Cara Mencari Nama Font Dengan Mudah dan Akurat

Mungkin sebagian dari kita pernah terfikir atau penasar sebenarnya font yang kita lihat itu namanya apa, supaya nanti bisa dicari dan download di internet. Tentunya tidak mungkin seorang desainer menghafalkan dan mengenali ribuan font yang tersedia di belantara internet. Dibutuhkan cara yang mudah dan efektif supaya dapat menemukan font yang mirip dengan apa yang kita lihat. Ada berbagai cara untuk menemukan font, baik itu secara manual dan otomatis. Dan yang saya bagikan ini adalah cara menemukan nama font dengan cara mendeteksi bentuk font pada gambar. Beberapa situs font telah dilengkapi fitur untuk pencari font. Untuk lebih jelasnya silahkan simak caranya dibawah ini.

1 | MyFont

Kita tahu myfont adalah marketplace paling rame dan lengkap dalam masalah font. Kabar baiknya situs ini juga terdapat fitur pencarian font berdasarkan gambar font. Di situs ini kemungkinan hasilnya dapat akurat karena koleksi font disini lumayan lengkap baik itu yang berbayar dan gratis. Setidaknya kamu tahu nama font sebelum mencari di situs lain yang meungkin menyediakannya secara gratis.
Langsung saja, caranya kunjungi situs https://www.myfonts.com/WhatTheFont/ disana kamu akan menemui tampilan kotak yang berfungsi untuk mengupload gambar yang berisi font, misalnya seperti ini. Pastikan gambar hitam dan putih dengan kontras yang jelas.
Setelah itu upload di kotak yang disediakan dengan menyeret atau mengklik upload image. Stelah itu crop salah satu font yang ada misalnya huruf "a" seperti screenshot dibawah ini:

Jika sudah maka silahkan klik tombol panah biru, lalu dalam sekejab akan muncul pilihan font yang match dengan bentuk huruf yang dicrop tersebut.



Hasilnya cukup akurat dan persis seperti yang diharapkan, jika kamu scroll dibawah maka akan ada banyak font yang mirip yang bisa kamu jadikan koleksi tambahan. Kamu bisa langsung membelinya atau mencari yang gratis di situs lain.

2 | Fontsquirrel

Situs font squirel merupakan situs kedua paling banyak koleksinya, situs ini juga memiliki fitur pencarian nama font. Overall cara pencariannya juga sama dengan di situs myfonts.com, kita harus upload gambar crop salah satu huruf dan selanjutnya kita harus memberikan nuliskan huruf apa yang ada di gambar. Langsung saja kunjungi situsnya di link ini https://www.fontsquirrel.com/matcherator Lalu upload image dan jangan lupa crop salah satu hurufnya, setelah itu masukkan huruf yang dicrop seperti gambar dibawah ini:

fontsquirrel

Setelah itu tinggal klik tombol matcherate it!, Scroll ke bawah maka font akan langsung ketemu dengan cepat dan akurat.

3 | identifont

Situs ini cukup mudah digunakan dalam mencari font, kita hanya akan dihadapkan oleh pertanyaan-pertanyan mengenai font yang kita cari, tanpa repot upload gambar seperti yang sebelum-sebelumnya. Ada 5 jalan dalam mengidentifikasi font disana, yakni, berdasarkan bentuk, nama, kesamaan, gambar, dan desainer font itu. Jika bingung langsung saja kamu kunjungi situsnya melalui url ini: http://www.identifont.com/ 

4 | Whatfontis

Website ini cukup terkenal dikalangan desainer karena menawarkan kemudahan dalam mencari font, saya sendiri dulu sering menggunakan ini saat galau mencari nama font. Kita tinggal upload gambar yang berisi text saja seperti yang tadi. Lalu akan tampil huruf huruf yang dipisah, dan kita harus menamai huruf tersebut seperti fontsquirell, lihat gambar dibawah ini.

what font is

Setelah memasukkan alfabet pada gambar langsung klik continue, otomatis akan ketemu list dari beberapa font yang mirip. Biasanya sumber fontnya dari berbagai situs dan kebanyakan disini font yang tampil bersifat gratis sehingga digemari desainer yang suka font gratisan. Kelebihan dari situs ini kita tidak usah crop satu huruf, karena mesin otomatis mendeteksi font dan mengcropnya secara cepat. Langsung saja meluncur ke situsny https://www.whatfontis.com

Demikian beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mencari font, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mencari Nama Font Dengan Mudah dan Akurat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel