Tips & Trik Memenangkan Kontes di Designcrowd



Designcrowd adalah sebuah crowdsourcing di bidang desain grafis, yang artinya semua servis desain grafis akan dilakukan secara massal oleh orang-orang yang terdaftar dalam situs tersebut. Biasanya akan berupa kontes yang diikuti oleh banyak peserta, dan mereka memperebutkan hadiah dari seorang Contest Holder alias pemegang kontes. Contest Holder atau disebut juga CH akan memilih sesuai keinginannya mana yang menurutnya cocok untuk perusahaannya. Hadiah yang ditawarkanpun tidak sedikit, rata-rata selalu melebihi satu juta karena berupa dollar.

Nah begitu juga dengan designcrowd, jika kalian sudah pernah berkecimpung di dunia kontes 99design, tentunya pernah mendengar dan mengikuti sebuah kontes disana. Walaupun hadiahnya terbilang rata-rata lebih rendah dari 99designs, namun banyak kelebihan yang ditawarkan oleh designcrowd yang tentunya dapat menjadi alternatif bagi kamu yang lagi mencari peluang baru, atau sekedar bosen menunggu level entry di 99designs yang tidak kunjung naik, hehehe.

Apasaja kelebihan designcrowd?
  • Kontes selalu blind, artinya setiap desain tidak bisa saling melirik satu-sama lain, menjaga kreatifitas dan ide tetap aman tidak dicuri designer lain.
  • Proses withdraw yang cepat dan otomatis, menurut pengalaman saya mereka membayar dengan cepat yakni maksimal 2x24 jam, berbeda dari 99designs yang butuh waktu 5-6 hari kerja sebelum landing ke paypal.
  • Terdapat kontes yang memasang participation payment, cukup lumayan bila desain kalian dipilih untuk mendapatkan participation payment, bisanya berlaku untuk 3 desainer yang akan mendapatkan $10 tiap orang.
  • Terdapat Achievements, semacam penghargaan untuk menambah semangat desainer.
  • Banyak kontes, karena hadiah yang murah tentu banyak orang memilih mengadakan kontes disini.
Kekurangannya?
  • Banyak fee, feenya bisa mencapai 15%, misalnya dari awalnya dapat $10 payoutnya hanya dapat $8.50.
  • Situsnya kurang user friendly, bagi kamu yang sudah terbiasa dengan 99designs pasti agak ribet pakai situs ini. Tapi jika sudah terbiasa semua itu bukan masalah.
  • Hadiah yang kecil, untuk logo antara $80-$300 sangat tidak direkomendasikan bagi orang yang ingin cepat kaya.

Oke, jika sudah tahu kelebihan dan kekurangannya sekarang akan saya kasih tahu, trik memenangkan kontes di Designcrowd.

  1. Submit entry pada kontes yang masih 0 entries, yang artinya masih belum ada yang submit, biasanya kontes ini baru dimulai. Peluang diberi feedback lebih besar dan CH pasti menghargai yang pertama submit.
  2. Cari kontes yang non guaranteed. Walau tidak terjamin kadang mereka akan meng-award pemenang yang desainnya cocok. Jujur saya juga sebagian besar dapat dari non guaranteed contest. Jadi anggap saja membantu sesama, jika di refund tinggal kamu withdraw desainmu.
  3. Cari kontes yang ber-timeline 1 day, artinya ch butuh desain dengan cepat, saat itu juga kamu harus segera submit supaya beroleh peluang menang. Jika kamu ikut yang 7 days tentunya sangat lama menunggu pemilihan pemenang.
  4. Responsive dan submit revisi dengan cepat, semakin tanggap desainer, maka CH akan semakin percaya kepada kesungguhan kalian, dan menganggap kalian profesional.
  5. Cari kontes yang memiliki participation payment, lumayan jika kecipratan rejeki ini. Walau sedikit tapi lama-lama bisa menjadi bukit.
  6. Cari kontes dengan brief yang kurang lengkap atau sedikit. Brief tidak selalu menjadi jalan yang benar, kadang brief yang panjang lebar dan kita perhatikan dengan sungguh-sungguh malah menipu, dan CH memilih desain diluar brief.
  7. Buat desain yang simple dan bersih, boleh ditambahkan mockup jika perlu. Rugi waktu jika buat desain rumit yang pada akhirnya hanya bisa ikut sedikit kontes. Tapi boleh juga bila kalian memiliki waktu yang sangat banyak.
Oke demikian tips dan trik yang bisa kamu jadikan cara memenangkan kontes di Designcrowd, sabar dan lakukan dengan sepenuh hati dan pasti suatu saat kamu akan mendapat email berjudul ... selected your design.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel