Daftar Roket Antariksa yang Pernah Diluncurkan dari yang Terkecil Hingga Terbesar

Sebagian dari kita mungkin pernah menyalakan kembang api atau petasan yang meluncur ke atas seperti roket. Itulah roket yang sekala kecil yang murah meriah untuk diluncurkan. Tapi kali ini kita akan membahas roket raksasa yang biasa digunakan untuk penelitian antariksa. Tentunya bukan roket murahan, tapi roket milyaran yang membutuhkan waktu lama dalam pembuatannya. Dalam hal roket meroket, NASA dan SpaceX adalah yang paling populer. Mereka telah meluncurkan banyak roket baik secara komersil atau untuk sains. Banyak organisasi atau lembaga-lembaga komunikasi menggunakan jasa mereka untuk mengorbitkan satellit buatannya. Sudah banyak roket yang diluncurkan dalam sejarah manusia, baik itu dari Amerika, Rusia, Cina, India, Jepang dan negara-negara maju lainnya. Sehingga tak bisa dihindari lagi sampah antariksa yang mengorbit hingga puluhan ribu puing banyaknya. Ada banyak variasi roket dan ukurannya, tergantung penggunaanya apakah untuk mengangkut barang berat atau ringan. Marilah kita tengok roket-roket terkenal yang pernah diluncurkan umat manusia mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar.

1. SS-520-5

SS-520-5 roket terkecil di dunia

Ini adalah roket orbit terkecil yang pernah diluncurkan, dan telah memecahkan Guiness World of Record Sebagai Smallest Orbital Rocket. Tapi roket ini bukan dari Paman Sam, tapi buatan Negeri Sakura alias Jepang. Organisasi pembuat roket ini adalah JAXA (Japan Areospace Exploration Agency). Roket dengan panjang 9,7 meter dan diameter 52 cm ini telah berhasil mengangkat satelit TRICOM-1R dan 3U CubeSat pada 3 Februari 2018 silam pada orbitnya. Benar-benar prestasi yang membanggakan untuk Jepang.

 2. Falcon Heavy

Falcon Heavy Rocket

Falcon Heavy adalah roket terbesar yang pernah diluncurkan SpaceX. Roket ini berasal dari penggabungan roket Falcon 9 ke dalam beberapa tahap yang bisa memuat beberapa muatan yang sangat berat. Pada 6 Februari 2018, roket Falcon Heavy pertama kali diluncurkan dengan membawa mobil Tesla Roadster. Kelebihan dari roket Falcon Heavy adalah bahwa roket ini dapat mendarat dan digunakan ulang, sehingga dapat menekan jumlah sampah antariksa yang mengorbit di Planet Bumi. Bahkan salah satu roket berhasil mendarat di laut, sangat luar biasa.

3. Long March 5

long march

Roket ini datang dari negeri tirai bambu, roket yang memiliki panjang 57 meter ini menjadi salah satu roket kebanggaan Negara China karena mampu menerbangkan beban hingga 25 ton kedalam orbit terendah (LEO), dan 14 ton ke dalam orbit GTO. Roket ini dibuat oleh organisasi China yang bernama China Academy of Launch Vehicle Technology (CALT) dan sudah diterbangkan pertamakali pada tanggal 3 November 2019. Konon roket ini menyamai kekuatan roket Delta IV Heavy milik Amerika.

4. N1 

roket n1

Rusia sebagai negara maju tidak mau kalah dengan negara lainnya, negara yang dulunya dinamakan Uni Sovyet pernah membuat salah satu roket terkuat di planet bumi yang bernama N1. Roket ini merupakan pesaing terberat dari roket Saturn V yang pernah mendaratkan manusia di bulan. Saking kuatnya roket ini dijuluki super heavy-lift launch vehicle yang bisa digunakan untuk mengorbitkan beban hingga 23 ton diatas orbit terendah Bumi.

5. Saturn V

roket saturn v

Saturn V merupakan roket terbesar yang pernah meluncur di Planet Bumi. Roket inilah yang juga telah menerbangkan manusia ke Bulan (Neil Armstrong, Michael Colline dan Buzz Aldrin). Ketinggian roket ini mencapai 110 meter dengan massa hingga 3000 ton, walau roketnya saja berat tapi mampu membawa beban hingga 50 ton ke bulan. NASA membuat roket saturn V untuk Misi Appolo dan Skylab, tapi dalam pembuatannya NASA bekerja sama dengan Boeing, North America Aviation, dan Douglas.

6. StarShip

starship

Inilah roket masa depan yang sedang di kembangkan SpaceX dalam misi ke Panet Mars. Starship masuk dalam projek BFR (Big Falcon Rocket) didanai sendiri oleh Elon Musk yang tidak lain tidak bukan adalah CEO SpaceX sendiri. Trasnportasi ini diklaim mampu membawa beban minimal 150 ton ke orbit Bumi. Selain berfungsi untuk ke Mars, Starship juga akan digunakan sebagai Transportasi ke Bulan, antar Planet, antar benua dan juga untuk wisata luar angkasa. Peluncuran pertama ke orbit akan dilaksanakan tahun 2020 sedangkan peluncuran ke bulan akan dilaksanakan tahun 2023.

Baca juga Review Teropong Binokuler Bushnell Powerview 10-70x70

0 Response to "Daftar Roket Antariksa yang Pernah Diluncurkan dari yang Terkecil Hingga Terbesar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel