Iklan

Cara Mudah Membuat Grafik di Adobe Illustrator

grafik di illustrator

Grafik adalah suatu objek grafis yang berguna untuk mengkomunikasikan suatu data. Grafik biasa digunakan dalam ilmu statistika berisi berbagai data numerik yang dirangkum dalam bentuk visual yang rapi dan mudah dimengerti. Macam macam grafik/chart juga sangat banyak ada grafik garis, batang, lingkaran, dll.  

Pada zaman komputer ini pembuatan diagram juga sangat mudah, berbagai software kantor sudah menyediakan fitur-fitur pembuatan diagram dan grafik. Contohnya pada beberapa program keluaran windows, yakni microsoft office. 

Namun karena grafik itu termasuk grafis, desainer juga harus dituntut untuk bisa membuat grafik yang baik dan benar. Terlebih jika grafik itu butuh desain yang sesuai dengan gaya perusahaan. 

Tapi tidak usah kawatir sekarang Adobe Illustrator sudah support fitur Graph tool yang sangat membantu untuk membuat grafik. Tool ini sangat mudah digunakan karena dibuat secara otomatis, kita tinggal memasukkan data dan otomatis grafik akan menyesuaikan.

Jika kalian ingin mengetahui caranya, cukup ikuti langkah langkah dibawah ini.

1. Buka Illustrator kalian, buat dokumen baru.

2. Tekan tombol Collumn Graph tool atau dengan tekan 'J' pada keyboard. Atau tekan dan tahan untuk memilih tipe Graph tool lainnya. Jika tidak tahu letaknya liat gambar dibawah.

graph tool

3. Untuk membuatnya kalian cukup klik dan tarik sesuai ukuran yang diinginkan. Atau bisa juga dengan hanya mengklik Artboard lalu akan muncul dialog untuk mengatur ukuran, atur dan klik ok.

graph tool

4. Stelah klik Ok akan muncul tampilan yang mirip excel, ada baris dan kolom. Disitu kalian bisa memasukkan data kalian, dengan cara mengklik kotak yang tersedia lalu ketikkan angkanya.

data

5. Untuk mengupdate grafik kalian tinggl pencet tanda centang di pojok kanan atas. 

Sekarang kalian sudah bisa membuat grafik. Namun bagaimana untuk mengedit tampilan grafik ini?

Untuk mengubah tampilan grafik kalian bisa menggunakan Direct Selection Tool (A) untuk menyeleksi objek di grafik. Misal jika kalian ingin warna yang berbeda pada grafik batang, tinggal klik salah satu kotak, lalu klik palet warna seperti biasanya. Teknik ini bisa juga digunakan untuk mengubah font stroke dan sebagainya.

Untuk mengedit ulang datanya kalian tinggal klik kanan > Data...
Untuk mengubah jenis grafik tinggal klik kanan > Type...

Demikian tutorial singkat ini semoga memberikan gambaran betapa mudahnya membuat grafik di Adobe Illustrator.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Grafik di Adobe Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel