Adsense

Cara Membuat Lingkaran Sempurna di Adobe Illustrator

Hai sobat masvian.com, gimana nih kabarnya, semoga sehat selalu ya... Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial yang super duper basic sekali yang mungkin tidak berguna bagi para desainer yang sudah berjibaku dengan AI selama bertahun-tahun. Tutorial apakah itu? ya sesuai judulnya, yaitu Cara Membuat Lingkaran Sempurna, hehehe. 

Saya sebenarnya malas memberikan tutorial ini, karena menurutku sangat basic dan tidak berguna. Tapi mungkin bagi kalian yang baru mengenal AI alias Adobe Illustrator tutorial ini sangat bermanfaat bagi kalian.

Software ini sebenarnya sangat mudah kok jika kalian terus berlatih, banyak tool-tool yang membantu kamu membuat gambar dengan presisi. 

Oke dari pada basa-basi langsung saja saya jelaskan caranya.

Tahap Membuat Lingkaran

1. Untuk menggambar lingkaran, ada yang namanya Elipse Tool, berikut penampakan dan lokasinya. Lihat yang bertanda merah.

elipse tool
Lokasi Elipse Tool

Untuk mengaktifkan alat ini, kalian klik dan tahan pada gambar kotak (Rectangle Tool) di tool box kiri, maka menu tersembunyi akan muncul. Setelah itu baru kalian klik Elipse Tool. 

Ada juga cara lain yang lebih cepat, yakni dengan menekan tombol L pada keyboard. Otomatis Elipse Tool akan aktif.

2. Sekarang kita siap untuk membuat lingkarannya. Setelah kita mengktifkan Elipse Tool, langsung saja tenak Shift + Klik sambil menggeser mouse hingga lingkaran sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

lingkaran sempurna

Atau dengan cara kedua: 

Setelah kita mengktifkan Elipse Tool, tekan Alt + Klik dan buat ukuran tentukan ukuran panjang dan lebar lingkaran secara manual. Supaya lingkaran sempurna, pastikan ukuran panjang dan lebarnya sama ya...

elipse tool
Penampakan Dialog Box pada Cara ke dua.

Jangan lupa kalau sudah klik OK otomatis lingkaran akan terbuat sesuai ukuran yang kamu input. Cara kedua ini cocok bagi kamu yang ingin membuat lingkaran dengan ukuran yang presisi.

3. Tambahan: Jika ingin garisnya lebih muncul kalian bisa mempertebal stroke dengan mengubah nilai stroke yang terletak di bagian bawah menu atas. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah. Lokasi beranda merah.

stroke

4. Untuk mengubah atau memberikan warna pada lingkaran silahkan ke postingan ini Cara Memberi Fill & Stroke di AI

Oke, sekian dulu tutorial singkat ini semoga bermanfaat dan memajukan ilmu desain grafis Indonesia.

Baca juga Cara Membuat Brush Sendiri di Adobe Illustrator

0 Response to "Cara Membuat Lingkaran Sempurna di Adobe Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel