Mencari Pekerjaan di Luar Negeri dengan LinkedIn

linked in

LinkedIn merupakan media sosial yang diperuntukkan untuk para profesional. Pertamakali diluncurkan tahun 2002 oleh para pendirinya antara lain Jean-Luc Vaillant, Eric Ly, Konstantin Guericke, Reid Hoffman, Allen Blue. Sebagian orang disini adalah seorang pencari kerja dan yang sedang menawarkan kerja. Setiap profil berisi segala bentuk pengalaman, bidang keahlian, riwayat pendidikan, pekerjaan, portofolio dll. Hal ini menjadikan profil sebagai bagian vital dalam akun LinkedIn. Setiap hrd yang menyeleksi calon pegawai pasti memperhatikan profil dengan teliti, bila profil itu menarik dan profesional pasti dilirik, beda dengan yang profilnya berantakan dan gak jelas. Untuk itu profil harus di utamakan baik dari segi penampilan dan isi, usahakan jelas dan bersifat menjual. Nantinya profilmu bisa jadi lamaran saat mencari kerja di LinkedIn.

Nah jika kamu sedang ingin mencari kerja gak usah pontang-panting sana sini, cukup daftar LinkedIn dan buat resume sebaik-baiknya. Tinggal klik akan muncul berbagai jenis pekerjaan yang menungu untuk dilamar. Gak hanya dalam negeri lho, LinkedIn mencangkup pekerjaan di seluruh dunia. Bayangkan jika kamu diterima pekerjaan di luar negeri hanya modal hp dan internet dirumah, hebat bukan?

Jika kamu sudah daftar, akan saya paparkan caranya mendapatkan pekerjaan di luar negeri dari LinkedIn.

1. Login ke akun LinkedIn kalian. Silahkan pencet tombol Jobs, di menu paling atas. Lihat yang saya tandai merah.


2. Maka akan tampil halaman yang berisi form pencarian dan rekomendasi pekerjaan dari LinkedIn. Pada input field Search Job masukkan kata kunci pekerjaan yang kamu inginkan, lalu pada Search Location tentukan lokasi pekerjaan yang kamu inginkan entah itu di Indonesia, negara tertentu atau Worldwide (seluruh dunia) atau remote (kerja dari rumah).


3. Jika sudah tekan tombol Search, akan muncul list pekerjaan berdasarkan preferensi yang telah kamu tentukan tadi. Silahkan pilih mana yang cocok menurutmu, jika sudah langsung saja klik tombol Apply Biasanya tombol ini akan mengarahkan ke halaman baru website external jadi tidak langsung melamar dari linkedin melainkan dari luar. Jika kamu ingin langsung melamar dari linkedin, langsung saja ke step berikutnya.

linkedin aplly

4. Linkedin memiliki 2 opsi untuk melamar, yaitu Apply dan Easy Apply. Fitur ini ditentukan sendiri oleh perusahaan pencari kerja. Nah saya sarankan cari yang Easy Apply, tidak perlu ribet di website external, tinggal klik dari website LinkedIn. Caranya mencarinya mudah, tinggal centang Easy Apply di menu dropdown LinkedIn Features lalu klik Apply. Lihat gambar dibawah ini!

Easy Apply lamaran kerja

5. Muncullah berbagai lowongan pekerjaan yang bisa kamu lamar langsung dari LinkedIn.

easy aplly

Langsung saja kamu klik Easy Apply, dan akan muncul jendela baru seperti ini.

easy apply fromulir

Slahkan pilih email dan masukkan nomor teleponmu pada field yang tersedia. Jangan lupa Upload resume sebaik-baiknya cari template resume yang telah didesain berformat pdf atau docx, download saja template resume yang banyak tersebar di belantara Internet. Setelah semua selesai tinggal pencet tombul Submit Application.

Cukup mudah kan mencari dan melamar pekerjaan, kita tidak usah pontang-panting sana-sini menghabiskan bensin belum tentu juga lamarannya diterima. Jujur saja saya baru menggunakan LinkedIn dan belum diterima di perusahaan apapun hehehe. Tapi saya percaya jika kita berusaha pasti ada jalan. Selamat berjuang semoga sukses!!!.

Baca juga Cara Mendaftar Investasi Reksadana di Aplikasi Bibit dan Dapat Cashback 50.000

0 Response to "Mencari Pekerjaan di Luar Negeri dengan LinkedIn"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel