Adsense

Cara Membuat Contour di Illustrator

Halo para desainer Indonesia kalian mungkin sudah sering menggunakan CorelDraw untuk menggambar. Hampir semua desainer terutama jebolan percetakan pastinya pernah dan lebih sering menggunakan software ini. Saking seringnya terkadang kita enggan untuk belajar software Adobe Illustrator yang lebih banyak di gunakan di seluruh dunia. 

Ketika pertamakali menghadapi software AI mungkin sedikit bingung mekanisme dan tata letak tool-nya. Beberapa fungsi memiliki persamaan ada juga yang berbeda. Salah satunya adalah fitur Contour.

Di Software Corel Draw, Contour berfungsi untuk memberikan garis kontur, seperti garis untuk membedakan ketinggian wilayah pada peta. Sederhananya Contour mengcopy, dan memperbesar/memperkecil hasil dupilkasi, Kita bisa menentukan jarak tiap kontur dan jumlah kontur.

Di software Adobe Ilustrator sendiri sebenarnya tidak ada fitur yang bernama Contour. Tapi ada salah satu tool yang bernama ofset path yang memiliki fungsi yang hampir sama. Berikut penjelasanya dimana dan bagaimana menggunakan tool offset path ini.

Offset Path

Offset Path merupakan fitur AI yang berfungsi untuk memberikan lebihan pada objek. Kita juga bisa menentukan jarak objek terhadap garis offset, namun tidak bisa menentukan jumlah garis offset. 
Untuk menggunakan fitur ini kalian seleksi dulu objeknya setelah itu arahkan pada menu Object > Path > Offset Path. Berikut penampakan toolnya.

ofset path

Nilai Offset adalah jarak antar sumber objek dan garis offset. Joins merupakan mode pojok di setiap garis, ada tiga opsi yaitu miter, rounded dan bevel. Sedangkan miter limit berfungsi untuk memberikan limit pada sudut lancip.
Dengan tool ini kalian harus mengulangi offset path disetiap garis untuk menambahkan garis kontur lebih dari satu.

Blend

Ada satu lagi tool yang mirip contour, yang bernama blend. Tool ini bisa ditemukan pada toolbox dengan simbol  screen snip. Tool ini sebenarnya untuk mentransisikan bentuk dari sumber objek ke objek destinasi. Tool ini bisa juga digunakan sebagai pengganti Contour karena pengguna bisa megkustomisasi jumlah blend. Cara menggunakannya buat 2 objek lalu klik satu per satu dengan blend tool. Setelah itu kustomisasi jumlah pathnya dengan cara klik 2kali pada ikon untuk memunculkan menu.

Sekian secerca pengetahuan tentang illustrator semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Contour di Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel