Iklan

Cara Crop dan Masking Gambar di Illustrator

Crop gambar sebernanya mudah dilakukan dan dapat dilakukan di software editor grafis berbasis raster seperti, photoshop, paint, picasa dll. Tapi bagi kamu yang hanya punya software editor vektor, tidak usah berkecil hati. Ternyata software ini bisa juga untuk crop foto loh, Selain itu bisa juga untuk crop gambar vektor yang adalah basis dari software ini. Walaupun tidak saya rekomendasikan melakukan pengeditan di software berbasis vektor seperti Illustrator. Karena menurut saya sangat kurang fiturnya untuk pengeditan raster image lebih lanjut.

Illustrator bekerja bukan berdasarkan pixel, tapi dari kurva dan titik yang disebut vektor jadi sudah tidak terrpengaruh oleh resolusi. Itulah mengapa perusahaan cetak lebih memilih file format vektor karena bisa discale sebesar apapun tanpa mengurangi kualitas garmbar tersebut.

Balik lagi ketema, yaitu bagaiman cara cropnya gambar atau karya kita yang dibuat di illustrator. Jika kamu mudeng cara kerja illustrator sebenarnya cara ini sangat mudah. Tidak seperti corel draw yang harus cliping mask, atau export selection. Adobe Illustrator memilik cara lain untuk croping, cara itu ada 2 teknik sebagai berikut.


Teknik1: Masking Gambar Bitmap

  1. Buka Illustrator, buat lembar kerja baru/artwork baru di menu File > New...
  2. Import Gambar yang akan di crop dengan cara drag and drop atau dari menu File > Place...
  3. Klik gambar dengan Selection tool lalu klik tombol mask di toolbar atas (dibawah menubar).
    menubar
  4. Dengan Direct Selection Tool, geser titik setiap pojok gambar, maka otomatis gambar akan tertutup atau tercrop sesuai titik yang kamu geser.
  5. Gambar yang dicrop akan membentuk kotak, kamu bisa juga mengedit garis dan titiknya dengan pen tool untuk mengubah bentuk selain kotak.

Teknik2: Cropping Artboard

  1.  Buka Illustrator, buat lembar kerja baru
  2.  Impor gambar seperti teknik 1
  3.  Klik artboard tool di tool box sebelah kiri. Kalau kurang jelas lihat gambar dibawah ini.
  4. Sekarang kamu tinggal tari setiap titik sisi artboard dan sesuaikan dengan ukuran crop foto yang kamu inginkan. Kurang lebih hasilnya seperti ini.
  5. Setelah itu export gambar dengan menu File > Save For Web.... gambar akan otomatis tercrop dengan ukuran artboard.
Oke, demikian tutorial tentang cara crop gambar di illustrator, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Crop dan Masking Gambar di Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel