Adsense

Cara Memberikan Fill dan Stroke Pada Objek di Adobe Illustrator

Jika kalian pernah pakai produk adobe lain, seperti Photoshop, pasti kalian pernah mendengar istilah ini. Atau bagi kalian yang terbiasa dengan corel disana ada istilah yang namanya Fill dan Outline. Bedanya di produk adobe Outline diistilahkan Stroke. Fill itu bahasa inggris yang berarti isian sedangkan stroke itu goresan. Jadi sudah jelas apa itu maksud dari fill & stroke. Fill untuk mengisi mengisi warna pada sketsa sedangkan stroke untuk memberi garis luar yang melingkupi fill. Sketsa ini disebut object, dalam object vector, objek tidak akan terlihat bila belum diberi fill dan stroke. Object hanya bisa muncul sementara jika mouse kita melewatinya. Untuk itu penting untuk memberikan Fill dan Stroke pada objek pada gambar vektor.

Dalam Software Adobe Illustrator, langkah menggunakan fill dan stroke itu sangat gampang. Saat kita pertamakali membuat dokumen baru dan membuat objek, otomatis fill akan terisi dengan warna putih dan stroke warna hitam dengan ukuran 1 pt. 

Versi AI yang saya gunakan dalam tutorial ini adalah versi CS6 kemungkinan sedikit berbeda untuk versi lain.

Cara Memberi Fill dan Stroke

Untuk mengganti Fill & Stroke kamu bisa ikuti langkah ini.

1. Seleksi objek dengan Selection Tool (bisa lewat tool box atau tekan V di keyboard) dengan cara klik objeknya.

selection tool

2. Untuk mengubah Fill klik 2x pada kotak putih di pojok kiri bawah, sedangkan untuk stroke klik pada kotak dibawahnya. Lihat gambar dibawah ini.

fill stroke

3. Setelah salah satu kotak itu di klik biasanya akan muncul jendela untuk memilih warnanya. Disitu kalian tinggal pilih saja warna sesuai selera kalian dengan cara klik langsung jendela warnanyaa untuk pilih warna berdasarkan saturasinya atau tarik tuas warna disampingnya untuk mengganti HUE warna yang lain. Hasil perbedaan warna sebelum dan sesudah akan terlihat di kotak kecil sebelah kanan. Jika sudah klik Ok.

jendela warna

4. Untuk mengubah stroke kalian klik 2x pada kotak stroke yang ditunjukkan gambar step nomor 2. Pilih warnanya seperti memilih warna pada jendela fill di step sebelumnya.

5. Untuk mempertebal stroke kalian bisa ganti pada nilai stroke yang teletak di atas sendiri dibawah menu Select.

Selain cara ini ada cara lain yang membuat kalian bisa mengubah fill dan strooke dengan cepat. 


Cara Cepat

Teknik ini kalian bisa langsung klik palet warna dan kalian bisa menentukan apakah palet warna yang diklik untuk fill atau stroke. Untuk mengubah ubah modenya kalian bisa tekan X pada keyboard.

Jika kota Stroke diatas kotak Fill maka mode stroke aktif dan kalian tinggak klik palet warnanya, begitu juga sebaliknya jika kotak fill diatas kotak stroke maka mode fill aktif dan kalian tinggal klik palet warnanya. 

Palet warna ini terletak di sebelah kanan layar. Atau bisa kalian aktifkan dulu pada menu Windows > Swatches.


Cara Mengubah Mode Color / Gradient / None

Setiap Fill dan Stroke Ada 3 mode yaitu Mode Color yang berisi warna flat seperti cara sebelumnya. Mode Gradien mengisi warna gradasi atau semburat warna. Mode None berarti tidak di isi warna atau kosongan. Untuk mengubah 3 mode ini kalian bisa tekan di Keyboard tombol "," "." dan "/" atau kalian bisa klik sendiri modenya yang terletak dibawah kotak Fill & Stroke.

Demikan cara menambahkan fill dan stroke semoga bermanfaat bagi kalian.

0 Response to "Cara Memberikan Fill dan Stroke Pada Objek di Adobe Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel