Iklan

Cara Mengubah Ukuran Halaman di Adobe Illustrator

Illustrator merupakan salah satu software desain grafis yang sangat bagus dan efektif untuk membuat sebuah desain grafis. Kebanyakan desainer grafis profesional selalu memilih software ini, baik dalam negeri maupun mancanegara. Tapi bagi kita desainer grafis yang berdomisili di Indonesia mungkin jarang menggunakan software ini karena lebih populer Corel Draw dibanding Illustrator. Hampir semua percetakan di indonesia menggunakan software ini. Untuk itulah saya akan bantu anda yang kesulitan menggunakan adobe illustrator terutama pada bagian mengubah ukuran halaman atau dalam software ini disebut Artwork.


Cara Mengubah Ukuran Halaman

Jika dicorel kita bisa langsung mengubahnya karena sudah tersedia opsi di toolbar, tapi kali ini mungkin agak bingung karena tampilannya yang berbeda. Sebenarnya mudah saja dan hampir sama. Halaman ini disebut artboard, kalian bisa membuat halaman banyak dalam satu tampilan tidak terpisah dengan tab-tab seperti di Corel. Hal ini memudahkan dan desainer untuk mengerjakan desain yang lebih dari satu.

Untuk mengubahnya kamu cukup menggunakan Artboard Tool,ketika diaktifkan maka akan ada garis seperti crop, kamu bisa langsung tarik-tarik sesuai keinginan. disana akan ada jenis-jenis halaman cetak seperti Letter, Legal, Tabloid, A4, A3, B4, B5, selain ukuran cetak ada juga untuk ukuran media digital, seperti video dan beberapa layar gadget.

Lalu bagaimana cara mengakses Artboard Tool?

Ada 3 jalan untuk mengakses menu artboard tool:

  1. Via Toolbar di sebelah kiri: Double Klik Artboard Tool (baris kedua paling bawah diatas Hand Tool)
  2. Via Document Setup Menu: Klik File > Document Setup... > Lalu tekan tombol Edit Artboards (dipojok kanan atas)
  3. Via Shortcut: tekan di keyboard Shift+O lalu tekan Enter.
Jika berhasil maka akan muncul pop up seperti dibawah ini.

artboard

Mudah kan, kalian tinggal ganti Presetnya atau juga bisa langsung ukuran width (lebar) dan height (tingginya), selain itu kalian juga bisa merubah orientasinya dan banyak menu lainnya yang bisa kalian coba sendiri.
Oke sekian dulu tutorial super singkat ini semuga bermanfaat ya...!

0 Response to "Cara Mengubah Ukuran Halaman di Adobe Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel