Iklan

Cara Mengatasi Tulisan Teh Jadi The di Corel Draw

Halo para pengguna corel draw, kali ini masvian akan share tentang masalah yang sangat umum dialami para desainer grafis. Apakah itu? yaitu masalah tentang software corel draw yang seenaknya sendiri mengganti tulisan yang kita ketik.

Perilaku ini sangat sering dialami bagi desainer yang membuat desain banner warung. Disaat mereka sedang asyik mengetik salah satu menu minuman andalan warung yaitu "teh" setelah selesai di ketik tulisannya tiba-tiba berubah jadi "the".

Parahnya lagi jika desainer dan client tidak teliti hingga akhirnya banner yang mengandung kesalahan ketik itu dicetak. Tentunya akan terjadi penyesalan tak berujung bagi desainer maupuk kliennya.

Sebenarnya apa yang terjadi?

Dalam software Corel Draw terdapat suatu fitur yang mengubah otomatis teks yang mengandung kesalahan ketik. Namun fitur ini malah menjadi malapetaka bagi bahasa lain jika tidak diseting sedemikian rupa. Fitur itu dinamakan Quick Correct, berisi berbagai setingan untuk mengoreksi segala kesalahan ketik secara otomatis dan cepat. 

Jika kamu ingin memperbaiki dan menyetel setingan Quick Correct dengan benar silahkan ikuti tutorial dibawah ini.


Menyeting Quick Corect

quick corect corel
Menu QuickCorrect normal

Untuk mengakses menu QuickCorrect silahkan ke menu Tools > Options > Workspace > Text > Quick Correct.


Pada gambar diatas terlihat bahwa setingan bahasanya masih English dengan Fitur "Replace text while typing" yang diaktifkan.

Untuk mencegah tulisah "teh" menjadi "the" ada 3 opsi:
  1. Ubah Language dari English (United States) ke Indonesia > Ok
  2. Hilangkan centang pada Replace text while typing > Ok
  3. Pada Replacement Text ketik "teh" pada Replace text box > Klik Delete > Ok 
Cukup mudah bukan, tinggal piih cara mana yang cocok.

Saya jelaskan sedikit ya tentang fungsi masing masih fitur ini.

  • Opsi Capitalize first letter of sentences: berfungsi untuk membuat kapital otomatis huruf pertama pada sebuah kalimat.
  • Opsi Correct two initial consecutive capital: berfungsi untuk memperbaiki 2 huruf kapital diawal kata secara otomatis. Sehingga menjadi satu huruf kapital di awal setiap kata.
  • Opsi Capitalize name of days: berfungsi untuk mengubah menjadi kapital huruf pertama pada nama hari dalam bahasa Inggris.
  • Opsi Automatically hyperlink: Membuat tulisan alamat domain menjadi warna biru dan bergaris bawah, misal www.google.com.
  • Language dropdown: Memilih Bahasa Dasar pengetikan.
  • Opsi Change straight quotes to typographic quotes: Mengubah tanda apostrophe menjadi tanda petik.
  • Opsi Use straight quotation marks after number: Menggunakan tanda apostrophe (tanda petik versi lurus untuk menandakan feet dan inch) setelah angka.
  • Opsi Replace text while typing: Mengubah text ketika mengetik sesuai data dibawahnya.
  • Kalian bisa menambahkan sendiri kesalahan kata yang ingin direplace otomatis, Pada box Replace isi kata yang salah dan pada box With isi dengan kata yang benar lalu klik Add. Atau mengedit text yang tersedia lalu di Klik Replace.
Demikian tipsnya semoga bermanfaat ya... happy design...

0 Response to "Cara Mengatasi Tulisan Teh Jadi The di Corel Draw"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel