Iklan

Cara Membuat ID Card di Adobe Illustrator

ID card merupakan salah satu media desain yang banyak digunakan banyak orang terutama organisasi atau bisnis. Karena dengan memiliki ID card kita bisa mengetahui dan mengenal semua anggota grup atau komunitas tersebut. Tanpa ID Card kita akan bingung dan sulit mengenali anggota komunitas kita sehingga sangat penting sekali kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. 

ID card itu biasanya digantung di leher ataupun hanya ditaroh di kantong atau dompet. Ukurannya cukup kecil hanya seukuran KTP/SIM dan portable namun terbuat dari plastik yang kuat dan kokoh, sehingga tidak mudah robek atau rusak bila terkena air. 

Dari desainnya pun ada macam-macam, tergantung selera atau menyesuaikan karakteristik dari suatu komunitas itu. Jika komunitas itu perusahaan, tentunya id card bergaya profesional, sebaliknya jika komunitas biasa maka desainnya juga suka-suka dan lebih casual. 

Untuk melakukan kegiatan mendesain kita tentunya harus menguasai software desain itu, kecuali jika kalian menyewa jasa desain kalian hanya perlu menguasai dompet kalian, hehe. Tapi pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan pembuatan desain ID card yang benar menggunakan salah satu software desain terkemuka di planet bumi, apalagi kalau bukan Adobe Illustrator alias AI.

Kalau kalian masih berlatih dan penasaran atau ingin membuat sendiri desain ID Card dengan AI, kalian bisa mengikuti step-step dibawah ini dan alangkah baiknya jika improve desainnya sendiri. Disini akan saya bagikan dasarnya saja, seperti ukuran, safe area, dan teknik-teknik lainnya yang berguna dalam menunjang pekerjaan desain ID Card di Adobe Illustrator.


Langkah-Langkah Membuat ID Card di Illustrator

Berikut ini langkah-langkah membuat ID Card di Illustrator, simak dengan seksama dan improvisasi bila perlu.

1. Buka Software Adobe Illustrator, lalu klik File>New (CTRL+N). Lalu ubah units ke Milimeters. Ganti width ke 90 dan height ke 55. Lalu klik OK. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Adobe Illustrator

2. Selanjutnya kita akan membuat kotak safe area atau area potong. Dengan Rectangle Tool (M) buatlah kotak dengan ukuran 85.60 mm x 53.98 mm. Lalu align center Lihat Gambar dbawah ini.

tutor

3. Kotak safe area berfungsi untuk garis bantu, supaya kita tahu ukuran pemotongan id card dan supaya desain kita tidak ikut terpotong. Kotak ini bisa kamu hapus nanti setelah pembuatan desain selesai. 

4. Selanjutnya kita akan membuat id card ini menjadi potrait, yaitu dengan Artboard Tool 
(Shift+O)
lalu pilih kotak sebelah kiri pada daerah yang ditandai merah dibawah ini.



5. Begitu juga kotak yang baru kalian buat tadi silahkan diputar 90 derajat menggunakan Selection Tool (v).

6. Sekarang kita tinggal membuat desainnya, misalnya kita buat dulu wadah fotonya. Buatlah lingkaran lalu cliping mask fotonya. Caranya cukup mudah import gambar buat lingkaran diatas gambar lalu seleksi keduanya dan pilih menu Object > Clipping Mask > Make

adobe illustrator

7. Beginilah hasil karya saya yang sederhana, pastikan backgroundnya melebihi safe area biar tidak terlihat putih pinggirnya kalau ada miss cutting.

pt riang

8. Jika sudah tinggal hapus guidenya dan bawa file ai tersebut ke percetakan untuk dicetak.

0 Response to "Cara Membuat ID Card di Adobe Illustrator"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel