Iklan

Cara Menampilkan FPS di Komputer dengan AMD Radeon Software

JIka kamu seorang gamer, pasti sangat perhatian dengan fps kalian. Karena fps sangat mempengaruhi kenyamanan game. Fps rendah tentunya sangat mengganggu kenyamanan mata, semakin rendah fps semakin macet macet alias nge lag semakin tinggi fpsnya video game yang ditampilkan semakin lancar bahkan menyerupai kenyataan. Tak hanya itu, dalam game First Person Shooter seperti counter strike, battlefield, PUBG, jumlah FPS (Frame Rate Per Second) sangat mempengaruhi kemenangan seseorang. Bagaimana tidak jika fps rendah, kalian akan mudah ditembak musuh, sedangkan jika FPS tinggi kalian akan mudah menang dengan memanfaatkan sepersekian detik kemunculan musuh berkat fps yang tinggi.

Saya sarankan untuk selalu memantau FPS dikala bermain, supaya kalian tidak gelisah bahkan bisa memamerkan fps kalian kepada teman-teman sesama gamer bila fpsmu tinggi.

Sebenarnya fps yang normal itu berapa sih?

Nah kalau yang ini sebenarnya yang pertama kalian perhatikan adalah monitor kalian, karena monitorlah yang menampilkan output gambar. Semua kualitas video tergantung monitor sebagai garda terdepan. Lihat dulu monitor kalian monitor frekuensi berapa? apakah 60hz? 120? 144hz? 240hz?. Hz berarti per detik, jadi 60 hz sama dengan 60 fps. Kebanyakan monitor hanya mampu menampilkan maksimal 60 fps, jadi percuma jika kamu menampilkan fps tinggi misalnya 100 fps tapi akhirnya akan bottleneck di 60 fps di monitor. Jadi kalo monitor 60 hz kamu main game dapet 60an fps itu normal. Kecuali jika kamu gamer kaya yang bisa beli monitor 240 hz. maka kamu juga harus upgrade vga supaya mampu mencapai 240 fps.

Cara Menampilkan FPS saat main game

Kalau kamu pakai VGA mesin AMD Radeon, tidak usah download software tambahan. Karena di driver vganya dari situs resminya sudah ada softwarenya. Sebenarnya dengan software ini tidak hanya menampilkan FPS saja tapi juga GPU Usage. CPU Usage, RAM Usage. Temperatur, Kecepatan Kipas, dll seperti yang terlihat diambar ini.

FPS akan muncul di baris paling atas pada software ini.

Lalu bagaimana cara menampilkannya saat bermain game?

Ikuti step dibawah in:

1. Pertama buka Adrenaline Software bisa melalui klik kanan desktop pilih AMD Radeon Software. Jika belum punya instal dulu, download di website resminya disini.

2. Pada menu utama silahkan menuju Menu Peformance, temukan Metric Overlay  yang letaknya dipojok kanan atas. Tinggal aktifkan hingga toggle button berwarna merah.

Lihat gambar dibawah ini untuk jelasnya.

gambar software adrenaline

3. Supaya FPSnya tampil, silahkan tambahkan game di software ini di menu Gaming.  Klik titik 3 di pojok kanan atas. Klik Add Game... > arahkan ke folder instalasi gamemu dan pilih file launcernya (format exe).

Lihat gambar dibawah ini untuk jelasnya.

gaming

4. Nah sekarang kamu saat play game bisa lewat software ini, dan klik Launch Game jika ingin memainkannya.

Gitu aja caranya menampilkan fps dan metrik lainnya di Software AMD Radeon, Cocok bagi kalian yang punya VGA Radeon.

0 Response to "Cara Menampilkan FPS di Komputer dengan AMD Radeon Software "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel