Adsense

Font dan Warna Terbaik untuk Perusahaan Keuangan yang Dapat Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

font dan warna

Apakah Anda merasa bingung menentukan warna dan font terbaik untuk digunakan pada desain perusahaan keuangan atau industri jasa keuangan? Mungkin, karena Anda pernah mendengar bahwa warna berpengaruh besar untukpeningkatan kepercayaan calon nasabah hingga akhirnya mau melanjutkan transaksi keuangan atau tidak.

Ya, yang Anda dengar memang benar adanya. Tak salah lagi! Warna memang mampu mempengaruhi kesan sesorang terhadap merek bisnis dalam hal ini perusahaan keuangan dan juga membantu konsumen dalam pengambilan keputusan.

Ditambah lagi dengan kombinasi font yang tepat, Tanpa disadari, keduanya dapat memperkuat identitas merek perusahaan keuangan dan berdampak langsung pada bertambahnya jumlah nasabah atau pelanggan.

Lalu pertanyaannya, font dan warna apa saja yang bisa meningkatkan kepercayaan konsumen dan juga menegaskan identitas perusahaan keuangan di mata konsumen? Tenang, Anda datang ke artikel yang tepat. Artikel ini akan mengupasnya sampai tuntas. Baca sampai habis ya! 

Warna Terbaik untuk Perusahaan Keuangan

Perusahaan keuangan adalah suatu badan usaha yang menawarkan jasa di bidang keuangan dengan menghimpun dana dari masyarakat dan menggunakannya dalam bentuk aset keuangan lain.

Perusahaan keuangan mencakup berbagai operasi bisnis dalam sektor jasa keuangan termasuk bank, perusahaan perwalian, perusahaan asuransi, perusahaan pialang dan pedagang investasi.

Di Indonesia lembaga keuangan ini dibagi kedalam 2 kelompok yaitu lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan bukan bank (asuransi, pegadaian, dana pensiun, reksa dana dan bursa efek). 

Nah dalam konteks desain, lembaga-lembaga tersebut umumnya menggunakan warna tegas untuk membangun rasa kepercayaan dan keandalan. Mengingat besarnya peran perusahaan keuangan dalam pembangunan dan investasi, sudah barang  tentu kepercayaan adalah yang utama. Harus dikomunikasikan pada konsumen agar mereka tak ragu melakukan transaksi.

Perusahaan keuangan ternama juga konsistensi  dalam penggunaan warna. Biasanya satu warna akan dipilih sebagai warna utama atau dominan, lalu dipasangkan dengan warna sekunder untuk membantu menonjolkan logo. Contohnya bisa Anda lihat pada logo OCBC dan DBS Bank.

Meskipun kedua bank menggunakan warna merah sebagai warna utamanya, warna merah di DBS dipadukan dengan warna hitam untuk menunjukkan kekuatan dan agresi. Sementara itu, OCBC bermain dengan warna putih untuk menciptakan kontras dan mempertegas bagian merah pada logonya.

Warna lain yang juga umum digunakan oleh perbankan dan perusahaan keuangan adalah biru, hitam dan merah. Menurut psikologi warna ketiga warna ini mengandung makna sebagai berikut.

Biru

Melambangkan kesetiaan, profesionalisme dan kepercayaan. Warna logo biru digunakan oleh banyak bank, diantaranya Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri dan juga Bank Central Asia (Bank BCA). Contohnya lainnya dapat dilihat pada logo jasa asuransi Prudential dan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Hitam

Warna ini menandakan ambisi dan keamanan. Contohnya pada logo Maybank.

Merah

Menunjukkan kekuatan dan optimisme. Contohnya Asuransi Sinarmas dan bank CIMB Niaga.

Warna-warna tersebut sering dipasangkan dengan warna yang mampu memberikan keseimbangan dan kontras seperti warna hijau, oranye dan kuning, sehingga memungkinkan merek menjangkau target konsumenyang lebih luas. Penggunaaan kombinasi warna oranye bisa Anda lihat di logo Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Danamon.  

Warna yang Sebaiknya Dihindari Perusahaan Keuangan

Di sisi lain, ada beberapa warna yang dihindari industri keuangan, sehingga jarang digunakan oleh perusahaan keuangan, diantaranya sebagai berikut.

Pink dan Ungu

Kedua warna ini dianggap menunjukkan kelembutan dan kurang kuat.

Coklat

Warna ini menggambarkan kepribadian pasif. 

Font Terbaik untuk Perusahaan Keuangan

Sama halnya dengan warna, Industri jasa keuangan biasanya juga mencari font merek dapat menggambarkan profesionalitas dan keandalan. Namun yang lebih modern dan palet warna baru.

Mereka ingin konsumen maupun calon konsumen tahu bahwa meskipun lembaga keuangan mungkin sudah ada sejak lama, tapi mereka tidak kuno. Justru karena sudah ada sejak lama membuat mereka sangat professional dalam menjalankan bisnisnya. Bahkan bisnis keuangan  juga mampu mengikuti jaman dan dinamis.

Font sans serif dengan kepribadian modern yang memproyeksikan kekuatan, keandalan serta stabilitas (seperti Montserrat, Futura Medium dan Overpass) dan font Sans Serif dengan kepribadian yang kuat (seperti Arsenal) umumnya digunakan dalam industri jasa keuangan. Font dengan tepi tajam dan karakter yang lebih kuat juga lebih disukai. 

Font yang yang Sebaiknya Dihindari Perusahaan Keuangan

Berikut font yang sebaiknya tidak digunakan oleh perusahaan keuangan. Agar pesan yang dikomunikasikan pada audiens tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang dijunjung oleh perusahaan keuangan. 

  • Font Sans Serif yang 'Bulat' seperti Capriola dan Comfortaa harus dihindari karena kurang merepresentasikan stabilitas. 
  • Font yang seperti tulisan tangan, yakni Bad Script, Caveat dan Euphoria Script tidak dianjurkan karena terlalu kasual sehingga terkesan tidak professional. 
  • Font mewah seperti Frederika the Great juga tidak dianjurkan karena dianggap terlalu kasual dan menyenangkan.

Tampilan Logo Perusahaan Keuangan Dengan Warna dan Font Modern 

Menariknya, sistem pembayaran elektronik, seperti Apple Pay dan Samsung Pay, relatif konservatif dalam pemilihan font dan warna logo, yaitu menggunakan font Sans Serif modern berwarna biru dan hitam untuk menunjukkan stabilitas dan keandalan. 

Ini sangat sesuai mengingat tujuannya adalah agar pelanggan mereka merasa aman dan yakin untuk beralih ke mode perbankan yang baru dan asing.

Penutup

Dengan membaca artikel ini, semoga bisa memberi inspirasi warna dan font terbaik yang cocok untuk perusahaan keuangan. Namun, jika Anda membutuhkan bantuan desain grafis professional untuk menciptakan visual profesional untuk asset desain perusahaan keuangan.

Mulai dari desain logo, spanduk/banner, website dan desain lainnya. Mas Vian siap membantu. Menciptakan desain yang memiliki filosofi yang digali langsung dari pemilik bisnis.

Dari sini perusahaan keuangan Anda akan semakin dikenal dan hasilnya, meningkatkan kesadaran merek (brand identity). Membantu merek terhubung dengan audiens serta dapat membantu memperkuat hubungan dengan pelanggan. Bahkan seiring berjalannya waktu membantu mendorong loyalitas merek.

Masih ragu? Tenang… dapatkan garansi ‘revisi tanpa batas (unlimited revision)’ untuk menjamin kualitas. Semua bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau.

Jadi tunggu apalagi? Jangan sia-siakan kesempatan untuk memiliki logo asset desain yang professional dan menarik. Klik Disini sekarang untuk memesan desain logo kami!

0 Response to "Font dan Warna Terbaik untuk Perusahaan Keuangan yang Dapat Meningkatkan Kepercayaan Konsumen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel