Iklan

Cara Mudah Membuat Mockup di Adobe Photoshop

Halo sobat setia masvian.com, kali ini saya akan beberkan teknik membuat mockup di Adobe Photoshop. Sebenarnya jika kamu mau mencari sudah banyak mockup tercecer secara gratis di belantara internet ini. Tapi mungkin kamu pernah membayangkan, bisa gak ya kalau kita buat mockup sendiri? Jawabannya tentu bisa, asalkan kamu punya software photoshop, kamu bisa merancang mockupmu sendiri sesuka hati. Jujur saya sudah beberapa kali membuat mockup di photoshop dan ternyata cukup mudah dan hasilnya pun tidak terlalu buruk bagi saya, tapi entah bagi desainer profesional lainnya, mngkin jelek kali ya hehehe.

Bagi kalian yang belum tahu apa sih itu mockup, aku paparkan sedikit ya...

Intinya mockup itu berfungsi untuk mengubah gambar mentah menjadi gambar realistis seperti di dunia nyata. Pengapikasian mockup ini biasanya digunakan oleh para desainer grafis untuk mempresentasikan hasil desainernya kepada klien, supaya klien klepek-klepek dengan hasil desain kita, hal ini juga termasuk strategi mengurangi resiko revisi dan memberikan kepuasan dan menyakinkan mereka bahwa desainnya layak di aplikasikan di dunia nyata.

Tak hanya itu saja jika kalian suka ikut kontes desain, pasti pernah menemukan entri berbau mockup, terlihat sangat bagus dan profesional. Kontes yang saya maksud adalah kontes online seperti di 99designs atau designcrowd, jika kalian ingin ikut juga, silahkan lihat postingan saya sebelumnya Trik Memenangkan Kontes di 99designs atau Trik memenangkan kontes di designcrowdKontes apapun entah logo, tshirt, stationary, pasti ada mockup. 

Hampir semua desain bisa dimockup. Juga gambar mockup juga bebas kita bisa membuat seolah-olah logo itu terukir di tembok, jadi embos di kertas, nempel di kaos dll, tentunya secara nyata dan realistis.

Seperti itulah seluk beluk mockup di mata para desainer grafis. Selanjutnya kita akan mencoba membuat mockup simpel uintuk latihan saja yang penting kalian tahu dasarnya dan bisa mengembangkannya sendri.

Kita akan membuat mockup logo yang terukir di kertas atau istilah kerennya embosed paper. Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Tahap Pembuatannya

1. Buka Software Adobe Photoshop
2. Open gambar kertas kosong ini di photoshop. atau bisa cari gambar lain, tapi usahakan cari yang 3d perspektif.
biz card
2. Setelah itu kalian buat saja layer baru, dan isi layer itu dengan bentuk kotak. Ini nantinya sebagai wadah desain logonya. Kotak ini bisa kalian buat dari rectangle tool lalu di rasterize atau dari rectangular marquee tool lalu di fill warna hitam supaya jelas.

layer kotak


3. Convert objek kotak hitam diatas menjadi smart objek (klik kanan layer > Convert to Smart Object). Setelah itu silahkan di transform kotaknya tadi menggunakan Free Transform (CTRL+T) hingga terbentuk seperti gambar dibawah ini.

convert to smart object

4. Kalau sudah silahkan klik2 kali pada layer rectangle, kalian akan dibawa ke tab baru untuk mengedit isi dari layer itu.

edit smart object

5. Kalian bisa menghapus background hitam dan masukkan gambar logo kalian, pastikan transparan ya logonya. Bisa dari file png atau dari file vektor. Jika sudah silahkan di save (Ctrl+S). Kurang lebih seperti dibawah ini.

mockup


6. Jika sudah di save akan otomatis tab sebelumnya terupdate. Akan terlihat logo kalian seolah-olah sudah tercetak di atas kertas tersebut.

paper mockup

7. Sekarang kita tinggal memberikan efek embos di layer smart object tadi. Caranya klik 2 kali pada layer centang efek embos, berikut ini setingan saya untuk Bevel & Emboss.

bevel and embos


Selain itu saya juga tambahkan Gradient Overlay efek supaya terlihat agak sedikit reflektif.

gradient overlay


Dan beginilah hasil dari mockup yang saya buat.

mockup paper


Mudah kan, yang penting kalian tahu dasarnya. Jika kalian lebih teliti masih banyak kekurangan dari mockup ini. Kalian bisa kembangkan dan utak utik lagi biar lebih realistis.

Oke, demikian tutorial ini saya buat. Semoga bermanfaat, happy designs...

0 Response to "Cara Mudah Membuat Mockup di Adobe Photoshop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel