Adsense

Cara Transparansi Objek di Adobe Illustrator

Selamat datang pengunjung masvian.com, semoga tetap sehat selalu ya. Kali ini saya akan membahas mengenai cara transparansi suatu objek dengan aplikasi Adobe Illustrator. Pastinya kalian tahu apa yang saya maksud. Jika tidak tahu saya paparkan sedikit ya apa itu transparansi.

Transparansi adalah suatu teknik pewarnaan yang membuat suatu objek yang digambar seperti kaca, dengan kata lain, warna dan bentuk objek yang dibelakang objek transparan bisa terlihat dengan tingkat intensitas tertentu.

Pengaplikasian transparansi tidak hanya pada seni desain grafis ya, tapi juga seni rupa seperti lukisan, pakaian dan patung, seni arsitektur, desain produk, website dan lain sebagainya.

Transparansi memberikan pengaruh psikologis tertentu pada penggunanya, dalam suatu desain grafis pewarnaan dengan transparansi memberikan efek ringan, futuristik, dan elegan.

Transparansi secara teknis sering disebut opacity. Semakin opacity besar semakin berkurang tingkat transparansinya. 

Banyak sekali teknik pewarnaan transparansi, hampir semua software desain grafis memiliki teknik tersendiri untuk mengaplikasikan teknik transparansi atau opacity ini. Namun yang saya jelaskan sekarang adalah mengenai cara transparansi menggunakan software Adobe Illustrator.


Cara membuat Objek Transparan di Adobe Ilustrator

Adobe Illustrator sebagai salah satu software di pasar desain grafis dgital, memiliki sistem tersendiri dalam urusan Opacity. AI menghitung opacity menggunakan sistem presentase. Objek secara default akan mendapatkan opacity 100% yang artinya objek itu solid tanpa transparansi. 

Nah kita untuk merealisasikan transparansi kita hanya butuh mengurai prosentase opacity, semakin kecil nilainya semakin transparan dan bening objeknya.

Berikut cara mengurangi prosentase Opacity:

Cara 1

1. Seleksi objek yang akan diseting opacitynya dengan Selection Tool (V)
2. Lihat bagian panel menu atas akan terlihat menu untuk mengatur tingkat opacity. Untuk lebih jelasnya lihat gamar dibawah ini.

opacity illustrator
Lokasi menu Opacity di Adobe Illustrator

3. Untuk mengaturnya kalian bisa pilih dari dropdown yang disediakan, atau bisa juga input nilai prosentasenya langsung. 

Cara 2

1. Seperti sebelumnya, seleksi dulu objek yang akan diseting opacitynya dengan Selection Tool (V)
2. Silahkan masuk ke Window > Transparency (Shift + Ctrl + F10) 
3. Akan muncul window di sebelah kanan seperti gambar dibawah ini.

Transparency
Menu Transparency di Adobe Illustrator

4. Disini akan tersedia lebih banyak menu tambahan yang bisa kalian aplikasikan pada opcity kalian. Seperti Blending Mode, Masking, dll.

Cara 3

1. Seleksi dulu objek yang akan diseting opacitynya dengan Selection Tool (V)
2. Berikan fill gradasi pada objek tersebut, bisa dengan memilih kotak gradien atau dengan tombol keyboard (>)
3. Silahkan menuju ke menu Gradient, jika tidak ada bisa dimunculkan dengan cara Windows > Gradient atau dengan shortcut Ctrl + F9. Jika berhasil, beginilah penampakan window gradient.

Gradient di AI

4. Untuk mengaplikasikan opacity pada gradient kalian klik dulu salah satu point warna pada slider setelah itu baru bisa diubah nilai Opacitynya.

Begitulah 3 cara memberikan Transparansi pada objek di Software Adobe Illustrator. Jika kalian masih bingung bisa komen dibawah.


0 Response to "Cara Transparansi Objek di Adobe Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel