Mengatasi JPG Tidak Bisa Dibuka di Photoshop 100% Work

Halow selamat datang para editor dan desainer sekalian, kalian pastinya pernah mengalami permasalahan ini. Sebenarnya hanya masalah yang sepele, tapi jika tidak tahu cara mengatasinya juga menyebalkan. Umumnya terjadi saat kita mencoba membuka file jpg atau jpeg dari HP Android ke Komputer PC dengan Photoshop. Entah apa yang merasuki file jpg itu sehingga tidak mau dibuka lewat aplikasi Photoshop atau Illustrator. Biasanya muncul message "Could not complete your request because a SOFn, DQT or DHT JPEG marker is missing before a JPEG SOS marker.". Mungkin ada suatu kode dalam hasil export aplikasi android yang tidak memenuhi syarat untuk bisa dibuka di aplikasi sekelas Photoshop. Kurang lebih gambarnya seperti ini:


Hanya ada satu cara untuk mengatasi fenomena ini, yaitu dengan membukanya di aplikasi murahan dari windows yakni MS Paint. Cara membukanya juga mudah, kamu tidak usah buka aplikasinya dulu, jika kamu pake windows 7 keatas, tinggal klik kanan pada file yang error tadi lalu klik edit. File gambar nanti pasti langsung terbuka di MS Paint. Setelah gambarnya terbuka, kamu tinggal klik ikon save di Tool Bar atau klik CTRL+S. Aplikasi ini akan merewrite file tadi dengan format yang valid supaya bisa dibuka di semua aplikasi.

============================

Itu adalah salah satu cara untuk error seperti gambar diatas, namun ada sejenis error lain dengan message yang berbeda yakni. "Could not complete your request because of a problem parsing the jpg data" untuk yang satu ini penangannannya berbeda, karena penyebabnya juga berbeda, umumnya dari file jpg dari dslr atau kamera sejenis lainnya.


Cara mengatasinya juga cukup mudah, hanya utak atik sedikit di photoshop.

Cara ke satu:
1. Silahkan masuk ke menu Edit > Preference > File Handling.
2. Klik Tombol Camera Raw Preference lalu akan muncul window baru.
3. Pada JPG & Tiff Handling grup menu, ganti di jpg drop down menu menjadi Automatically Open All Supported JPGs

Selesai deh, tapi kelemahannya kadang saat akan melakukan step No. 2. Muncul pesan "could not complete your request because the adobe camera raw pluing cannot be found" jika ini terjadi sebaiknya masuk ke langkah dibawah ini:

1. Buka file jpg di aplikasi MS Paint.
2. Save As < PNG
3. Buka di Photoshop dengan perlahan.

Selesai, semoga berhasil.!!!

Baca juga Cara Zoom In dan Zoom Out di Adobe Photoshop / Illustrator

0 Response to "Mengatasi JPG Tidak Bisa Dibuka di Photoshop 100% Work"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel