang membuat alam semesta ada. Penasaranlah. 
Demikian beberapa kata-kata bijak ilmuwan semoga mengingspirasi kita, dan membuat kita semangat dalam menjalani hidup ini.

Baca juga Film Dokumenter Sains Terbaik Sepanjang Masa

0 Response to "Kumpulan Kata-Kata Bijak dari Para Ilmuwan yang Menginspirasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel