Iklan

Cara Konvert Banyak File di Illustrator Secara Otomatis Menggunakan Action

Illustrator adalah software pengedit vektor yang sangat populer bagi para desainer internasional. Software ini adalah standart software design yang harus dimiliki para desainer baik itu lokal maupun asing. Tapi pernahkah kalian berfikir untuk mengkonvert file yang sangat banyak misalnya ribuan file pdf dikonvert ke jpg atau png. Atau konvert Ai Ke EPS, SVG ke AI, CDR ke AI atau sebaliknya dan berbagai format lainnya yang support illustrator. Jika kalian masih awam dengan software Adobe Illustrator pasti kalian convert satu-satu dan itu sangat merugikan, baik tenaga, fisik, mental dan waktu. Kegiatan berulang sebaiknya tidak dikerjakan secara manual tapi otomatis.

Untuk itulah saya disini akan mempersembahkan trik untuk mengkonvert file secara masif dan berjumlah banyak, Cara ini benar benar berguna bagi kalian yang ingin menghemat waktu untuk mengerjakan tugas yang lainnya. JIka kalian ingin mengetahui caranya langsung saja saya beberkan caranya dibawah ini.


Caranya

1. Kalian siapkan dulu file-file yang akan dikonvert di satu folder. Folder ini nantinya digunakan sebagai souce file di Illustrator.

contoh file yang akan dikonvert
File yang akan dikonvert

2. Buka Aplikasi Adobe Illustrator. Aktifkan Jendela Action dengan cara klik menu Window > Action (Jika aktif maka akan ada tanda centang di sampingnya). Penampakan jeddela action seperti gambar dibawah ini.

Jendela Action

3. Langsung saja pada Jendela Action kalian klik Create New Action (ikon di sebelah kiri tong sampah). Akan muncul jendela baru, kalian isi aja nama action sesuai selera lalu klik Record.
record

4. Nah sekarang tindakan kalian sedang direkam, segala aktivitas diilustrator akan direkam untuk nantinya bisa diulangi. Kita buat dulu rekaman untuk convert yaitu dengan cara:

  • buka salah satu file dari folder yang disiapkan tadi
  • lalu export ke format yang diinginkan 
  • lalu close window tab (bukan close window illustrator ya...)
Jika berhasil maka hasil dari recornya akan seperti gambar dibawah ini.

convert

5. Sekarang kita memasuki tahap penyetingan action convert supaya bisa convert file dari semua folder tadi. Silahkan masuk ke menu Batch... Caranya klik ikon di pojok kanan atas Window Action > Batch...



6. Setelah window Batch Muncul, langsung saja kamu pilih Action yang baru kamu buat tadi dan pada Source pilih Folder, lalu Choose... > Pilih folder yang berisi file yang akan dikonvert. Centang Override Action "Open" Commands. Jika kamu ingin menyimpan di folder lain Pada Destination pilih Folder dan centang Override Action "Export" Commands. Tapi untuk tutorial ini saya seting none supaya langsung save di folder yang sama.


7. Jika sudah klik Ok dan lihat apa yang terjadi, Adobe Illustrator langsung open convert dan close secara berulang ulang pada semua file di folder tersebut. Tapi harus kamu awasi juga terutama jika ada erros saat membuka file Action akan jeda menunggu konfirmasi perintah.

Gampang kan, cara ini sangat berguna bagi kalian yang mempunyai tugas secara berulang-ulang. Bisa kalian improvisasi sendiri dengan perintah Action lainnya. Selamat Mencoba...


Baca juga Cara Mengatasi JPG tidak bisa dibuka di Photoshop

0 Response to "Cara Konvert Banyak File di Illustrator Secara Otomatis Menggunakan Action"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel