Iklan

Macam Macam Blending Mode AI dan Penjelasannya

Bagi kita kalangan desainer grafis pastinya sudah tidak asing dengan isitilah blending mode. Namun bagi kalangan newbe yang baru terjun di dunia desain grafis pasti bingung apa itu blending mode.

Saya jelaskan sedikit ya, Blending Mode adalah suatu sistem pencampuran warna 2 layer atau lebih dengan hasil sesuai alogaritma pada setiap Blending Mode. Layer yang diaplikasikan Blending Mode akan mempengaruhi tampilan warna layer dibawahnya yang ditutupi layer atasnya.

Sistem pencampuran warna ini biasanya terdapat di hampir semua software desain grafis seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop atau Corel Draw. Setiap software tersebut mungkin memiliki sedikit perbedaan dalam nama blending ataupun hasilnya tapi sebagian besar sama.

Berikut ini beberapa blending mode dan penjelasan singkat dan hasilnya:


1. Darken

Sesuai namanya, memberikan efek gelap pada layer yang tumpang tindih. Efek ini tidak berpengaruh jika layer atasnya memiliki warna yang intensitasnya RGB lebih terang dari yang bawahnya.

Contoh disamping warna layer bawahnya dalah hijau jika diatasnya kuning, biru muda atau putih maka tidak akan terjadi efek penggelapan tapi justru efek transparan. 


2. Multiply

Salah satu blending yang sering digunakan seperti darken, tapi ini bukan berbasis RGB tapi meninggalkan gelap dan warna yang terang akan terlihat transparan atau bahkan menghilang sesuai tingkat keterangannya.

Multiply ini biasanya cocok digunakan untuk memfilter gambar gelap diatara gambar yang terang.


3. Color Burn

color burn

Color Burn dalam bahasa inggris berarti membakar warna, dan itulah fungsinya. Layer bagian atasnya (yang diaplikasikan color burn) akan menjadi gelap jika ditaruh diatas layer yang berwarna gelap.

Contohnya seperti gambar disamping, dimana warna hijau yang lebih terang terbakar oleh layer dibawahnya hinnga hijaunya menjadi gosong.

4. Lighten

lighten
Lighten merupakan kebalikan dari darken, dimana objek yang tumpang tindih akan menjadi terang terhadap objek diatasnya. Layer atas akan mencari range RGB paling terang sesuai dengan kebalikan intensitas warna layer dibawahnya.

Seperti contoh disamping, hijau bersinggungan dengan merah tua, alhasil area yang bersinggungan ini berubah menjadi hijau kekuningan warna terang dalam RGB yang mendekati hijau.

5. Screen

lighten

Seperti Lighten, Screen akan menyaring warna yang paling terang diataran objek yang berumpuk. Warna terang akan tetap bertahan sedangkan warna gelap akan transparan atau bahkan menghilang.

Screen cocok diaplikasikan untuk menfilter objek yang terang diatara objek yang gelap.

6. Color Dodge

color dodge
Overal basicnya ini coloring methodnya sama kaya Lighten, namun alih alih mencari warna terdekat yang terang di layer atasnya, justru Color Dodge mencari range RGB dari layer dibawahnya dengan intensitas keterangan dari layer atasnya.

Seperti contoh disamping, warna hijau cenderung akan merah, karena berpatokan dengan warna layer dibawahnya.

7. Overlay

overlay
Overlay menggunakan teknik 50 blending Screen dan 50% Multiply. Sehingga objek yang ditumpuk akan menghasilkan warna yang lebih tajam dan kontras.

Seperti contoh disamping ini yang telihat kontras walau warna yang sama ditumpuk.

8. Soft Light

soft light
Softlight bekerja layaknya overlay namun dengan kontras warna yang lebih halus.

9. Hard Light

overlay
Kurang lebih sama seperti overlay, tapi hard light warnanya lebih kuat, sama kuatnya dengan warna aslinya. Jika di tumpuk lebih banyak layer maka warna putih akan semakin muncul. Itulah sebabnya kenapa dinamai Hard Light.

10. Difference

diference
Difference menggunakan teknik invert atau lawan dari suatu warna. Layer diatasnya sebagai penentu intensitas lawaran warna di layer bawahnya.

Seperti gambar disamping, warna hitam memberi nilai maksimum invert color pada warna dibawahnya sehingga akan menghasilkan warna biru muda (lawan warna dari merah tua).

11. Exclusion

diference
Seperti Difference yang menggunakan teknik invert atau lawan atau dari suatu warna. Bedanya hanyalah pada efek abu-abu yang tidak terivert dan tetap abu-abu.












0 Response to "Macam Macam Blending Mode AI dan Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel