Adsense

Cara Opacity Gradasi pada Gambar / Masking di Adobe Illustrator

 

masking gambar

Pernah lihat gabungan gambar-gambar yang berbeda tapi seolah olah menyatu? 

Pastinya kalian pernah menemuinya entah itu di desain banner, brosur, undangan dll. Elemen ini umumnya digunakan sebagai latar belakang suatu desain. Terutama background yang mengharuskan memasukkan gambar yang lebih dari satu. 

Tentunya teknik penggabungan ini menjadi salah satu metode yang banyak digunakan para desainer grafis. Mengingat kemudahannya dan hasil yang cukup bagus dan halus.

Beberapa software yang mungkin pernah kalian gunakan adalah Corel yang cukup terkenal di Indonesia, atau photoshop. Teknik ini sangat mudah diaplikasikan dengan software tersebut tinggal tarik tool transparency dan jadi.

Namun pernahkah kalian berpikir bahwa software Adobe Ilustrator juga bisa melakukan hal yang sama. Seperti kalian lihat pada gambar diatas yang murni hasil dari illustrator.

Sebenarnya kalian juga bisa melakukannya di Adobe Illustrator, mungkin kalian hanya belum tahu atau belum pernah mencoba dan sudah nyaman dengan software yang biasa kalian gunakan. 

Atau kalian sudah bisa namun sekedar membuat gambar transparan flat dengan menurunkan opacity gambar. Bukannya opacity dengan gradasi sehingga tidak terlihat menyatu dengan gambar lainnya.

Tidak terlalu sulit sebenarnnya, tapi metodenya agak sedikit berbeda, jika kamu ingin mencobanya yuk kita langsung simak caranya dibawah ini.

Cara Transpansi gambar

1. Buka Softwarenya dan buat new document.
2. Import gambar yang akan kamu beri efek bisa lewat menu open / place / drag and drop gambar ke artboard langsung.
3. Aktifkan menu transparency, caranya klik menu Window >  Trasnparency (Shift + Ctrl + F10).
4. Sekarang tampillah window transparency seperti yang terlihat dibawah ini.

transparency

5. Nah pada window transparency terdapat berbagai fitur terutama untuk transparansi yang bisa kalian lihat pada postingan sebelumnya Cara Transparansi Objek di Adobe IllustratorNamun kali ini kita akan membahas transparency yg lebih advanced yakni penggunaan masking.

6. Klik gambar yang akan dimasking menggunakan Selection Tool (V), lalu ke window transparency tadi dan klik tombol Make Mask.

7. Maka gambar akan menghilang karena di blok oleh masking hitam pada kotak yang saya lingkari ini.
masking

8. Sekarang tinggal kalian klik kotak hitamnya untuk memasuki mode masking, setelah itu buatlah objek persegi seukuran gambar itu atau lebih. Dan beri persegi itu gradasi hitam ke putih. Semakin gelap warna transparansi semakin kuat atau gambar semakin hilang, semakin terang maka transparansi semakin lemah atau gambar semakin terlihat. Berikut ini contohnya.

contoh masking

9. Jika sudah kalian bisa kembali ke mode normal dengan mengklik kotak sebelah kiri (yang berisi gambar).

10. Kalian juga bisa bereksperimen dengan mengganti objek lain selain kotak, misanya bulat, bintang, dsb. Intinya dalam mode masking apapun objeknya warna hitam akan membuat gambar menghilang warna putih membuat gambar terlihat.

Oke sekian dulu tutorial kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Sampai jumpa di kesempatan lain.

0 Response to "Cara Opacity Gradasi pada Gambar / Masking di Adobe Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel