Adsense

Filosofi Warna Hitam dalam Desain Grafis

black color

Hitam merupakan warna yang paling mendominasi di alam semesta, seluruh ruang di alam semesta itu adalah gelap dan hanya segelintir warna putih yang dihasilkan oleh bintang. Kegelapan ini sangat ditakuti orang karena misterius dan ketidakjelasan. 

Adapun warna paling banyak di alam semesta adalah hitam dan putih. Dalam ajaran taoisme hitam putih disimbolkan dalam yin yang yang berarti keseimbangan, saling mengisi dan kesempurnaan. Dalam cahaya seringkali warna ini dianggap mati atau tanpa penerangan, tanpa penglihatan.

Asal Warna Hitam

Warna hitam sebagian besar berasal dari kegelapan atau dark matter, salah satu materi yang masih misterius hingga kini. Materi gelap ini berlawanan dengan cahaya dan warna gelap ini sangat mudah ditemukan dikehidupan sehari hari. Terutama di malam hari langit menjadi gelap, dan dunia diselimuti hitam kelam membuat suasana mencekam dan misterius.

Warna hitam adalah warna yang muncul ketika kita tidak cahaya sehingga tidak ada frekuensi gelombang elektromagnetik visible light yang masuk ke mata kita. 

Hal ini bisa dipraktekkan dalam mode warna RGB yang digunakan pada layar, jika R 0 G 0 dan B 0 maka warna hitam akan terbentuk. Sebaliknya untuk CMYK jika semua value 100% maka warna hitam terbentuk.

Efek Psikologis Warna Hitam

Warna hitam memiliki kesan yang misterius, menakutkan jika diaplikasikan pada suatu tema legenda, kematian atau kisah hantu. Namun jika dipakai dalam desain perusahaan warna hitam bisa memberikan kesan elegan, kuat, dan netral.

Jika di dalam desain media cetak, warna hitam memberikan efek pengisian karena warna dasar bahan cetak adalah putih. namun terlalu banyak warna gelap akan membuat nya terlihat redup jika dipakai dimalam hari. 

Warna hitam umumnya digunakan dalam klub malam, hotel yang mencerminkan privasi, intim dan eksklusif.

Asosiasi Warna Hitam

Mati, misterius, elegan, intim, privasi, eksklusif, horor, gelap, malam, tidur, kekuatan, ketakutan, kejahatan, negatif, keburukan, keajaiban, ketiadaan, glamor, otoritas, kekayaan, kesedihan, percaya diri, maskulin, luar angkasa.

Penggunaan

Dalam kehidupan sehari-hari warna hitam digunakan untuk:
  • Seragam pengaman
  • Papan tulis
  • Kertas
  • Cat tembok
  • Cat mobil
  • Jas
  • Busana agama
  • Kabel

Variasi Warna

Warna hitam tidak memiliki variasi warna.

Kesimpulan

Umumnya sebagian besar warna hitam memberikan kesan negatif kepada audience, namun tidak semua orang memiliki persepsi yang sama, tergantung stigma dari budaya setempat dan tema desain.
Selain itu warna hitam terkadang bisa memberikan efek positif seperrti kuat, percaya diri, kecerdasan, kekayaan, dan keajaiban.

Untuk itu sebagai desainer kita harus tahu dan menggunakan warna putih sewajarnya sesuai tujuan desain komunikasi visual itu sendiri.

Jika kalian ingin mencari inspirasi warna background putih bisa ke postingan Kumpulan Background Backdrop Hitam yang Indah 1080p

0 Response to "Filosofi Warna Hitam dalam Desain Grafis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel