Adsense

Cara Menggambar Vektor dengan Shape Builder Tool AI

shape builder tool ai


Menggambar vektor bagi desainer itu yang seperti itu aja, hanyalah klik tarik dan menggeser tuas handle bar sesuai kurva yang diinginkan. Metode ini sebenarnya hanyalah salah satu dari banyak metode menggambar vektor yang ditawarkan oleh software adobe illustrator itu sendiri.

Software ini serbenarnya masih memiliki banyak fungsi yang memudahkan kalian untuk menggambar vektor dengan mudah.

Salah satunya adalah dengan fitur Shape Builder yang dipersembahkan oleh Adobe Illustrator Untuk para desainer yang hobi utak-atik vektor.

Mungkin bagi kalian yang masih baru mengenal AI, sangat jarang menggunakan fitur ini. Padahal fitur ini sangat bermanfaat dan memudahkan kalian membuat bentuk vektor.

Shape Builder tool berfungsi untuk menggabungkan 2 atau lebih tumpukan vektor atau overlaping path sesuai area yang diinginkan.

Jika kalian ingin lebih jelas, yuk langsung saja kita praktekkan caranya.


1. Pertama-tama kalian harus membuat banyak shape terserah dan pastikan shape tersebut overlaping. 

Dalam tutorial ini saya membuat shape geometrik dengan mengcopy shape lingkaran secara melingkar. Jika belum tahu caranya bisa ke postingan ini Cara Copy Objek Secara Melingkar di Adobe Illustrator.
geometric ai


2. Setelah itu kalian select semua shape dengan Selection Tool (V). Seperti gambar diatas. Sekarang tinggal kalian aktifkan tool Shape Builder Tool (atau tekan Shift+M di keyboard). 

Lalu kalian arahkan mouse ke salah satu area path, klik dan tarik ke area berikutnya, seperti terlihat di gambar dibawah ini.

shape builder

Hasilnya adalah penggabungan dari 2 area yang akan menjadi shape.

illustrator

3. Nah selanjutnya bisa kalian kreasikan pada area berikutnya, berikut hasil penggambaran yang saya buat dengan tool ini.

hasil shape

4. Area path bisa kalian pisahkan karena sudah menjadi objek yang independen, Untuk menghapus area kalian tinggal tekan alt + klik.

5. Selanjutnya kalian bisa mewarnainya dan mengkreasikan sesuka hatimu.

Demikian tutorial ini semoga bermanfaat bagi kalian yang belum tahu tentang Shape Builder Tool.

0 Response to "Cara Menggambar Vektor dengan Shape Builder Tool AI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel