Adsense

Logo Simetris : Jenis dan Manfaatnya, Tertarik Menggunakannya untuk Brand mu?

Tahukah kamu? Logo simetris adalah salah satu jenis logo yang bertahan paling lama di dalam dunia desain, lho. Bukan tanpa alasan ya, ini karena logo simetris sesuai untuk berbagai jenis industri dan bisnis. Nah, jika kamu tertarik untuk memahami apa itu logo simetris beserta kelebihannya, maka teruslah membaca. Ambil kopi dan cari tempat duduk yang nyaman dan simak pembahasan selengkapnya di bawah ini. 

Apa itu logo simetris?

Sebelum membahas keunggulan dari logo simetris, ada baiknya kita mengenal dahulu pengertian dari logo simetris secara detail. Logo simetris adalah logo yang memiliki sisi yang sama. Sisi obyek bisa dari sebelah kanan dan kiri ataupun antara atas dan bawah serta dari sisi diagonal atau miring. Sisi-sisi tersebut tampak seimbang dan proposional. Perusahaan seperti Motorola, McDonalds dan Volkswagen adalah beberapa brand besar yang menggunakan logo simetris ini.

4 Jenis logo simetris

  1. Reflectional Symmetry Logos (Logo Simetris Refleksi)

    Logo yang memiliki bagian yang sama jika dibelah menjadi 2 bagian. Sederhana namun memiliki dampak yang besar.

    logo mcd
  2. Rotational Symmetery Logos (Logo Simetris Rotasi)

    Logo ini dapat mempertahankan simetrinya atau terlihat sama ketika diputar. Bentuk seperti bintang, lingkaran dan segi enam dapat menjadi contoh yang bagus dari simetri rotasi.

    wallmart
  3. Translational Symmetry Logos (Logo Simetris Translasi)

    Logo ini bukanlah refleksi yang bisa dibagi dua, melainkan elemen desain berulang. Simetris translasi adalah ketika satu elemen desain dalam logo dipindahkan ke area lain tanpa mengubah sifat simetrinya.

    logo audi
  4. Glide Reflectional Symmetry

    Glide Reflectional Symmetry berarti mengambil setengah bagian dari logo dan membaliknya untuk membuat simetris terbalik di sisi yang berlawanan.

    logo pbs

Manfaat dari logo simetri dan dampaknya pada audiens

Nah, sekarang setelah kamu mengetahui apa itu logo simetris, mari kita bahas tentang kegunaanya. Dari perspektif desain, logo simetris memiliki manfaat, diantaranya:

  1. Balanced

    Jika brand mu ingin menonjolkan kesan keteraturan di benak audience, logo simetris bisa jadi pilihan. Logo simetris yang tampak proporsional mampu menciptakan kesan seimbang, sehingga lebih mudah diingat.

  2. Aesthically pleasing

    Logo dengan komposisi seimbang secara visual terlihat menyenangkan dan juga enak dipandang (estetis). Kamu bisa menggunakan logo simetris untuk menarik perhatian audience dengan memudahkan audience mengenali brand mu.

  3. Easier to design

    Logo simetris hanya menggunakan sedikit elemen desain, sehingga cenderung mudah untuk didesain. Namun meski sederhana, logo simetris tetap memiliki eyecatcing dan timeless, lho.

  4. Organized

    Logo simetris secara visual tampak teratur dan tertata, dikarenakan adanya mengelompokkan objek didalamnya. Nah, karena sudah tertata secara visual, orang cenderung tertarik pada desain simetris. Inilah yang membuat desain simetris lebih menarik di mata audience.

  5. Stability

    Logo simetris dapat menghasikan rasa stabil. Ketika suatu merek menunjukkan stabilitas, orang akan percaya bahwa merek tersebut akan menindaklanjuti dengan baik di masa depan.

  6. Trustworthy

    Keseimbangan logo simetris secara alami menciptakan kesan dapat ‘dipercaya’ bagi siapapun yang melihatnya. Dari alasan inilah, logo simetris banyak digunakan oleh merek-merek di industri teknik, perdagangan dan otomotif, seperti Honda, Suzuki, Mitsubisi, Audi, Mazda dan BMW. Jadi untuk kamu pemilik bisnis otomotif yang masih bingung memilih desain logo yang tepat, logo simetris bisa jadi pilihan ya.

  7. Predictable

    Logo simetris (terutama simetris refleksi dan simetris translasi) memberikan pola desain yang dapat diprediksi. Sisi yang serasi atau pola yang berulang dari logo simetris memungkinkan otak untuk rileks sehingga mudah mengenali dan mengingat logo suatu merek.

Logo simetris dapat meningkatkan bisnis

Seperti yang tadi telah disebutkan, pada dasarnya, orang memiliki kecenderungan tertarik pada desain simetris. Dengan begitu jika kamu menggunakan simetris pada logo brand mu mereka juga akan secara otomatis tertarik pada brand mu. Dari sini merekmu akan semakin dikenal di pasar dan hasilnya, meningkatkan kesadaran merek (brand identity). Membantu brand mu terhubung dengan audience serta dapat membantu memperkuat hubungan dengan pelanggan. Bahkan seiring berjalannya waktu membantu mendorong loyalitas merek.

Jadi tak ada salahnya mempertimbangkan untuk menggunakan logo simetris pada merekmu. Yuk bikin brand mu lebih dikenal dengan logo simetris dari Mas Vian. Mas Vian siap menjadi partner dalam membantu menciptakan desain logo yang memiliki filosofi yang digali langsung daripemilik bisnis. Untuk menjamin kualitas, dapatkan garansi ‘revisi tanpa batas (unlimited revision). Semua bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau. Jadi tunggu apalagi? Jangan tunda untuk memiliki logo dengan desain yang professional dan menarik dengan klik disini.

0 Response to "Logo Simetris : Jenis dan Manfaatnya, Tertarik Menggunakannya untuk Brand mu?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel