Adsense

Proyek Metaverse Paling Potensial di Blockchain Cardano

Semua orang saat ini sedang demam metaverse, suatu dunia digital dimana kita bisa melakukan segala kegiatan layaknya di dunia nyata, seperti bekerja, menonton konser, membuka akun bank, main game, dll. Beberapa institusi meramal teknologi metaverse akan semakin booming beberapa tahun mendatang. Sehingga semakin banyak projek metaverse bermunculan, mulai dari facebook yang mengubah namanya menjadi meta dan juga hingga microsoft mengakuisisi activision untuk proyek metaverse.

Sebenarnya diranah blockchain, sebelum booming sudah ada proyek metaverse bernama Decentraland dan Sandbox. Harganyapun langsung meroket setelah berita Mark Zuckerberg membuat metaverse. Namun Sandbox dan Decentraland berada di jaringan Etherium yang terkenal akan feenya yang sangat mahal. Para pemain baru yang ingin masukpun enggan dan tidak mampu membeli tanah atau properti yang terlampau mahal. 

Blockchain lain yang memiliki fee murah juga mulai gencar membuat metaverse, salah satunya adalah di blockchain Cardano.

Pavia

pavia

Ada proyek metaverse yang lagi hot, bernama Pavia. Proyek ini diklaim menjadi metaverse yang pertama di jaringan Cardano dan dimiliki oleh usernya sendiri, yang berarti lebih desentral dibandingkan proyek metaverse lainnya. Pavia berasal dari nama kota kelahiran Gerolamo Cardano profesor yang jadi nama blockhain Cardano. Total ada 100.000 plot tanah yang sudah terjual dalam 3 ronde minting. Sekarang user hanya bisa membeli tanah di marketplace pihak ke 3 seperti di jpg.store dan cnft.io. 

Harga tanah termurah sekitar 400 ADA atau sekitar 5 juta rupiah per petak tanah. Lebih murah dibanding Decentraland yang valuasinya mencapai 100 jutaan.

Tapi tidak usah kawatir, dengan 1 petak tanah kamu sudah bisa membangun 1 rumah, karena tiap petak berukuran 16x16 meter. Maksimal tinggi bangunan 20 meter, sudah cukup untuk membuat rumah minimalis dengan lantai 2. 

Untuk membangun rumah kalian bisa membeli nft rumah atau membuat sendiri dengan program 3d blender. Tapi pastikan spek bangunannya sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan PCA(Pavia Compatible Asset). Silakan masuk ke komunitas discordnya untuk info lebih lanjut (klik disini untuk join discord pavia).

Pavia masih dalam tahap pengembangan, masih banyak list di roadmap yang belum terselesaikan. Game akan mulai dirilis pada kuartal ke empat 2022.


Unbounded Earth

unbounded earth

Seperti pavia, unbounded earth ini diklaim menjadi metaverse yang di kembangkan oleh komunitas. Harga 1 plot tanah disini masih murah sekitar 80 ADA / 1 jutaan rupiah. Jika ingin mendapatkan yang lebih murah silakan tunggu penjualan ke 2 pada kuartal kedua 2022. Rilis gamenya pun juga sama sekitar kuartal 4 tahun 2022. Join Discordnya disini.

Kita lihat saja metaverse mana yang lebih berkembang, tapi menurut saya Pavia masih mendominasi, karena sudah disebutkan diberbagai media masa, bahkan Nasdaq juga telah mnyebut Pavia dalam artikelnya. Menurutku saat ini kesempatan emas untuk berburu tanah di metaverse sebelum harganya meroket.

0 Response to "Proyek Metaverse Paling Potensial di Blockchain Cardano"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel