Rekomendasi Teleskop dengan Harga Dibawah 1 Juta

Jika kita mendengar teleskop pasti lansung terfikir harga yang mahal, membuat kita sulit untuk memilikinya tertutama bagi mereka yang berkantong tipis. Padahal ada banyak teleskop diluar sana yang menawarkan harga yang murah dan berkualitas. Tapi tentunya fiturnya lebih sedikit dibandingkan teleskop yang lebih mahal. Namun tidak ada salahnya mencoba yang murah dulu sebelum upgrade ke yang mahal. Teleskop murah ini cukup mampu untuk meneropong kawah Bulan, dan planet besar, seperti Jupiter dan Saturnus, dan juga bintang redup. Harga yang ditawarkanpun murah hanya dibawah 1 juta, berikut daftarnya:

1. Teleskop F36050M

teleskop murah

Teleskop murah ini cukup untuk melihat benda langit yang terang, objek darat, burung, dan melihat tetangga sebelah. Harganya hanya 200-300rb-an, sangat murah meriah, cocok bagi anak-anak dan pemula yang baru mengenal astronomi. Teleskop refraksi ini memiliki diameter lensa 5,08cm dan focal length 36 cm, kekuatannya zoomnya lumayan dan gambarnya jernih.

Selain itu teleskop bintang ini dilengkapi dengan tripod yang stabil dan kokoh. Dengan membeli teleskop ini Anda akan mendapatkan lensa okuler alias eyepiece dengan focal 6mm dan 20mm. Jika ingin mendapatkan 18 kali zoom gunakan yang 20mm, jika ingin lebih detail lagi gunakan yang 6mm, perbesarannya akan mencapai 60 kali. Tertarik? teleskop ini bisa kamu beli di toko2 online Indonesia.

2 | Teleskop F30070M

teleskop murah

Overal teleskop ini wujudnya hampir sama dengan yang sebelumnya. Tapi, kalau yang satu ini focal length-nya agak rendah yaitu 30 cm, namun kelebihannya adalah apperture yang lebih besar, mencapai 70 mm. Dengan apperture yang besar akan banyak cahaya yang masuk sehingga gambar lebih cerah dan jelas. Sangat cocok untuk melihat gugus bintang, dan kawah bulan dengan jelas dan sudut pandang yang luas. Juga cocok untuk astrofotografi level menengah.

Teleskop ini sudah dilengkapi eyepiece 20mm dan 6 mm. Jika kalian menggunakan 20 mm maka perbesaran yang dihasilkan adalah 15 kali dan jika menggunakan 6 mm maka perbesarannya menjadi 50 kali. Walau perbesarannya lebih kecil, lensa yang besar membuat gambar yang dihasilkan sangat jelas dan kontras. Teleskop ini juga tersedia di toko-toko online indonesia dengan harga sekitar 300-400 ribuan.

3 | Teleskop F70060

tele murah

Dengan body yang ramping dan panjang, teleskop yang satu ini menawarkan pengalaman meneropong yang lebih jauh. Bayangkan, dengan focal length sepanjang 70 cm, pastinya pembesaran yang dihasilkan jauh lebih besar dari yang sebelumnya. Dengan eyepiece 20 mm saja bisa menghasilkan perbesaran 35 kali (700/20=35), apalagi dengan eyepiece yang lebih kecil. Kabar baiknya teleskop ini dilengkapi 3 eyepiece 20, 12,5, dan 4 mm. Jika kalian menggunakan eyepiece 4 mm perbesarannya mencapai 175 kali, sangat seru untuk menelusuri alien dipermukaan bulan, hehehe.

Tidak hanya astronomi saja, teleskop ini juga cocok untuk mengamati objek terrestrial atau objek daratan, seperti meneropong gunung, mengamat burung dan lain-lain. Dengan budget 500rb kalian sudah bisa mendapatkan teleskop ini dan kembaliannya. Langsung saja nih saya kasih link produk dari tokopedia.

4 | Teleskop Reflektor

reflektor

Teleskop reflektor merupakan teleskop yang lensanya berupa cermin cekung. Disebut juga teleskop newtonian karena ditemukan oleh Sir Issac Newton. Cahaya yang masuk akan dikumpulkan oleh cermin cekung di belakang teleskop dan dipantulkan ke eyepiece yang terletak di depan telekop dengan bantuan cermin datar di tengahnya. Entah merek teleskop apa ini, karena saya menemukan ini dari tokopedia, disana juga tidak tercantum merek, hanya spesifikasi saja. Jika kalian ingin melihat spesifikasi lengkapnya klik tautan ini. Kelebihan teleskop refelktor adalah apperturnya yang besar dengan harga yang lebih murah dibanding refraktor dengan apperture yang sama. Sehingga gambar yang dihasilkan lebih jelas dan mampu melihat objek yang redup di langit seperti nebula dan cluster. Harganya hanya 700 ribuan, buruan beli sebelum kehabisan.

5 | Cari Sendiri

Sebenarnya masih banyak lagi teleskop dibawah 1 juta, tapi harga tetap berbicara. Jika kalian hanya ingin coba-coba teleskop diatas bisa menjadi pilihan. Namun jika kalian ingin serius menggeluti dunia astronomi, carilah teleskop yang lebih berkualitas dan mahal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel