Cara Mengetahui Posisi Planet, Bulan, Bintang dengan Mudah

Ketika melihat ke langit di malam hari kita pasti disuguhkan oleh gemerlap bintang dan bulan. Orang awam pasti mengira semua objek titik-titik dilangit malam itu bintang, tapi sebagai astronomer kita wajib mengetahui dan harus bisa membedakan mana bintang dan mana planet. Pada pelajaran sekolah, mungkin pernah dibahas bahwa yang berkedip adalah bintang dan yang tidak adalah planet namun itu juga tidak benar karena tergantung kondisi atmosfer. Mungkin kita hanya tahu letak Venus yang sebagi bintang paling terang yang muncul di pagi dan sore hari. Padahal masih banyak planet dan objek lain yang menarik diobservasi menggunakan teleskop. Lalu bagaimana cara mengetahi objek planet dengan mudah?

Ada 2 cara yang akan saya share disini, yang pertama diperuntukkan bagi penguna pc atau laptop. Syaratnya harus memiliki koneksi internet ya... Langsung saja kunjungi situs ini https://in-the-sky.org/skymap.php disitu akan menampilkan map langit di lokasi dan waktumu sekarang, otomatis terdeteksi berdasarkan ip-mu. Ada banyak fitur disana, kamu bisa mengaturnya sendiri baik tanggal, jam , magnitude, setingan display bahkan bisa ekspor gambar ke png. Fiturnya cukup memanjakan para astronomer, tinggal otak-atik sesuai selera.

Screenshot:

Cara yang kedua diperuntukan para pengguna smartphone android dan IOS. Caranya cukup instal aplikasi Stellarium bisa kamu download di Playstore atau di iTunes. Tapi jika mendownload dari situs tersebut akan dikenakan biaya 34000 rupiah, klo kamu orang kaya sih oke oke saja, tapi kalo gembel seperti saya mending download yang udah digratiskan. Memang sih illegal, tapi kalo ada yang gratis kenapa mesti bayar? hehehe. Langsung saja nih download stelarium gratis disini

Jika hpmu canggih dan mendukung gyroskopik, maka otomatis aplikasi akan menyesuaikan gambar langit sesuai posisi hpmu. Misal kamu mengarahkan hpmu ke langit, atau arahkan ke tanah otomatis kita akan menyesuaikan dengan map yang sebenarnya jadi serasa seperti punya hp tembus pandang hehe. Kamu bisa zoom juga lho bahkan bisa sampai ke permukaan planet dan nebula, seperti menerpong pakai teleskop hubble. Rasi bintangnya juga lengkap dan bisa diaktifkan dan dinonaktifkan sesuka hati, ada juga objek sperti ufo yang sliweran, tapi itu satelit ya. Pokoknya keren deh aplikasi ini, aplikasi nomor satu untuk astronomi lewat hp.

Ini penampakannya...


Cukup mudah bukan, sekarang kita bisa mengetahui objek langit dan tinggal mengarahkan teropong kita ke objek tersebut. Jika kamu belum punya teleskop dan bingung ingin beli teleskop apa, silahkan cek artikel saya tentang Tips Membeli Teropong untuk Astronomi atau jika ingin cari harga yang murah bisa cek teropong ini Rekomendasi Teleskop dengan Harga Dibawah 1 Juta

Demikian artikel tentang cara mengetahui objek langit, jangan ragu untuk mendalami ilmu astronomi. Karena menatap kelangit sama saja menatap diri kita sendiri, karena kita terbuat dari debu bintang. Kita adalah kesadaran alam semesta, masih banyak misteri yang tidak kita tahu tentang diri kita sendiri. 

0 Response to "Cara Mengetahui Posisi Planet, Bulan, Bintang dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel