Adsense

Cara Menghilangkan Efek Vignet di Photoshop

Vignet merupakan gradasi warna gelap yang mengarah ke 4 sudut foto. Akibat efek ini setiap pojok dan pinggir akan lebih hitam dari yang di tengah seperti efek gradasi elips. Vignet bagus bila disengaja untuk memberikan kesan klasik dan menggambarkan kenangan masa lalu atau mimpi. Tapi hal itu berbeda dengan kasus vignet yang tidak disengaja, seperti akibat rusaknya sensor foto DSLR atau tipe foto lainnya. Tentu gambar yang awalnya bagus menjadi sedikit jelek akibat efek ini, tidak sesuai dengan hasil yang diinginkan. Semakin kesal bila efek ini terjadi terus-terusan, dan setiap foto berefek vignet.

Nah pasti kamu sedang mencari solusi atas permasalahan diatas. Untuk itu disini akan saya beberkan cara memperbaiki foto vignet dengan photoshop, dalam tutorial ini saya menggunakan photoshop CS4. Saya tidak menjamin kesamaan hasil dan pada photoshop versi dibawahnya atau diatasnya. Mungkin hanya perbedaan fitur sedikit.

Langsung saja kita mulai tutorialnya:

1. Pertama-tama buka foto yang terkena efek vignet di Photoshop. Pilih menu File > Open


2. Kalau sudah kebuka, langsung saja ke menu Filter > Distort > Lens Correction...

lens correction

3. Kamu akan melihat munculnya window Lens Correction... seperti dibawah ini.


Karena efek fiknet pada kasus saya berwarna hitam, maka saya tarik tuas slider Amount di Vignette grup ke arah kanan. Untuk menyempurnakannya kamu bisa coba geser slider midpoint hingga tingkat kecerahan sesuai dan merata.

4. Setelah semua selesai kamu tinggal klik OK. Maka hasilnya akan langsung diaplikasikan ke gambar asli.

hilang

Jika efek vignetmu sangat parah atau sangat gelap, kamu bisa mengulangi lagi ke step ke 2 hingga vignet.

Gimana gampang kan, sekarang tinggal kamu save as ke jpg png atau ke format apapun sesukamu. 

Sebenarnya Lens Corection tidak hanya digunakan untuk mengatasi efek vignet saja, tetapi juga efek Chromatic Aberration akibat foto dari teropong, mikroskop atau perangkat lensa lain. Remove distortion untuk menghilangkan efek mata ikan / cembung seperti hasil kamera cctv atau kamera action Go Pro. Transform untuk efek putaran dan perspektif 3d. Tinggal gesar geser slider dan lihat hasilnya.

Demikian tutorial singkat ini semoga bermanfaat. Happy Design!!

0 Response to "Cara Menghilangkan Efek Vignet di Photoshop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel