Adsense

Makna Font Script Dalam Desain Grafis

Font Script

Font script adalah salah satu gaya tipografi yang sering kita temu di undangan pernikahan, undangan yasinan, dan undangan2 lainnya. Umumnya font ini digunakan untuk penulisan judul walaupun ada sebagian yang juga menggunakannya untuk body teks yang panjang walau kadang sulit dibaca.

Ciri-ciri dari font script yang membuatnya menonjol dari font lain adalah lengkungannya yang sangat aduhai bahkan ekornya kadang hingga menjuntai hingga menyentuh huruf lain. Gaya penulisannya selalu miring ke kanan seperti tulisan tangan.

Sebenarnya apa makna dari font ini dan mengapa digunakan sedemikian rupa sebelum menelisik lebih jauh tentang arti dan maksud dari jenis font script. Marilah kita tengok sejarah dari font script dan mengapa digunakan sedemikian rupa.

Histori dari Font Script

Bickham

Script typefaces umumnya dibuat dengan teknik penulisan tangan, pertama kali dipopulerkan oleh master penulis script bernama George Bickham, George Shelley dan George Snell pada abad ke-18 masehi. [Sumber]

Teknik penulisan ini menggunakan goresan pena-pena kuno seperti pena bulu dan pena jarum. Efek goresan yang dihasilkan sangat luwes, menghasilkan ketebalan yang bervariasi dan huruf yang bersambung.

Ada 2 tipe font script

Formal: Jenis font ini memiliki gaya yang konsisten disetiap huruf sehingga terlihat rapi mulai dari ketebalan sampai kemiringan dan juga selalu menggunakan efek goresan ujung pena. Contoh font ini antara lain: Kuenstler Script, Bickham dan Vivaldi.

Casual: Jenis font ini umumnya tidak menggunakan goresan pena tetapi menggunakan kuas atau spidol font ini dipopulerkan sejak 1970 di Eropa dan Amerika Utara untuk penggunaan iklan. Contoh dari font ini antara lain: Freestyle Script, Brush Script, dan Mistral.

Makna dari Font Script

Orang menulis di atas kertas

Jika ditelaah dari sisi filosofi banyak sekali makna yang bisa disimpulkan begitu pula efek psikologis pada penggunaan font script ini.

Keindahan

Sebagian besar font script ini memberikan aspek keindahan, seni dan nilai artistik dari pada legibilitas, sehingga terkadang hanya digunakan sebagai ornamen atau hiasan. Dan itulah mengapa sering digunakan untuk undangan penikahan karena tema pernikahan haruslah indah.

Mewah

Selain keindahan font script juga bisa memberikan efek visual berupa mewah, eksklusif dan elegan. Terlebih jika di padu padankan dengan warna gold atau silver, cocok untuk desain-desain produk high end dan berkelas.

Efek visual yang menghasilkan kesan tersebut adalah variasi ketebalan garis pada setiap huruf, efek ini juga bisa ditemukan di font serif dan sans serif dan kesan yang dihasilkannya pun sama.

Humanis & Personal

Karena gaya penulisan bersambung merupakan gaya yang umum dipakai manusia saat menulis dengan. Font script memberikan nilai humanis atau kemanusiaan pada desain.

Dan juga karena setiap manusia mempunyai karakter menulis pada kertas yang berbeda-beda, sehingga memberikan ciri khas pada setiap individu bahkan menjadi identitas. Oleh sebab itulah mengapa tanda tangan bisa mewakili identitas personal dalam dokumen selain sidik jari.

Font script juga bisa digunakan sebagai logo wordmark, umumnya dibuat secara custom. Logo yang menggunakan font script antara lain Coca-Cola, Barbie, Instagram, Ford dan Disney.

Demikian makna font script yang bisa kita pahami dan aplikasikan pada desain, ingin tahu makna dari font Times New Roman? Yuk langsung saja ke Makna Font Times New Roman Dalam Desain Grafis

0 Response to "Makna Font Script Dalam Desain Grafis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel