Iklan

Cara Setting Project Adobe Premiere untuk Youtube

Bagi kamu youtuber pastinya harus menguasai teknik pengeditan video, supaya menghasilkan video yang layak dan menarik bagi penonton. Di Indonesia sendiri, banyak youtuber yang bertebaran, bahkan diantaranya menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tak sedikit. Jaman sekarang, youtube bisa menjadi bisnis yang tak bisa diremehkan. Apalagi smakin banyak user yang beralih dari google ke youtube. Bisa menjadi investasi yang menjanjikan dimasa depan.

Nah seorang youtuber, pastinya harus tahu teknik pengeditan video yang benar, biar videonya menarik. Semakin menarik videonya, semakin banyak yang subscribe.

Berkaitan dengan pengeditan, umumnya youtuber menggunakan, software desain grafis standart seperti Adobe Premiere. Walau tak sedikit yang menggunakan software lainnya atau bahkan tanpa diedit. Hanya orang-orang profesional yang melakukan pengeditan dengan Adobe Premiere ini. Ada banyak fungsi di software ini, sehingga mampu menghasilkan video yang sangat berbeda dari video lainnya. Tergantung kelihaian sang editor juga dalam memainkan Adobe Premiere.

Tapi bagi pemula, ini adalah masalah besar, tatkala mereka ingin menseting videonya. Bagaimana setingan yang benar untuk video youtube. Jika itu masalahmu, kamu sedang membaca artikel yang tepat. Saya akan mengulas cara menseting video di Adobe Premiere supaya pas untuk Youtube terutama dalam hal resolusi.

Sebelumnya kita harus tahu, standar video youtube adalah resolusi dengan perbandingan 16:9.
Resolusi ini termasuk resolusi standar pada monitor-monitor modern, dan juga video digital lainnya.

Apa sajakah resolusi video dengan aspek rasio 16:9 ?
  • 1080p = 1920 x 1080
  • 720p = 1280 x 720
  • 480p = 854 x 480
  • 360p = 640 x 360
  • 240p = 427 x 240
dan seterusnya.... setiap nomor resolusi sebelum huruf (p) adalah jumlah piksel vertikal. Cara kalkulasinya simpel aja, misal resolusi 1080p = (16:9xp) x 1080. (p adalah angka awal resolusi) jadi 1080p = (1,777777777777778x1080) x 1080, jadi resolusi 1080p adalah 1920 x 1080 piksel.

Cara Setting

Jika kamu sudah tahu resolusi untuk youtube, sekarang kamu tinggal menelisik cara seting project untuk setiap resolusi diatas.

1. Pertama kamu buka Premiere, lalu pencet CTRL+N, atau File > New

premier

Masukkan nama project dan pilih lokasi penyimpanan projectmu, jika sudah klik ok.

2. Sekarang kita masuk ke intinya, yakni penyetingan Sequence, berisi setingan resolusi dan teknik pengkodean video. Pada tab Sequence Presets, silahkan pilih Widescreen 32kHz, lihat screenshot dibawah ini.

squence


3. Masih di jendela New Sequence, pindah ke tab Setting. Hal yang perlu kamu ubah adalah Editing Mode ke Custom, kalau Frame Size dalam kasus ini saya membuat video 720p. Pixel Aspect Ratio pilih Square Pixels (1.0) lalu pada Video Previews, Preview File Format pilih yang sesuai resolusi videomu, kalau saya pilih P2 720p 60Hz DVCPROHD, jangan lupa setting resolusi dengan ukuran yang sama. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

squence


Jika sudah tinggal klik ok, dan taraa.... Sekarang kamu siap berkreasi dengan video editanmu dengan resolusi yang tepat. Selamat beryoutube ria...

0 Response to "Cara Setting Project Adobe Premiere untuk Youtube"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel