Iklan

Cara Copy Objek Secara Melingkar dengan Illustrator

copy object ilustrator

Sebagai seorang desainer grafis, pasti ada saat nya kita ingin membuat gambar dengan teknik mengcopy. Terutama jika kita ingin membuat pattern atau ornamen yang memiliki pola geometris. Dimana kalau kita copy satu persatu tentunya membutuhkan waktu yang lama dan bahkan hasil yang kurang geometris atau presisi. Untuk itu bagi kalian yang belum tahu cara mengcopy secara radial alias memutar, saya akan menjelaskannya pada postingan ini. Sebagai seorang desaner yang setiap harinya menggunakan Adobe Illustrator, saya sudah biasa membuat ornamen ornamen geometris, seperti logo, simbol atau ornamen nuansa islam.

Bagi yang sudah biasa menggunakan AI tentu tidak masalah, tapi bagi mereka yang baru mengenal AI atau yang terbiasa menggunakan Corel Draw tentu menjadi masalah yang besar. Jangan khawatir, sebenarnya caranya mudah kok, tinggal beberapa klik, kalian sudah bisa menghasilkan karya yang indah. Oke baiklah tanpa berbasa-basi lagi, marilah kita mulai tutorialnya.


Teknik Copy Memutar

  1. Buka aplikasi Adobe Illustrator. Buat New File dengan ukuran artboard terserah kalian.
  2. Buat objek terserah kalian. Objek yang nantinya akan di copy secara melingkar/.
  3. Setelah itu klik objek tersebut menggunakan move tool (V) lalu tekan (R) di keyboard untuk memilih rotate tool.
  4. Tentukan titik sumbu atau as pemutaran. Ditandai dengan ikon kecil seperti target.Secara default titik sumbu akan berada pada tengah objek.
  5. Untuk memilih titik sumbu, tahan alt lalu klik pada lokasi titik tumpu yang diinginkan.
  6. Setelah itu muncullah window Rotate, kalian bisa sesuaikan sudut pengcopyannya. Centang dan uncentang preview untuk melihat perbedaannya.
  7. Kalau kalian hanya memutar, bisa langsung kalian pencet tombol ok, tapi kalau berniat ingin mengcopy, slahkan pencet tombol copy.
  8. Objek akan tercopy, sekarang kamu tinggal pencet CTRL+D untuk melakukan perintah duplikat terakhir, tekan berkali kali hingga melingkar penuh atau sesuai selera kalian.
  9. Selesai deh.
Begitulah cara mengcopy secara memutar yang bisa kalian aplikasikan pada desain kalian, Mudah bukan, selamat mendesain.

Maaf tidak pakai gambar, silahkan kalian praktekkan langsung.

0 Response to "Cara Copy Objek Secara Melingkar dengan Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel